Jenis Alat Pembayaran yang Harusnya Kamu Bawa Saat Traveling

Pernah nggak sih kamu bingung harus membawa jenis uang apa saat traveling? Apalagi jika travelingnya ke luar negeri.

Wike Sulistiarmi • November 22, 2016


Pernah nggak sih kamu bingung harus membawa jenis uang apa saat traveling? Apalagi jika travelingnya ke luar negeri dengan mata uang bukan rupiah dan nilai tukar yang berbeda-beda.

Lumayan bikin bingung bukan? Oke, sebelum mikirin nilai tukar, coba pastikan kondisi dan kebutuhan Kamu selama traveling, lalu cocokan jenis uang berikut ini untuk perjalanan selama traveling.

jenis uang

Uang tunai, ATM atau kartu kredit? Sumber foto.

Sebenarnya, uang tunai adalah jenis uang yang wajib kamu bawa, namun jangan lupa perhatikan hal-hal ini!

Bagi kamu yang sering traveling menggunakan beberapa fasilitas umum di negara berkembang seperti di India, Kamboja, atau negara-negara berkembang lainnya, membawa uang tunai hukumnya adalah wajib, karena kamu nggak akan banyak melihat beberapa transportasi dan restoran menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Kamu tidak akan kesulitan jika membawa uang tunai, apalagi jika jajan di street food, uang tunai sangat diperlukan. Tapi, jangan terlalu banyak membawa uang tunai saat traveling. Karena hal ini bisa saja mengundang aksi kriminal, mulai dari copet atau para penukar uang palsu.

Alangkah baiknya jika kamu membawa uang tunai yang tidak berlebihan dan menukar uang di tempat terpercaya, seperti bank atau di loket penukaran uang di bandara.

Jangan lengah! ATM juga penting untuk kamu yang memiliki kebutuhan mendadak saat traveling

ATM membantu kamu membawa uang tanpa perlu khawatir karena kebutuhan yang mendadak. Misalpun jika uang ATM habis, kamu bisa meminta bantuan teman untuk mengisi saldo ATMmu ketika kehabisan uang di perjalanan.

Tapi, kamu juga harus mau susah saat menggunakan ATM. Karena tidak semua daerah memiliki ATM.

Punya cek? Boleh deh dibawa saat traveling!

Cek memiliki bentuk simpel dan bisa ditukarkan. Kamu hanya perlu mencairkannya di bank. Mungkin akan menyusahkan jika kamu menukarkan cek di bank luar negeri, karena tidak semua bank luar negeri bekerjasama dengan bank di Indonesia.

Tapi, cek lumayan membantu apalagi jika kamu melakukan perjalanan yang cukup lama.

Sebenarnya Kartu Kredit bikin boros, tapi berguna di saat-saat kritis

Traveling ke luar negeri atau di berbagai destinasi wisata Indonesia memang tidak semua menggunakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit. Tapi, jika sudah kritis, kartu kredit sangat membantumu.

Yang terpenting, bayar tagihanmu sebelum jatuh tempo jika nggak pengen punya hutang banyak.

Sebenarnya, penggunaan kartu kredit adalah cara yang banyak dihindari para traveler, karena bikin boros. Jika nggak pengen jadi orang boros, lebih baik jadikan kartu kredit sebagai jenis pembayaran terakhir saat traveling.

***

Enaknya sih bawa uang tunai, tapi alangkah baiknya untuk membawa ATM, kartu kredit, atau cek jika ada. Lumayan membantu perjalananmu.

 


Tinggalkan Komentar

Komentar