7 Alun-Alun Kota Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Tujuh alun-alun yang mendapat predikat sebagai yang terindah diantara yang lainnya (Instagram/@akangdaniel1122).

Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas berumput dan dikelilingi oleh jalan-jalan utama kota/kabupaten. Pada awalnya alun-alun difungsikan sebagai tempat berlatih bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah raja kepada rakyatnya, serta pusat perekonomian rakyat. Kini alun-alun telah beralih fungsi menjadi pusat keramaian dan tempat diadakannya agenda-agenda penting pemerintah Kabupaten/Kota.

Sebagai pusat keramaian dan representasi Kabupaten/Kota, pemerintah setempat berlomba-lomba membangun alun-alun yang indah dan nyaman. Dari sekian banyak alun-alun Kabupaten/Kota terdapat beberapa yang mendapat predikat terindah diantara yang lainnya. Berikut telah dirangkum tujuh diantaranya.

1. Alun-Alun Bandung

(Instagram/@akangdaniel1122)

Alun-alun Bandung mendapat predikat sebagai yang terindah karena penataan yang rapi dengan rumput sintetis bermotif dan Masjid Agung Bandung yang megah. Tampak dari atas alun-alun ini seolah tampak seperti oase di Timur Tengah.

2. Alun-Alun Wonosobo

(Instagram/@wonosobohitz)

Alun-alun Wonosobo tampak indah dengan pemandangan latar gunung Sindoro dan Sumbing dibelakangnya. Alun-alun yang bersih, rapi, dan hijau membuat alun-alun Wonosobo harus masuk dalam daftar kunjungan saat berada di Dataran Tinggi Dieng.

3. Alun-Alun Lumajang

(Poskotanews.com)

Alun-alun di Lumajang memiliki sejarah panjang, dulunya tempat ini merupakan tempat bertemuanya para raja atau pejabat kerajaan dengan rakyatnya. Yang menarik dari alun-alun Lumajang adalah terdapatnya puluhan pepohonan yang berjejer rapi melingkar mengelilingi alun-alun dengan satu pohon besar yang rindang ditengahnya.

4. Alun-Alun Tenggarong

(WowKeren)

Jika alun-alun umumnya ada di tengah Kota/Kabupaten, berbeda dengan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak tepat di pinggir sungai. Alun-alun Kabupaten Kutai Kartanegara atau lebih dikenal dengan alun-alun Tenggarong dibangun secara apik dengan desain yang modern ala pesisir pantai dengan berbagai pohon palm-palman hijau disekitarnya.

5. Alun-Alun Bantaeng

(wonosobozone)

Alun-alun Bantaeng di Sulawesi Selatan berbeda lagi karena dibangun tepat di bibir pantai. Setiap sore alun-alun ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk menyaksikan pemandangan senja dan tenggelamnya matahari yang indah.

6. Alun-Alun Pontianak

(Instagram/@kristianaaling)

Alun-alun Pontianak sangat terkenal dengan berbgaai atraksi air mancur yang memukau. Terdapat pula replika tugu khatulistiwa yang menjadi kebanggaan Kota Pontianak.

7. Alun-Alun Jakarta

(Instagram/@gloriaroyo_gh)

Sebagai ibukota negara, Jakarta juga memiliki alun-alun yang sudah sangat terkenal. Terletak di Jalan Medan Merdeka, alun-alun ini dibangun sangat megah dan luas bahkan mendapat predikat sebagai alun-alun terbesar di Asia Tenggara. Dibangun mengelilingi Tugu Monas, alun-alun Jakarta selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar jogging atau berolahraga.

Dapatkan ulasan menarik tentang alun-alun dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar