Video Oleh Barry Kusuma

Barry Kusuma: “Traveling Selamanya Untuk Terus Berkarya”

Echi • July 1, 2016

Ketika saya menjawab saya dari Indonesia, bapak pemilik kapal di Phuket bertanya kepada saya, Indonesia itu bukannya alamnya lebih bagus dari Thailand?
– Barry Kusuma –

Barry Kusuma biasa disapa “Barry” merupakan salah seorang traveler Indonesia yang berhasil menginspirasi melalui hasil karyanya. Dia dikenal sebagai seorang travel fotografer handal.

Tidak banyak yang tahu, Barry belajar fotografi secara otodidak

Profesi utamanya sebagai travel fotografer pun berawal dari ketidaksengajaan. Kalau kamu melihat hasil jepretannya, kamu tidak akan percaya jika Lulusan Universitas Trisakti jurusan ekonomi ini belajar fotografi secara otodidak. Bisa dibilang, traveling telah mengenalkannya dengan fotografi.

Barry Kusuma

Foto oleh Barry Kusuma

Pada tahun 2000an, Barry sudah mulai jalan-jalan. Zaman dahulu, traveling di Indonesia tidak semudah sekarang. Biaya yang mahal, akomodasi dan infrastruktur yang kurang memadahi cukup menghambat hobi jalan-jalannya. Informasi seputar traveling yang masih sangat minim menyulitkan dia untuk mengeksplore setiap lekuk keindahan Indonesia.

Sering keliling Indonesia, tapi Phuketlah tempat paling berkesan untuk Barry

Lantas, traveling ke luar negeri menjadi pilihan untuk memuaskan hobi jalan-jalannya. Dari banyaknya destinasi yang ia kunjungi, Phuket, Thailand merupakan tempat yang paling berkesan untuknya.

Namanya juga anak muda, belum keren kalau belum jalan-jalan ke luar negeri, tuturnya. Selama di Phuket, Barry menyewa kapal untuk mengelilingi pulau-pulau kecil di sekitar. Saat itu, dia sempat berbincang dengan bapak pemilik kapal. Di sela-sela perbincangan, bapak pemilik kapal bertanya darimanakah asalnya. Ketika ia menjawab berasal dari Indonesia, bapak pemilik kapal malah bertanya balik “bukankah alam Indonesia lebih indah dari Thailand?”

Pertanyaan tersebut telah meninggalkan kesan yang mendalam. Sejak saat itu, dia lebih sering jalan-jalan keliling Indonesia daripada ke luar negeri.

Barry Kusuma

Foto dari Barry Kusuma

Seiring berjalannya waktu, ia tidak hanya menghasilkan foto-foto cantik saat mengeksplore Indonesia. Perlahan ia mulai belajar bagaimana cara menulis content perjalanan. Tidak puas sampai disitu, Barry pun belajar membuat video perjalanan. Kata dia, menulis dan membuat video perjalanan akan mewarnai karyanya. Sehingga, konten miliknya tidak hanya fotografi saja.

Buku perjalanan keliling Indonesianya dengan judul “15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia” pun sudah berjajar di rak-rak toko buku. Jika kamu ingin keliling Indonesia, sepertinya buku karya Barry Kusuma ini bisa menjadi panduanmu.

barry kusuma

Foto oleh Barry Kusuma

Traveling bukan sekedar hobi, tapi sebagai wadah untuk menciptakan karya

Bagi Barry, traveling bukan hanya sekedar hobi. Traveling adalah wadahnya untuk berkarya. Ketika ia berhasil menciptakan foto yang bagus, atau video perjalanan yang menarik, serta tulisan perjalanan yang bermanfaat, dia tidak sabar untuk membagikannya di sosial media. Kata dia, kebahagiaan muncul saat orang-orang yang melihat hasil karyanya dan memutuskan untuk ke sana.

Traveling telah menjadi bagian dari hidupnya. Jika sebulan saja nggak traveling, badan dan perasaannya menjadi nggak enak. Traveling jugalah yang telah membentuk karakternya menjadi seperti sekarang. Jika dulu dia tidak pernah mencoba untuk traveling, mungkin, sekarang ia akan stuck dengan rutinitas sehari-hari sebagai pekerja kantoran. Bahkan ia nggak bisa membayangkan seperti apa hidup tanpa traveling. Selamanya dia akan traveling. Karena dengan traveling, ia bisa terus berkarya dan juga bermanfaat untuk banyak orang.

” Selamanya saya akan traveling. Karena dengan traveling saya bisa terus berkarya dan juga bermanfaat buat banyak orang”
– Barry Kusuma –





YANG MENARIK LAINNYA


TINGGALKAN KOMENTAR