Ini Video Kocak Percakapan Turis Asing dan Suku Osing Banyuwangi yang Hebohkan Media Sosial

"Ferderiki? Oh Ferderiki? Nak Wadon Suki, Ujar nenek-nenek Suku Osing. Mau tahu percakapan lain? Tonton video ini!

Wike Sulistiarmi • May 4, 2017

Tiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah yang beragam. Salah satu keragaman ini terlihat jelas pada bahasa Suku Osing Banyuwangi yang terdengar cukup berbeda dari bahasa Jawa kebanyakan.

‘Wong Blambangan’ atau Suku Osing berbicara dengan bahasa turunan langsung dari bahasa Jawa kuno yang sistem pengucapannya menggunakan diftong “ai”. Contohnya kata “bengi/malam” akan dibaca “bengai”.

Suku Jawa aja masih belum fasih ngomong sama Suku Osing, apalagi bule?

Suku Osing punya daya tarik tersendiri bagi para bule luar negeri. Mereka (para bule) bahkan datang ke kampung-kampung untuk melihat dan berkomunikasi dengan Suku Osing.

Nah, pertanyaanya, bagaimana sih cara bule berkomunikasi dengan para penduduk asli Suku Osing? Lihatlah video percakapan bule dan suku osing ini. Kamu pasti bakal tertawa terbahak.

Video yang diunggah oleh Mas Say Laros Banyuwangi ini awalnya biasa saja, tapi setelah seorang nenek dari Suku Osing ini memulai percakapan, semua jadi terbahak-bahak.

“Duwe anu.. Bojo Anak Kowe?” / “Punya anu.. Suami dan anakkah Kamu?” Ujar seorang Nenek Suku Osing

Meski ikut tertawa, bule cewek yang diajak ngobrol sama Suku Osing terlihat kebingungan mendengar perkataan si nenek. Si nenekpun protes dengan si perekam. Si perekam menyahut:

“Ngomongo opo bae kang mriko, ngomongo. Liyane biso ngertos” / “Ngomong aja apapun ke mereka, mereka tahu kok apa yang Kamu omongin,” ujar si perekam

Lalu tiba-tiba seorang bule cowok muncul dengan kamusnya dan mulai membuka percakapan dengan nenek-nenek suku Osing.

“First is, selamat siang,” ujar bule

“Selamat Siang,” Balas para nenek Suku Osing sambil memberikan jempol kepada si bule

Si bule nampak grogi dengan pertanyaan pertamanya, tapi para nenek ini sepertinya geli melihat kegrogian si bule.

Beberapa detik berlalu, kesunyian melanda percakapan mereka. Lalu, si bule pun melemparkan pertanyaan kedua sambil membaca kamusnya.

“Nama saya Frederick,” ujar bule sambil pegang dadanya berharap nenek-nenek Suku Osing bisa mengerti.

Setelah bule bernama Frederick ini selesai berkenalan, nenek-nenek tersebut malah mengganti nama bule dengan sebutan Ferderiki. Duh, kocak banget tingkah si nenek!

“Ferderiki? Oh Ferderiki? Nak Wadon Suki,” balas para nenek Suku Osing

Sontak, suasana makin bikin ketawa. Bukan hanya itu saja, si bule yang berusaha menjelaskan negara asalnya yaitu Prancis malah berubah menjadi Frosis. 

“Oh… Frosis?”

Si bule yang nggak bisa berdebat pun cuma bisa manggut-manggut mendengar si nenek bilang Frosis. Hingga akhirnya seorang nenek berbaju biru pun menyudahi kekonyolan itu dengan bilang:

“Prancis, Prancis!”

Video ini mendapatkan beragam komentar dari netizen

suku osing

Ini komentar di Youtube oleh para netizen. 

***

Para netizen berkomentar positif atas video ini. Hingga saat ini, video percakapan Suku Osing dan bule ini telah ditonton oleh 7,5 ribu pengguna YouTube dan mendapatkan 28 komentar.

Menurut Kamu videonya lucu atau enggak? Sebelum komentar, tonton dulu video di atas.

Baca juga hal menarik soal suku Osing di sini:


Tinggalkan Komentar

Komentar