Sidebar

Ini Pemenang 10 Kategori Anugerah Pesona Indonesia 2016

kategori destinasi wisata populer terbersih menunjukkan jika wisata Indonesia itu nggak cuma soal keindahannya saja, tapi kebersihannya juga.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Anugerah Pesona Indonesia 2016 akhirnya resmi berakhir setelah dibuka sejak bulan Juni lalu. Berakhirnya API 2016 ini ditandai dengan pengumuman pemenang 10 kategori API 2016.

Pemenang 10 kategori ini sudah melalui proses rekapitulasi yang melibatkan 53.097 voters. Dari perolehan suara tersebut, menunjukkan bahwa 8% (sekitar 4 ribu votes) berasal dari luar negeri, seperti Amerika Serikat, India, Kanada, dan berbagai negara lainnya.

Berikut ini adalah daftar lengkap penerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016.

1. Most Popular Hidden Paradise

A photo posted by Tukang Jalan (@tukang_jalan) on

Dalam kategori ini, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku mendapatkan juara pertama. Sedangkan untuk juara ke dua diperoleh Kepulauan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Serta Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur mendapatkan posisi ketiga.

2. Most Popular Cleanliness


Kategori tempat wisata paling bersih adalah Pantai Nihi Watu, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur Disusul dengan juara dua oleh Pantai Ora, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku dan  Pantai Papuma, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur pada urutan ketiga.

3. Most Popular Historical Site

A photo posted by Satria Hendrawan (@yoyojog) on

Pada kategori situs bersejarah paling bersejarah, Rumah pengasingan Soekarno, NTT menempati urutan pertama, untuk pemenang urutan kedua diperoleh Gedung Linggarjati di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Lalu, untuk juara ketiga, diperoleh Benteng Tolukko di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

4. Most Popular Traditional Dishes

A photo posted by CHP (@ch_prasetyo) on

Kategori hidangan tradisonal terpopuler diperoleh Ayam Taliwang Lombok, NTB. Disusul oleh Ayam Betutu Bali, dan Pempek Palembang, Sumatera Selatan.

5. Most Popular Diving Spot

A photo posted by @eeppistooppis on

Kategori tempat menyelam terpopuler diperoleh Pulau Alor, NTT, lala disusul oleh Nusa Penida, Bali, dan Taman Laut Derawan di Kalimantan Timur pada urutan ketiga.

6. Most Popular Surfing Spot

A photo posted by Robye Dimu (@robye_dimu) on

Kategori tempat berselancar terpopuler diperoleh Pantai Nemberala di NTT, lalu pada urutan kedua di Nusa Lembongan, Bali, disusul pada posisi ketiga di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Most Popular Cultural Attraction

A photo posted by Nandika Wahab (@nandika_wahab) on

Kategori atraksi budaya terpopuler merupakan Iraw Tengkayu dari Provinsi Kalimantan Utara, lalu pada urutan kedua diperoleh Pasola dari Sumba NTT, dan juara ketiga diperoleh Bambu Gila dari Provinsi Maluku.

8. Most Popular Cultural Festival

A photo posted by thohir (@thohir_swt) on


Kategori festival budaya terpopuler diperoleh Festival Erau di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kaltim, lalu pada urutan kedua diperoleh Jember Fashion Carnival di Kabupaten Jember, Jatim, dan pada urutan ketiga diperoleh Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

9. Most Popular Highland

A photo posted by Adam Ahmd (@adamahmd) on


Kategori dataran tinggi terpopuler diterima oleh Gunung Kerinci Jambi pada urutan pertama, Dataran Tinggi Dieng di urutan kedua dan Gunung Kelimutu NTT di urutan ketiga.

10. Most Popular New Destination

Kategori tujuan wisata baru terpopuler diperoleh Pulau Morotai, lalu disusul dengan Cebeles Canyon di Sulawesi Selatan, dan Nyaru Menteng di posisi ketiga Provinsi Kalimantan Tengah.

***

Dengan adanya Anugerah Pesona Indonesia 2016 ini, diharapkan pariwisata Indonesia terus berkembang, apalagi dengan kategori destinasi wisata populer terbersih menunjukkan jika wisata Indonesia itu nggak cuma soal keindahannya saja, tapi kebersihannya juga.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Makna Logo Wonderful Indonesia yang Jarang Orang Tahu

Ferry Kana, 4 Tahun Naik Motor Keliling Indonesia Sambil Memotret Keindahan Negeri

Tagar #CoBrandWonderfulIndonesia Jadi Trending Topic Twitter

Pesona Indonesia yang Sesungguhnya: Marsiti dan Landingan dari Bromo

Bulan Madu Ala Traveler di Perkampungan Suku Bajo

FALLBACK
The END