Tips Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Menggunakan Kereta Api

Bisa istirahat dan tidur dengan nyaman adalah hal yang berharga selama traveling. Maka, ikuti tips tidur nyenyak di kereta ini agar travelingmu lancar!

Desti Artanti • September 18, 2016


tips tidur nyenyak di kereta

Gambar diambil dari sini

Perjalanan panjang dengan menggunakan kereta api bisa jadi masalah besar kalau kita tidak menyempatkan untuk tidur selama di perjalanan. Sayangnya, tidak selamanya kita bisa tidur dengan nyaman sebelum menemukan posisi yang ‘wenak’.

Kursi kereta kelas eksekutif pun tidak selalu bisa memberikan kenyamanan untuk tidur. Namun jangan salah, sebenarnya kita bisa mengakali masalah tidur di kereta api (kelas apapun) dengan tips tidur nyenyak di kereta berikut ini.

Hindari tempat duduk di sebelah lorong

Kemungkinan untuk tersenggol atau bersentuhan dengan orang yang lewat lorong akan lebih besar jika kita mendapat tempat duduk di sebelah lorong. Rasanya akan sangat mengesalkan kalau akhirnya bisa tertidur di kursi kereta, tapi lengan kita tersenggol orang yang melintas di lorong.

Memang sih, kita sulit untuk memilih tempat duduk di kereta api, karena saat pemesanan tiket sudah otomatis dengan tempat duduknya. Maka berbahagialah kamu kalau dapat tempat duduk di sebelah jendela.

Pakai pakaian yang nyaman dan hangat

Saat ini kereta api di Indonesia baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif, dilengkapi dengan fasilitas pendingin atau AC. Perbedaan kelas tidak membuat dingin AC nya berbeda, semua sama dinginnya. Perjalanan panjang dengan kereta api apalagi jika malam hari, terkenal sangat dingin.

Maka usahakan untuk membawa jaket atau minimal berpakaianlah yang hangat. Kalau masih kurang, kamu bisa menyewa selimut yang disediakan oleh petugas kereta api. Untuk penumpang kelas eksekutif, fasilitas selimut sudah otomatis tersedia.

Bawa bantal leher dan peralatan tidur lain yang membantu

Tidur dalam posisi duduk memang membutuhkan usaha tertentu. Salah-salah, kepala atau punggung yang miring selama perjalanan bisa membuatmu pegal-pegal tak berkesudahan. Bantal leher yang melingkar bisa membantu posisi lehermu agar tidak salah urat saat terbangun. Penutup mata juga bisa kamu gunakan untuk menghindari lampu kereta yang silau atau untuk menambah konsentrasi tidur.

Buat barang bawaan seringkas mungkin

Kardus, tas kresek, dan bawaan tidak praktis lainnya memang banyak terlihat di pemandangan saat naik kereta api. Kalau kamu termasuk penumpang kereta api yang demikian, sebaiknya ringkas barang bawaanmu agar tidak mengganggu posisi tidurmu.

Sebisa mungkin, letakkan koper atau ransel besar berisi pakaian dan perlengkapan traveling lainnya di bagasi kereta, bukan di bagian kakimu.

Pejamkan mata dan rileks…

Salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa tidur nyenyak di perjalanan panjang menggunakan kereta adalah dengan memejamkan mata dan rileks. Setidaknya dengan memejamkan mata dan mengatur posisi tidur sedemikian rupa di kereta, kamu bisa menghindari obrolan dengan orang lain yang mengajak ngobrol, dan bisa memfokuskan pikiran untuk segera tidur.


Tinggalkan Komentar

Komentar