Makna Sesungguhnya di Balik Komentar-komentar ‘Netizen’ Pada Foto Liburan Kita

Sering mendapat komentar di foto liburan Anda? Pahami lahmakna-makna yang terkandung di dalamnya.

Echi • June 13, 2016
foto liburan

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Foto liburan sangat sayang bila tak dibagikan di sosial media. Hasil jepretan yang bagus dengan latar pemandangan yang indah kerap mengundang teman turut komentar di bawahnya. Ragam komentar yang muncul pun sering menimbulkan tanda tanya, “Apa maksud di balik komentar mereka?”. Saya coba menelaahnya, ini dia:

1. “Main Terus Nih”

Pernah dapat komentar seperti itu? Di balik komentar “Main terus” ada seseorang yang ingin sekali liburan atau jalan-jalan. Mungkin dia kurang piknik. Sekali-kali ajaklah dia piknik.

2.”Nggak Ajak-ajak”

Setelahnya, Anda pasti sangat familiar dengan komentar “Nggak Ajak-ajak”. Makna kometar tersebut sudah jelas bahwa si dia ingin diajak liburan bersama. Tapi kadang, yang membuat kesal adalah orang yang komentar seperti itu hanya sekadar basa-basi. Setelah diajak, ada saja alasan batal ikut traveling bersama.

3. “Di mana itu?”

Bisa jadi, ketika teman Anda tanya tentang lokasi foto liburan, si dia ingin mengunjungi tempat itu juga. Setelah itu, biasanya akan berlanjut pada bagaimana cara menuju ke sana.

4. “Ih, bagus ya fotonya”

Komentar tersebut bisa jadi mempunyai dua makna. Pertama memang benar-benar memuji, yang kedua mungkin dia juga ingin berfoto di tempat yang sama. Atau bahkan mungkin, jika yang menulis komentar adalah lawan jenis Anda yang seumuran, yang dia maksud ‘bagus’ adalah karena ada Anda di dalamnya. Dengan kata lain, ini adalah salah satu trik dia agar dapat berbincang dengan Anda.

5. “Kapan bisa naik gunung bareng?”

Nah, mereka yang komentar seperti ini sebenarnya hanya “iseng-iseng berhadiah”. Maksudnya, kalau ditanggepin dan diajak naik gunung betulan, ya syukur. Kalau nggak juga tak jadi masalah.

6. “Nice Pict!”

Komentar “nice pict” sering muncul pada foto instagram. Biasanya yang komentar seperti ini adalah akun-akun promosi. Namanya juga akun promosi, tujuannya supaya akun instagramnya dikenal.

7. “Wajah cerah kinclong seperti artis cek ig yuk sai”

Setelah membaca komentar mungkin Anda akan segera mengambil cermin dan berkata “iya ya, wajah kurang kinclong”.¬†Jangan dianggap serius, kometar seperti ini tujuannya jelas untuk promosi produk kecantikan.

8. “Traveling terus, kapan dapat jodoh?”

Percayalah, mereka hanya komentar basa basi yang benar-benar sudah basi. Cukuplah respon dengan senyum saja.

9. “Mau!”

Komentar satu ini yang paling susah ditelaah maknanya karena terlalu banyak makna. Dia mau ikut jalan-jalan seperti di foto liburan kita, dia mau foto seperti di foto liburan kita, atau jangan-jangan, dia mau dengan diri kita? Rumit.

Baca Juga:

 


Tinggalkan Komentar

Komentar