Menelan Ratusan Korban, Ini 11 Fakta Danau Toba yang Luar Biasa

Keindahan Danau Toba Sumatera Utara (Foto/Kedaipena.com)

Kabar duka tengah menyelimuti dunia pariwisata Indonesia, Kapal Mesin Sinar Bangun yang mengangkut puluhan penumpang tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) petang.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Mahler Tamba mengungkapkan, penyebab tenggelamnya KM Sinar Bangun, yakni akibat kelebihan kapasitas, cuaca buruk dan kesalahan manusia.

Baca juga: Diajukan Jadi UNESCO Global Geoparks, Ini 5 Alasan Mengapa Danau Toba Sangat Layak

11 Fakta Danau Toba yang Luar Biasa

Fakta Danau Toba yang baru, perairan yang berlokasi di Sumatera Utara ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Menurut sejumlah ilmuwan, danau air tawar terbesar di Asia Tenggara ini terbentuk karena erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi pada 74.000 tahun lalu. Menurut para ilmuwan NASA, letusan tersebut membinasakan sekitar 60% makhluk hidup di Bumi.

danau toba

Cantiknya Danau Toba dari ketinggian. Foto oleh Johnson Ringo/Flickr CC 2.0

Selain fakta Danau Toba di atas, ada banyak fakta Danau Toba menarik lain yang belum banyak orang tahu:

#1 Gunung Toba telah meletus sebanyak 3 kali

Letusan 1 terjadi sekitar 800.000 tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera sisi selatan gunung, meliputi daerah Prapat dan Porsea, Sumatera Utara. Letusan ke-2 memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500.000 tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di sisi utara,yaitu di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Letusan ket-3 terjadi 74.000 tahun lalu yang menghasilkan kaldera, mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba yang sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

#2 Gunung Toba masih aktif

Gunung berapi super (super volcano) yang mengelilingi danau dan Pulau Samosir itu masih aktif. Tidak bisa diprediksi kapankah ia akan erupsi.

#3 Lokasi Gunung Toba (kini menjadi Danau Toba) memang rawan bencana

Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik, yakni Eurasia, Indo-Australia dan Lempeng Pasifik.

#4 Penemuan foraminifera di dasar laut yang sebabkan penurunan suhu hingga 5 derajat celcius

Seorang peneliti New York University melakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana iklim Bumi di masa lalu. Ia berhasil menemukan sebuah benda bernama foraminifera di dasar laut, yang menjadi indikasi kalau dulu suhu Bumi sangat ekstrem.

Si peneliti akhirnya menemukan fakta jika penyebabnya adalah erupsi Gunung Toba saat itu. Peneliti ini juga menyebutkan jika gara-gara erupsi tersebut, samudera seluruh dunia mengalami penurunan suhu sampai 5 derajat celcius.

#5 Debu Riolit (rhyolite) ditemukan sejauh 3.000 kilometer

Debu Riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba di Malaysia, bahkan juga ditemukan sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah, selain itu ditemukan pula di Samudera Hindia.

#6  Letusan Danau Toba sebabkan kematian massal

Fakta Danau Toba selanjutnya, meletusnya Gunung Toba menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies bahkan mengalami kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu.

#7 Debu vulkanik Gunung Toba ditemukan di 2100 titik di dunia

Meletusnya Gunung Toba dulu mengakibatkan pengaruh yang sangat besar, ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik di dunia. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu akibat meletusnya Gunung Toba itu sampai terekam hingga di Kutub Utara.

Baca juga: Festival Danau Toba, Padukan Kebudayaan dan Eksotisme Danau Terbesar Se-Asia Tenggara

#8 Danau Toba ramai diperbincangkan warga Indonesia pun dunia di Twitter

Danau Toba menduduki peringkat pertama dunia di sosial media Twitter dibandingkan danau lain di dunia yang juga indah dan menawan. Danau Toba juga menjadi destinasi wisata (DTW) di Sumatera Utara baik wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara.

#9 Pulau Samosir punya dua danau indah di tengahnya

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, memiliki 2 danau indah di tengahnya yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

#10 Ikan batak (Neolissochillus thienemanni) yang ada di Danau Toba punya nilai sejarah dan budaya tinggi

Fakta Danau Toba selanjutnya, destinasi unggulan Indonesia ini menjadi habitat ikan khas daerah batak, yaitu ‘ikan batak'(Neolissochillus thienemanni) yang punya nilai sejarah dan budaya tinggi.

#11 Pada tahun 1990-an, Danau Toba populer bagi turis dunia

Di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, Danau Toba merupakan destinasi yang sangat populer bagi turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika.

Dapatkan ulasan menarik tentang Danau Toba dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar