Eropa Wajibkan Wisatawan Asing Punya Sertifikat Vaksinasi Yellow Fever

Hati-hati saat ke Eropa! Vaksinasi ini penting untuk kesehatanmu.

Rizqi Y • April 30, 2017

 

vaksin yellow fever

Peringatan untuk Kamu yang berniat ke Eropa. Sumber foto

Eropa adalah salah satu benua yang jadi favorit para traveler. Nggak heran juga, karena Eropa memang punya daya tarik yang luar biasa. Tapi sebelum pergi ke sana, ada beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan. Selain passport dan visa ada juga beberapa negara di Eropa yang butuh surat keterangan tambahan tentang vaksinasi. Melansir dari express.co.uk, sekarang ini buat Kamu yang mau berkunjung atau liburan ke negara tertentu di Eropa harus udah punya surat keterangan vaksinasi Yellow Fever.

Ini dia daftar negara yang mengharuskan Kamu punya surat keterangan vaksinasi 

Nggak semua negara di Eropa mengharuskan Kamu punya surat keterangan vaksinasi Yellow Fever. Ada dua negara yang negara mengharuskan persyaratan ini yaitu Albania dan Malta. Sedangkan beberapa negara lain hanya direkomendasikan untuk mengambil vaksinasi tersebut untuk berjaga-jaga.

Menurut NHS atau National Health Service, sebelum berlibur ke beberapa negara di Eropa Kamu juga sebaiknya mengambil vaksinasi hepatitis A dan Diphtheria. Nah, Kamu bisa lihat dengan lengkap daftar negaranya di bawah ini. 

vaksin yellow fever

Daftar negara Eropa yang mengharuskan vaksinasi Yellow Fever. Sumber foto

Daftar negara yang ditulis dengan warna oranye merupakan negara yang nggak mewajibkan vaksinasi Yellow Fever. Tapi alangkah baiknya Kamu perhatikan hal ini:

  • Ambillah vaksinasi Hepatitis A saat datang ke negara Armenia, Belarus, Bosnia Herzegovina, Bulgaria, Georgia, Kosovo, Montenegro, Macedonia dan Serbia.
  • Saat ke negara Latvia tidak memerlukan hepatitis A tapi suntikan Diphtheria disarankan sebagai gantinya.
  • Usahakan untuk mengambil vaksin Hepatitis A dan tetanus jika Kamu berencana ke Albania, Azerbaijan, Moldova, Rumania dan Turki.
  • Sebelum ke Rusia, ada baiknya juga kalau Kamu melakukan vaksinasi Diphtheria dan Hepatitis A.
  • Jika negara tujuanmu adalah Ukraina, maka setidaknya Kamu melakukan 4 vaksinasi sekaligus yaitu Diphtheria dan Hepatitis A, Poliomielitis dan Tetanus.
  • Karena di Eropa wabah campak sedang marak terjadi, jadi akan lebih baik buat Kamu yang belum pernah mengambil vaksinasi campak untuk segera melakukannya.

Ini yang harus Kamu perhatikan jika ingin melakukan vaksinasi Yellow Fever sebelum berangkat ke Eropa

Peraturan vaksinasi Yellow Fever sebelum memasuki Albania dan Malta ini berlaku untuk Kamu yang sudah berusia lebih dari 9 bulan. Terlebih lagi jika Kamu berasal dari daerah yang rentan menularkan wabah Yellow Fever ini. 

Transit di negara yang berpotensi menularkan Yellow Fever selama lebih dari 12 jam juga menghasrukan Kamu untuk mengambil vaksinasi. Meskipun sebetulnya Kamu berasal dari daerah yang sudah aman dari wabah tersebut. 

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 9 bulan akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jika bayi tersebut mengindikasikan adanya potensi penularan Yellow Fever, maka bayi tersebut harus dikenai isolasi. 

Untuk Kamu yang nggak punya sertifikat atau surat keterangan telah melakukan vaksinasi sesuai yang diminta, maka Kamu tidak akan boleh masuk ke negara Eropa yang Kamu tuju. Jadi pastikan Kamu perhatikan daftar negara mana yang mewajibkan Kamu punya surat keterangan vaksinasi tersebut ya gais.

***

Meski Kamu merasa sehat dan baik-baik saja, alangkah baiknya periksakan dulu kondisi tubuhmu sebelum berangkat ke Eropa. Sebab jika ternyata imun tubuhmu sedang nggak bagus, bukan tidak mungkin Kamu lebih rentan kena penyakit. Lakukan juga berbagai vaksinasi yangmemang disarankan oleh pihak Eropa. Sebab ini pasti dianjurkan karena memang untuk keselamatanmu juga. 

Baca juga artikel menarik lainnya di sini;