Ini Filter Instagram yang Paling Banyak Digunakan Untuk Memotret Alam dan Berfoto Selfie

Shabara Wicaksono • June 8, 2016

Instagram dan traveling, kini seperti 2 sejoli tak terpisahkan. Banyak traveler memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk mengunggah foto-foto perjalanannya. Pilihan filter Instagram yang variatif menjadi salah satu faktor.

Anda yang gemar memotret menggunakan smartphone, mungkin sampai hafal di luar kepala filter apa yang bagus untuk digunakan berdasar objek yang diambil, filter untuk foto alam tentu berbeda dengan filter untuk berfoto selfie.

Namun, penasaran kah Anda, filter apa yang paling banyak digunakan di dunia untuk kedua hal tersebut? Berikut data yang kami ambil dari Canva, mengenai penggunaan filter Instagram di dunia:

Filter Instagram untuk foto alam

filter instagram

Infografis oleh designschool canva

‘Valencia’ dengan rata-rata 121 like/post menjadi favorit. Rupanya banyak yang menyukai nuansa’ warm’ yang ditampilkan filter ini. #nofilter atau normal menduduki peringkat ke-2, hal yang tak mengherankan mengingat banyaknya pengguna yang mengusung aliran #nofilter adalah yang terbaik, sebuah foto yang natural tanpa suntingan apapun. Sementara ‘Brooklyn’ yang meningkatkan ‘brightness’ foto alam dan menampilkan foto Anda lebih cerah, menduduki peringkat ke-3.

Contoh penggunaan filter ‘valencia’:

filter instagram

Foto diambil dari sini

 

Filter instagram untuk berfoto selfie

filter instagram

Infografis oleh designschool canva

Nampaknya, masifnya penggunaan #nofilter di kalangan pengguna instagram untuk mempertahankan kebanggaan naturalitas sebuah foto menjadi faktor utama #nofilter atau normal menduduki peringkat pertama yang paling banyak dipakai untuk berfoto selfie. Tentu ini sebuah prestasi bagi ‘normal’ filter atau #nofilter karena di bagian foto alam pun ia menduduki peringkat 2.

‘Normal’ mendapatkan rerata 78 like/post, sebuah tanda yang menunjukan bahwa pengguna Instagram ingin menampilkan diri mereka apa adanya (meski kita tidak tahu sebelumnya mereka telah menyunting foto terlebih dulu sebelum diunggah di Instagram).

 

Filter Instagram paling banyak digunakan orang Indonesia

Masih berdasar sumber yang sama, terdapat infografis yang menunjukkan filter favorit dari masing-masing negara di dunia:

Filter instagram

Infografis oleh designschool canva

‘Clarendon’ menang telak! Di 119 negara termasuk Indonesia, ia menjadi favorit. Sementara pada infografis berikutnya, ‘Juno’ menduduki peringkat ke-2 di Indonesia, dan ‘Gingham’ berada di peringkat ke-3 di Indonesia.

Ini tampilan perbedaan foto ‘normal’ dan foto-foto yang telah terpasang filter Clarendon dan Gingham:

filter instagram

Foto diambil dari sini

Contoh penggunaan filter ‘juno’:

filter instagram

Foto diambil dari sini

***

Jadi, apa filter favorit Anda? Jangan lupa untuk follow phinemo di Instagram, serta gunakan hastag #phinemo di setiap postingan traveling Anda!

Baca juga:


Bosan foto-foto pemandangan doang waktu jalan-jalan? Kamu perlu coba fotografi jenis ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait