Polisi Wisata Akan Berseliweran di Kawasan Kota Lama Semarang

Asik, Wisata Semarang semakin aman, nyaman, dan menyenangkan! Yok, 'dolan' ke Semarang!

Echi • October 19, 2016
wisata-semarang

Foto berasal dari tribunnews.com

Wisata Semarang makin menggeliat. Tidak hanya perbaikan infrastruktur dan penataan kota yang yang terus dibenahi, kualitas keamanan dan kenyamanan di area wisata pun semakin ditingkatkan. Sebagai bukti, Kepolisan Republik Indonesia pun turut ambil bagian untuk mendukung pengembangan wisata Semarang khususnya wisata Kota Lama.

Polisi Pariwisata akan “berseliweran” di kawasan Kota Lama Semarang

Dukungan tersebut berupa penyediaan personil Polisi Pariwisata di sekitar wisata Kota Lama. Menurut Inspektur Jenderal Condro Kirono selaku Kepala Kepolisan Daerah Jawa Tengah, dalam pelaksanaan tugasnya Polisi Pariwisata akan berkoordinasi langsung dengan Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.

Kapolrestabes Semarang siapkan Polisi Wisata yang ramah, murah senyum, dan mampu berbahasa Inggris dengan baik

Condro menyebutkan bahwa Kapolrestabes Semarang akan menyiapkan polisi yang mampu berkomunikasi kepada wisatawan dengan baik, memiliki kemampuan berbahasa inggris, dan harus terus menebar senyuman. Dengan demikian, image kota Semarang akan menjadi lebih ramah, asik, dan terbuka kepada wisatawan asing maupun lokal.

Menurut Condro, Polisi wisata akan disesuaikan dengan kearifan lokal. Misalnya seperti polisi wisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng yang menunggangi kuda.

Kemenpar tengah menyiapkan Restorasi Kota Lama Semarang

Pengembangan wisata Semarang tidak sampai di situ saja. Saat ini, Kemenpar sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan Restorasi Kota Lama Semarang sesuai dengan PERDA No. 8/2003 tentang RTBL Kawasan Kota Lama.

Larasati Sedyaningsih selaku PIC Pokja Borobudur Kementerian Pariwisata menyebutkan tujuan pengembangan heritage itu adalah untuk melindungi kekayaan historis dan budaya di Kota Lama, mengembangkan kawasan wisata sejarah, pemanfaatan ruang yang sesuai dengan tujuan konservasi dan revitalisasi kawasan historis budaya.

Kota Lama siap menuju Kota Warisan Dunia 2020

Saat ini telah dibentuk Badan Pengelola Kawasan Kota Lama atau BPK2L yang sebelumnya sudah menginventarisasi pemanfaatan gedung-gedung di kawasan Kota Lama untuk menghidupkan kawasan bangunan cagar budaya itu. Pengembangan Kota Lama ini memiliki visi Menuju Kota Warisan Dunia 2020.

Hendi Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang, menginginkan semua pihak melakukan penataan kota lama dengan merestorasi bangunan tua, tanpa mengubah bentuk arsitektur bangunan. Pemanfaatan gedung akan menjadikan wisata Semarang lebih hidup sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang terus bisa diandalkan.

***


Tinggalkan Komentar

Komentar