Tak Perlu Lagi Bawa Uang Tunai, Turis di Jepang Cukup ‘Tempel Jari’ Untuk Lakukan Pembayaran Apapun

Jepang merilis sistem pembayaran menggunakan sidik jari untuk mudahkan wisatawan. Kini Anda tak perlu membawa banyak uang tunai saat liburan di Jepang

Wike Sulistiarmi • April 13, 2016


turis di jepang

Foto dari japanitup

Jepang tak pernah berhenti berinovasi. Dilansir dari Digital Trends, baru-baru ini mereka mengumumkan akan segera merilis sistem pembayaran dengan hanya menggunakan sidik jari. Sistem ini direncanakan akan segera rilis setelah uji cobanya pada musim panas ini.

Pemerintah Jepang berharap dengan sistem baru ini, dapat membantu para turis yang datang ke Jepang agar terhindar dari kejahatan serta lebih efisien saat membayar tagihan hotel. Apalagi diperkirakan populasi turis akan semakin membludak saat Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo.

Total 300 toko, hotel, dan restoran akan diujicoba untuk melakukan pembayaran dengan metode fingerprint pada musim panas ini. Untuk langkah selanjutnya setelah ujicoba selesai, pemerintah Jepang akan memperbanyak toko, hotel, dan restoran yang menggunakan layanan ini.

Ide sistem ini sebenarnya hampir sama dengan pembayaran Apple Pay atau pembayaran lewat mobile lainnya, hanya saja sistem ini menggunakan sidik jari untuk transaksinya.

Sebelum Anda dapat menikmati sistem atau layanan ini, Anda harus mendaftarkan diri Anda saat berada di bandara dengan menyertakan kartu kredit dan tentu saja sidik jari Anda yang akan discan sebagai informasi penting yang akan Anda gunakan untuk transaksi.

Setelah Anda mendaftarkan diri, dengan hanya menempelkan dua jari Anda pada alat khusus, Anda bisa membawa pulang barang yang Anda beli.

Salah satu uji cobanya di Huis Ten Bosch Park, Sasebo, di mana pelanggan dapat membayar melalui sidik jari di 30 toko yang berbeda dan restoran, menuai sukses besar.

“Sistem ini telah diterima dengan baik oleh pelanggan, utamanya para turis yang datang dengan anak-anak mereka, karena mereka tidak perlu susah-susah untuk mengambil dompet saat akan membayar” terang pengelola Huis Ten Bosch Park.

Pihak bank setempat juga berencana menguji teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk mengambil uang di ATM hanya dengan menggunakan sidik jari nasabah.

Jika Anda penasaran dengan transaksi unik di Jepang ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ketika berada di bandara Jepang, setelah musim panas ini. Selain Anda aman dari pencurian dompet saat liburan, Anda hanya cukup membawa ‘diri’ Anda saat berjalan-jalan keliling Jepang.

 

Baca juga:


Tinggalkan Komentar

Komentar