Lembah Sigelap, Batuan Peninggalan Zaman Purba di Wonosobo

Wonosobo, Jawa Tengah, tak pernah kehabisan pesonanya. Salah satu yang sedang populer kini adalah Lembah Sigelap.

Umu Umaedah • February 9, 2016

Wonosobo, Jawa Tengah tengah naik daun. Udaranya yang sejuk dan pemandangan pepohonan hijaunya menggoda banyak orang untuk datang berkunjung. Salah satu yang mulai populer adalah Lembah Sigelap.

A photo posted by Ivana Rifka (@ivanarifka) on

Bagi masyarakat Wonosobo, lembah berbatu ini adalah bagian dari tempat bermain masa kecil mereka. Ada aliran sungai dengan aliran cukup deras, dengan panorama batu-batu kali yang megah. Batu-batu ini tersusun berundak-undak dengan gradasi warna alami. Ini seperti polesan cat warna oleh pelukis jenius yang mengkombinasikan warna hitam dan abu-abu dengan cantik sehingga menimbulkan perbedaan warna oleh garis-garis tak beraturan ini.  Batuan berundak seperti bebatuan pada zaman purba ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Terbentuk di lereng dengan kedalaman 150 meter. Sangat curam, sempit, namun memiliki nilai estetika tersendiri. Lembah Sigelap memiliki bendungan kecil yang mengalir dari Sungai Serayu. Sungai besar yang lintasi 5 kabupaten di Banjarnegara dan akan bermuara di Samudera Hindia.  

Wisata alam memang menjadi alternatif wisata untuk membuat kita merasa lebih dekat dengan alam. Alam yang telah melimpahkan segalanya untuk kita dan alam yang menjadi sumber penghidupan. Kepadatan arus lalu lintas, gedung-gedung tinggi di kota-kota besar, membuat pandangan menjenuhkan. Inilah saat dimana kamu menjadikan alam sebagai tempat bermain ketika kota telah memberikan banyak kejemuan.

Bebatuan kali besar ini bisa membuatmu untuk lebih bisa orang yang bersyukur. Suara gemericik air bisa menjadikan terapi. Tak memiliki kampung halaman untuk kamu kunjungi saat liburan, ataupun rumah nenek yang tawarkan cerita-cerita alam, mungkin kamu bisa menggantinya dengan berkunjung ke daerah Wonosobo. Karena di perjalanan akan membuatmu bertemu dengan keluarga baru. Seperti cerita yang di sampaikan oleh Bayu Topan tentang kisahnya saat bertemu keluarga baru di kaki Gunung Lawu saat traveling.

Posisi Lembah Sigelap cukup strategis sebagai lokasi wisata. Tidak jauh dari tempat tersebut kamu bisa menikmati Telaga Menjer sebagai tempat untuk kabur sejenak dari rutinitas. Letaknya yang berada di perbukitan, menjadikan Dieng sebagai lokasi yang strategis untuk wisata seperti lokasi di Lembang, Bandung.

Lokasi: Lembah Sigelap Wonosobo, Des Kreo, Kec. Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah

 

 


Kamu juga pasti tertarik baca ini

Tinggalkan Komentar

Komentar