7 Pantai Angker di Pulau Jawa yang Masih Menyisakan Cerita Misteri

Daftar pantai angker di Pulau Jawa yang masih menyisakan misteri mengerikan (travel.kompas.com).

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang terdiri atas gugusan pulau-pulau tropis dengan keindahan alam yang sangat memikat. Hampir setiap wilayah pesisir memiliki pantai dengan panorama alam yang tak bisa diungkapkan kata-kata, terutama di wilayah Pulau Jawa. Meskipun dikenal sangat menakjubkan, namun terdapat beberapa pantai di Pulau Jawa yang hingga kini dianggap sebagai pantai angker yang berselimut misteri mengerikan.

Berikut ini disajikan beberapa pantai angker di Pulau Jawa yang masih menyisakan berbagai kisah misteri yang belum terpecahkan.

1. Pantai Papuma – Jember

(wongjember.com)

Pantai Papuma berlokasi di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Nama Papuma pada Pantai Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Konon di Pantai Papuma terdapat sebuah goa bernama Goa Lawa yang konon menjadi tempat bersemayamnya Dewi Sri Wulan, salah satu penguasa wilayah Pantai Selatan Jawa.

2. Pantai Slamaran – Pekalongan

(anekawisataser.net)

Pantai Slamaran berlokasi di kawasan pesisir Pekalongan, tepatnya di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Dibalik keindahan yang tampak dari Pantai Slamaran, tersimpan kisah mistis dari seorang makhluk ghaib yang disebut-sebut sebagai sang penguasa pantai utara. Warga setempat menyebutnya sebagai Dewi Lanjar, sosok cantik jelita yang diangkat menjadi ratu di pantai utara oleh Gusti Kanjeng Ratu Kencana Sari atau lebih dikenal Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

3. Pantai Watu Ulo – Jember

(airsurliving.com)

Pantai Watu Ulo terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Daya tarik Pantai Watu Ulo adalah adanya batu karang yang berbentuk menyerupai ular yang terurai dari bibir pantai hingga tepi laut. Masyarakat setempat percaya bahwa rangkaian batu karang di Pantai Ulo merupakan jelmaan ular raksasa yang mati terbelah.

4. Pantai Parangtritis – Yogyakarta

(indonesiainside.id)

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi D.I.Yogyakarta. Masyarakat Pulau Jawa sangat meyakini bahwa di Pantai Selatan Jawa berdiri sebuah kerajaan ghaib yang dipimpin oleh sosok cantik jelita bernama Nyi Roro Selatan. Kisah mengenai Nyi Roro Kidul telah ada sejak Peradaban Hindu-Buddha Nusantara. Bahkan sosok Nyi Roro Kidul dianggap pernah memiliki hubungan erat dengan beberapa pemimpin nusantara.

5. Pantai Pelabuhan Ratu – Sukabumi

(idntimes.com)

Pantai Pelabuhan Ratu berlokasi di pesisir Samudera Hindia, tepatnya 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Pelabuhan Ratu dianggap sebagai pantai yang cukup berbahaya karena topografinya berupa pantai curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak besar, dan hutan cagar alam. Tak jauh dari bibir Pantai Pelabuhan Ratu berdiri Samudera Beach Hotel yang didalamnya terdapat sebuah kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul, dan menjadi salah satu hotel paling angker.

6. Pantai Glagahwangi – Demak

(lokasipantai.com)

Pantai Glagahwangi berlokasi di pesisir Pantai Utara Jawa, tepatnya di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Konon di Pantai Glagahwangi terdapat kerajaan ghaib yang dihuni oleh siluman ular berkepala manusia. Menurut masyarakat setempat, lokasi kerajaan ghaib tersebut agak menjorok ke tengah laut dengan daerah kekuasaan dari bibir pantai hingga tengah laut.

7. Pantai Sembukan – Wonogiri

(travel.kompas.com)

Pantai Sembukan terletak di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Selain ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata alam, Pantai Sembukan juga menjadi objek wisata spiritual yang dilengkapi dengan masjid, paseban, dan sanggar. Konon Pantai Sembukan merupakan pintu masuk ke-13 Nyi Roro Kidul menuju Kasunanan Surakarta.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang pantai dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar