Tour De Lombok Mandalika 2017, Alasan Kamu Harus ke Lombok Bulan April Ini

Tour de Lombok Mandalika 2017 digelar bulan April depan, Kamu wajib datang karena masih ada hal lain seru di Lombok yang perlu Kamu jajal.

Rizqi Y • March 27, 2017

Indonesia terus berusaha meningkatkan potensi wisata dengan berbagai cara salah satunya menggelar event-event bertema olahraga sekaligus wisata. Dalam waktu dekat ini, Lombok menjadi tuan rumah untuk beberapa ajang sport tourism dan juga festival lokal yang bertaraf internasional.

Jika bulan ini Kamu gagal mengambil cuti, nggak usah khawatir karena bulan April juga nggak kalah menyenangkan. Nah, inilah beberapa alasan mengapa Kamu harus mengatur waktumu sebaik mungkin untuk berkunjung ke Lombok bulan April nanti.

Menghelat ajang kompetisi road race, Lombok luncurkan Tour De Lombok Mandalika 2017

Tour de Lombok Mandalika 2017

Rilis Tour de Lombok Mandalika 2017. Sumber foto

Acara  ini digelar sebagai ajang perlombaan sepeda jalan raya atau road race. Ajang ini bertujuan untuk mencari bakat-bakat baru dari Indonesia dalam bidang bersepeda. Tak hanya itu, acara ini juga difungsikan sebagai ajang untuk memperkenalkan wisata Indonesia, sebab peserta lomba juga akan datang dari berbagai negara lain.

Tour De Lombok Mandalika akan digelar pada tanggal 13 hingga 16 April. Kamu yang hobi bersepeda sekaligus traveling wajib banget gabung diacara ini. Karena tak hanya bersepeda, Kamu akan disuguhi deretan keindahan Lombok yang sudah ditata sedemikian rupa di sepanjang jalur sepeda.

Kamu bisa berjumpa dengan atlet sepeda favoritmu, sebab Tour De Lombok mengundang beberapa tim profesional dari luar negeri

 Tour de Lombok Mandalika 2017.

Banyak tim profesional yang diundang dari luar negeri lho selama Tour de Lombok Mandalika 2017. Sumber foto

Dengan hobi bersepeda, pasti ada satu dua atlet sepeda yang Kamu kagumi. Atau paling tidak Kamu jadikan sosok inspirasimu untuk lebih giat dan rajin bersepeda. Maka ajang ini sama sekali nggak boleh Kamu lewatkan karena akan ada banyak tim profesional dari berbagai negara yang diundang untuk turut andil dalam perlombaan ini.

Beberapa tim profesional yang akan diundang dalam ajang Tour De Lombok Mandalika adalah 7eleven Filipina, Kinan Cycling Team Jepang, Action Cycling Team Taipei, Black Ink Laos, Asian Racing Team Jepang, Sky Dive Dubai Cycling UAE, Tabritz Petrochem Iran, Singha Infinite Cycling Team Singapura, Guemsam Insam Cello Korea, Terengganu Cycling Team Malaysia, Hainun Jillun China, Eddy Holland Australia, dan HKSI Procycling team Hongkong.

Mungkin ada satu dari sekian banyak tim profesional ini yang menjadi incaranmu? Jadi jangan lewatkan event ini ya gais.

Menikmati sajian kebudayaan dan kearifan lokal Lombok

Tour de lomok mandalika 2017

Selain bersepeda, Kamu juga bisa menikmati kearifan budaya lokal. Sumber foto

Karena ajang ini sekaligus ingin mengenalkan kekayaan wisata Lombok, maka pihak penyelenggara akan menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan lokal. Pasti akan jadi momen yang seru karena Kamu nggak selalu bisa menikmati kebudayaan lokal setiap saat.

Beberapa kebudayaan dan kesenian lokal yang sangat terkenal di Lombok antara lain Gendang Beleq Periseian, Tandang mendet, dll. Gedang Beleq merupakan tarian dengan menggunakan gendang besar. Periseian adalah beladiri khas Lombok yang sudah ada sejak jaman kerajaan, sedangkan Tandang Mendet merupakan salah satu tarian kuno Lombok yang sudah ada sejak jaman kerajaan Selaparang. Tarian Tandang Mendet ini menggambarkan peperangan prajurit.

Meskipun belum dijelaskan secara rinci kesenian mana yang akan diangkat, namun Lombok akan berusaha menyajikan kebudayaan lokal yang terbaik. Jadi Kamu nggak boleh melewatkannya.

Buat Kamu yang muslim bisa turut merasakan wisata pantai halal di Senggigi

tour de lombok mandalika 2017

Nikmati wisata halal ala Lombok yang akan membuatmu aman dan nyaman. Sumber foto

Lombok saat ini telah memiliki Perda yang mengatur wisata halal, jadi buat kamu yang muslim pasti akan lebih nyaman saat berkunjung ke sini. Kamu nggak akan repot lagi mencari tempat ibadah yang memenuhi syariah. Dan lagi kawasan pantai Senggigi ini nantinya akan memiliki ruang sendiri bagi cewek dan cowok. Jadi meskipun berada di pantai, namun ada area khusus bagi para cewek, yang pastinya kaan membuat lebih nyaman.

Hal lain yang akan membuatmu lebih nyaman adalah, Kamu bisa lebih leluasa menggunakan fasilitas umum secara terpisah dari cowok. Semisal Kamu ingin spa, sauna atau pijat maka tempatnya pun akan terpisah dari yang cowok. Kamu juga lebih mudah menemukan makanan dan minuman yang halal di sini.

Dari Tour De Lombok Mandalika lanjut ke Lombok Jazz Festival

tour de lombok mandalika 2017

Julian Banks artis jazz kawakan asal Australia ini akan meriahkan Lombok Jazz festival. Sumber foto

Jangan dulu buru-buru pulang setelah selesai mengikuti Tour De Lombok, sebab ditanggal 18 hingga 20 April 2017 Lombok akan kembali menggelar sebuah festival musik. Festival musik yang mengusung jazz sebagai tema utamanya akan diadakan di Lapangan Taman Sangkareang, Mataram.

Akan ada 100 musisi jazz nasional dan internasional dalam acara ini. Beberapa musisi internasional di antaranya David Gomes (Malaysia), Julian Banks (Australia), Koh Sax (Thailand), Michael Manson (AS), Rhys Sebastian (India), dll. sedangkan untuk musisi nasional yang akan mengisi LJF 2017 ini adalah Barry Likumahuwa, Harvey Malaiholo, I Wayan Balawan dan Gilang Ramadhan Project.

Mengenang kedahsyatan letusan Tambora dalam Festival Pesona Tambora

tour de lombok mandalika 2017

Mengingat kedahsyatan Tambora dalam Festival Pesona Tambora. Sumber foto

Meski nggak mengalami langsung, Kamu setidaknya tahu betapa dahsyatnya letusan Gunung Tambora tahun 1815 yang bahkan mengalahkan kedahsyatan letusan Krakatau. Tahun ini letusan Tambora memasuki usia ke 202. Untuk mengenang peristiwa letusan tersebut, pemerintah setempat pun akhirnya membuat sebuah event kebudayaan.

Festival Pesona Tambora yang memamerkan kemegahan Tambora juga dijadikan sebaga ajang promosi kebudayaan lokal. Akan ada pertunjukan kesenian yang menghibur wisatawan di festival ini. Acara ini akan diselenggarakan tanggal 5 – 11 April 2011. Jadi sebetulnya Kamu bisa datang ke sini dulu sebelum mengikuti Tour De Lombok Mandalika.

Mengintip wajah wisata lokal yang masuk dalam 10 besar destinasi wisata terbaik se-Asia versi Tripadvisor

tour de lombok mandalika

Mengintip wajah destinasi lokal yang masuk dalam 10 besar destinasi terbaik se-Asia. Sumber foto

Indonesia patut berbangga karena selain Bali yang masuk dalam urutan pertama destinasi terbaik se-Asia versi TripAdvisor, ada juga Lombok di urutan ke-9. Belum lama ini memang TripAdvisor merilis 10 daftar destinasi terbaik yang dinilai berdasar review dan rating dari traveler yang ditulis selama 1 tahun penuh dari berbagai destinasi di dunia.

Wah keren ya, dari banyaknya negara di Asia Indonesia bahkan bisa mengambil 2 nomor sekaligus. Kamu harus banget mengunjungi Lombok, karena mungkin Bali sudah terlalu sering Kamu datangi. Coba intip betapa indahnya Lombok yang juga nggak kalah indah dengan Bali. Banyak orang yang setuju kalau Lombok adalah Bali barunya Indonesia lho.

Ingin menghela nafas setelah berlelah-lelah, menjamah tempat-tempat yang masih asing seru juga untuk Kamu lakukan

tour de lombok mandalika 2017

Gili Kondo, destinasi wisata yang masih sepi dari wisatawan. Sumber foto

Lombok punya banyak sekali destinasi wisata yang sanggup memanjakanmu. Dari sekian banyak destinasi yang sudah ramai dikunjungi wisatawan, ternyata ada juga destinasi wisata lain yang belum terlalu di-ekspose. Beberapa destinasi tersebut misalnya Gili Kondo, Pantai Segui, Gili Petelu, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan sangat cocok untukmu menghabiskan waktu istirahat di sana. Karena memang tempat-tempat di atas masih sepi dan alami.

Buat Kamu yang bersama pasangan, bisa merasakan lagi sensasi honeymoon romantis di Lombok

tour de lombok mandalika 2017

Sembalun yang selalu eksotis dan mempesona. Sumber foto

Kalau Kamu ke Lombok bersama pasanganmu, coba ajak dia merasakan sensasi honeymoon romantis dengan konsep yang halal. Kamu perlu tahu bahwa Lombok berhasil meraih gelar World’s Best Halal Honeymoon Destination. Gelar ini secara khusus jatuh ke Sembalun Village Region.

Jadi setelah lelah menikmati rentetan acara di Lombok, terakhir mampir ke Sembalun Village untuk menikmati momen-momen romantis bersama pasangan. Selain ke Sembalun Village, masih ada juga tempat romantis lainnya di Lombok. Kamu harus ajak pasangan halalmu ke sini gais, biar hubunganmu makin mesra.

***

Life is either a daring adventure or nothing. -Helen Keller-

Hidup memang selalu berisi pilihan, apakah Kamu akan menghabiskan waktu dihidupmu untuk bekerja atau juga traveling. Yang pasti, hidup akan lebih berarti saat Kamu melihat dunia luar. Jadi ambil waktumu setidaknya di bulan April nanti dan lihatlah betapa indahnya alam Lombok dengan segala kekayaan budaya lokalnya.

Baca juga: