15 Kumpulan Fakta Dunia Traveling yang Biasa Saja

Echi • December 29, 2016

1. Awak kabin pesawat ternyata punya ruang rahasia untuk istirahat selama melakukan penerbangan yang panjang

awak kabin

Foto diambil dari sini.

Ruang rahasia dalam pesawat ini berukuran kecil, tanpa jendela, dan tersembunyi tanpa ada yang tahu kecuali awak kabin. Ingin tahu lebih jelas? Kamu bisa baca artikel pada link ini.

2. Limbah kotoran manusia dalam pesawat diolah menggunakan teknologi khusus yang nantinya akan dibuang saat tiba di bandara

pesawat

Foto diambil dari sini

Jadi, toilet yang digunakan menggunakan sedikit air namun dapat menghisap kotoran dengan kuat dan terdapat aliran air yang dapat membantu menyapu kotoran ke selang pembuangan. Setelah itu, kotoran akan mengalir dengan kecepatan super tinggi melalui sebuah selang dan akan ditampung di dalam sebuah tangki di bagian belakang pesawat. Penjelasan lebih lengkap bisa Kamu baca di sini. 

3. Mengapa jendela pesawat berbentuk oval? Jawabannya agar jendela tidak retak saat berada di ketinggian

jendela pesawat

sumber foto

Nah, sedangkan pada jendela yang bulat sempurna, tekanan akan mengalir melalui material, dan akan sedikit terhambat oleh adanya jendela. Jika jendela besawat berbentuk persegi, maka tekanan akan bertumpu pada sudut-sudut jendela, akibatnya kaca jendela bisa retak. Dengan alasan itulah jendela pesawat berbentuk oval.

4. Sedangkan seprei hotel berwarna putih dipilih karena putih memberi kesan mewah

kamar hotel

Putih terlihat bersih dan mudah dipadupadankan dengan warna lain. Sumber foto

Sybil Pool sebagai perwakilan Hyatt Hotel menjelaskan kasur dan bantal yang berwarna putih memberi kesan bersih, simple, dan terkesan mengajak orang untuk merebahkan badan. Selain itu kasur berwarna putih mendukung kesan tentang hotel sebagai tempat pelepas lelah dan kecemasan. Lebih lengkap baca di sini.

5. Sesuai dengan peraturan Federal Aviation Administration (FAA), penumpang pesawat harus dievakuasi dalam waktu kurang dari 90 detik

jendela pesawat

sumber foto

Maka dari itu, pramugari-pramugari cantik selalu mengingatkan kita untuk selalu membuka tirai jendela pesawat. Ooo..

6. Yang lebih mengejutkan, hotel termahal di dunia memberi tarif sewa sebesar 82.300 USD per malam!

Atau setara 1.121.369.600 rupiah! Wow.. tertarik? Kamu bisa bermalam di Royal Penthouse Suite di Hotel President Wilson, Geneva, Swiss.

via GIPHY

7. Beruntunglah warga Austria, karena pemerintah Austria memberikan banyak liburan

Warga Austria berhak dapat 35 hari libur per tahun. Bahkan, ketika mereka tidak memanfaatkannya, perusahaan tempat mereka bekerja wajib membayar gaji 2 kali lipat!

8. Sedangkan fakta menunjukkan bahwa Kanada adalah negara yang memiliki danau terbanyak di dunia

Total lebih dari 3 juta danau bisa ditemukan di Kanada. Secara statistik, 60% total danau di dunia berada di Kanada.

9. Saudi Arabia, negara yang tidak punya sungai?

Terdengar agak aneh ya? Lalu, bagaimana dengan kebutuhan perairan warga Arab? Jadi selama ini Arab memanfaatkan waduk bawah tanah atau pembentukkan desalinasi sebagai sumber air.

10. Negara manakah yang paling banyak memiliki perbedaan? Indonesia? Bukan, tapi India

India menjadi negara yang menyimpan paling banyak ragam perbedaan hampir di setiap kategori seperti budaya, ekonomi, cuaca, ras, suku, bahasa, dan agama.

11. Papua Nugini menjadi negara dengan bahasa terbanyak di dunia

Meskipun Bahasa Inggris adalah bahasa nasional Papua Nugini, namun mayoritas penduduk menggunakan bahasa lokal. Total lebih dari 820 bahasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Sedangkan Indonesia punya 707 bahasa.

12.  Menurut penelitian, orang yang suka traveling lebih bahagia lho

negara-paling-bahagia

CC Flickr 2.0 Raul A

Menurut Thomas Gilovich, pengalaman yang diperoleh selama traveling telah menyatu dalam diri, menjadi satu kesatuan. Ini yang menyebabkan kebahagiaan -saat maupun setelah traveling- bertahan lebih lama. Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

13. Percaya atau tidak, Finlandia memiliki pulau terbanyak di dunia dengan total hampir 180.000 pulau!

Fakta traveling

Finland, Aland islands, region of Mariehamn (aerial view). Sumber foto

Saya pikir Indonesia adalah negara yang punya pula terbanyak. Melansir dari National Geographic, fakta mengungkapkan, Indonesia hanya memiliki 13.466 pulau, bukan 17.508 seperti yang selama ini dijadikan acuan banyak pihak.

Jumlah tersebut didasarkan pada survei geografi dan toponimi yang berakhir pada tahun 2010 lalu. Hasilnya telah dilaporkan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

14. Lalu, ada Republic of Nauru! Negara paling “gemuk” di dunia

Rep of Nauru mendapat julukan The land of fat. Kalau berkunjung ke negara yang berada di Micronesia ini, Kamu mungkin akan menjadi kurus. Kenapa? Karena 90% orang dewasa di sana berbadan gempal. Kamu bisa tampak kurus tanpa diet, tanpa photoshop.

15. Bangkok punya nama seremonial terpanjang di dunia dengan total 169 huruf

Tarik nafas panjang sebelum membacanya. “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.” Ada yang sanggup mengucapkannya dalam satu tarikan nafas?

fakta-traveling1


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait