Kenny ‘Kartu Pos’, Traveling ke Luar Negeri Agar Semakin Kenal Indonesia

Kenny jalan-jalan terus, kapan kerjannya?

Echi • January 11, 2017


Pernah dengar nama ‘Kartu Pos’ di jagad maya dunia traveling? Penggila traveling, khususnya destinasi luar negeri, pasti mengenal akun ini.

Kartu Pos adalah akun di sosial media  (Twitter dan Instagram) serta website, yang memberikan rekomendasi destinasi wisata seru. Kartu Pos juga sering bagi-bagi info promo tiket pesawat murah, sekaligus memberikan penawaran paket perjalanan yang unik.

Sosok di balik akun Kartu Pos

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on

Kenny Santana adalah sosok di balik akun @KartuPos di Twitter dan @kartuposinsta di Instagram. Tim Phinemo sempat bersua dan ngobrol banyak bareng Kenny.

Oya, Kenny bukan petugas kantor pos yang menjalani peran sebagai traveler, ya! Ia adalah traveler yang sukses menghasilkan uang dari hobi traveling-nya.

Jangan coba-coba intip akun Instagram-nya kalau nggak kuat mental. Foto-foto traveling-nya bikin pengen buru-buru mengajukan cuti dan tancap liburan! Seolah hari ini ia di Bali, dua hari berikutnya pindah ke New Zealand, lalu minggu depan sudah nongkrong di Elizabeth Street Garden, New York, Amerika Serikat.

Wah, jalan-jalan terus, kapan kerjanya, ya, si Kenny ini?

Travel Instagrammer, menulis di media, dan mengadakan paket perjalanan adalah pekerjaannya

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on

Ketika ditanya apa pekerjaannya, Kenny menjawab bahwa dirinya adalah seorang travel instagrammer. 

Wah, kerjanya ngapain, tuh? Kenny rajin mencari objek foto yang menarik di tempat yang ia kunjungi, mengeditnya, kemudian ia mem-post foto itu di sosial media menggunakan caption yang menarik.

Kenny melakukan riset dan menyusun strategi konten yang akan ia unggah di Instagram, nggak asal posting foto dengan caption yang ala kadarnya. Hasilnya harus memenuhi standar industri agar bisa dipercaya banyak orang dan brand-brand besar. Sekarang, jumlah followers Instagramnya mencapai lebih dari 26 ribu, sementara di Twitter ia memiliki tak kurang dari 228 ribu followers.

Tak hanya sosial media, Kenny pun mengelola website Kartupos.co.id.

Selain itu, pendapatannya juga berasal dari ‘Kartu Pos trip’, di mana Kenny membuat trip bersama followersnya. Yang terbaru, Kenny membuka trip nonton U2 di London, Inggris.

Tips buat Kamu yang ingin menjadi travel instagrammer seperti Kenny

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on


Cuma mengunggah foto di sosial media? Sepertinya mudah dilakukan ya, namun ada hal-hal tertentu yang perlu dilakukan untuk menjadi travel influencer yang sukses.

Dair banyak faktor, Kenny menyebut bahwa kunci suksesnya terletak pada niat dan passion. Menurutnya, nggak baik jika hanya terfokus menghasilkan uang sejak awal. Lakukan saja semuanya secara natural sesuai dengan passion-mu.

Kenny bahkan berujar bahwa hasil fotonya dulu kurang menarik, tapi ia mau belajar. Mengamati travel instagrammer lain, mempelajari bagaimana mereka memotret, editan fotonya, caption-nya. Ia tak segan untuk bertanya.

Berkat passion dan hobi yang ia tekuni, Kenny sudah jalan-jalan ke banyak negara, lho. Australia, New Zealand, Turki, Amerika Serikat, Inggris, Thailand, dan banyak lainnya.  Juga sudah tak terhitung lagi banyaknya menu makanan khas suatu negara yang ia cicipi.

Kata Kenny tentang traveling dan Indonesia

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on


Meski sudah berkeliling di berbagai tempat, tetap saja masih banyak destinasi yang ingin Kenny kunjungi. Untuk mimpi traveling di Indonesia yang belum kesampaian, ia mengaku ingin berlayar di Indonesia khususnya daerah Indonesia Timur. Untuk destinasi internasional, Kepulauan Galapagos dan Antartika berada di urutan teratas bucket list-nya. Menikmati musim panas di Islandia dengan matahari yang terus bersinar selama 24 jam juga jadi targetnya.

***

Dari traveling, Kenny mengaku bisa mengenal kebudayaan baru, bahasa baru, dan lebih memahami diri sendiri. Memang, jika diamati, Kenny lebih sering bolak-balik ke luar negeri. Tapi justru karena traveling ke luar negeri lah, Kenny lebih mengenal kelebihan Indonesia dibanding negara lain. Dari situ, semakin tumbuh besar lah rasa cintanya kepada tanah air.

***

Mau tahu cerita inspiratif traveler lainnya? Baca ini:


Tinggalkan Komentar

Komentar