DSLR Cinematography Indonesia, Komunitas Kece Buat Kamu yang Suka Bikin Video Perjalanan

Gabung gih, biar makin jago bikin video perjalanan!

Rizqi Y • June 9, 2017

Belajarlah selagi bisa, apalagi kalau itu untuk mendukung hobi jalan-jalanmu. 

Ikut dalam wadah komunitas emang bisa bikin ilmu, pengetahuan dan juga kenalan Kamu makin banyak. Tapi kadang Kamu malah bingung mau gabung di komunitas yang mana karena saking banyaknya komunitas. Mending sebelum memutuskan untuk join di salah satu komunitas, Kamu pahami dulu minat atau bakat Kamu ada di mana.

Misalnya nih, kalau Kamu emang suka sama sinematrografi atau suka bikin video perjalanan, Kamu bisa banget gabung di komunitas DSLR Cinematography Indonesia atau lebih dikenal DCI. MAsih belum paham DCI itu apa? 

DSLR Cinematography Indonesia (DCI) adalah komunitas untuk Kamu yang suka dengan dunia perfilman atau hobi bikin video perjalanan

DSLR Cinematography Indonesia

Sebagian kecil anggota DCI. Sumber foto

DCI sebetulnya merupakan sebuah komunitas yang didirikan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan tentu saja lapangan pekerjaan seputar dunia HDSLR, Perfilman, advertising dan Production House. Dengan mengusung tagline “Keep sharing, keep learning and keep growing”, harapannya setiap anggota dalam komunitas ini selalu bisa berbagi ilmu tentang sinematografi kepada semua orang. 

Jadi, nantinya semua angota dari komunitas ini bisa saling belajar, mengembangkan diri dan juga bisa tumbuh bersama. 

Buat Kamu yang memang tertarik dengan dunia sinematografi bisa banget kok gabung di komunitas ini. Apalagi kalau Kamu punya hobi jalan-jalan sambil bikin video perjalanan, ilmu dari komunitas ini bakal penting banget buat Kamu pastinya. 

Yang perlu Kamu tahu, DCI ini banyak dikenal sebagai komunitas. Tapi bagi DCI sendiri, mereka lebih suka melabeli diri dengan “Keluarga Besar”

DSLR Cinematography Indonesia

Kopdar DCI area Surabaya. Sumber foto

Meski bertajuk komunitas, sebetulnya DCI lebih senang melabeli diri sebagai sebuah “keluarga”.

Sebetulnya DCI itu nggak suka di bilang sebagai komunitas. Kami lebih suka disebut sebagai keluarga besar. Karena sebuah komunitas biasanya pasti ada ketua dan susunan organisasi yg lain. Dan mereka mengenal itu yg namanya senior dan junior. Nah di DCI, semua sama. Nggak ada yg senior atau junior. Nggak ada yg pinter nggak ada yang bodoh, nggak ada yang tua dan nggak ada yang anak bawang.

Setidaknya begitu yang dibilang Om Benny, salah satu anggota aktif di DCI. 

Jadi kalau Kamu pengen gabung di komunitas ini, nggak usah ngerasa ragu dan minder. Karena nggak akan ada yang namanya pemisahan anggota lama dan baru, apalagi senioritas. Semua anggota adalah bagian dari satu keluarga besar untuk saling berbagi ilmu, pengetahuan dan informasi.

Tertarik gabung di komunitas DCI? Caranya gampang banget kok!

DSLR Cinematography Indonesia

Sesi belajar bersama DCI. Sumber foto

Untuk bisa gabung menjadi anggota keluarga besar DCI, Kamu cuma perlu gabung dulu di grup facebook DSLR Cinematography Indonesia. Kalau sudah di setujui oleh admin, Kamu berarti sudah dijinkan masuk dalam keluarga besar DCI ini. Saat ini sih anggota dari grup DCI ini sudah hampir mecapai 57ribu.

Dari sekian banyak anggota, mereka nggak cuma berasal dari kota besar aja. Tapi ada juga dari daerah perbatasan, kayak misalnya Kota Baturaja di perbatasan Lampung Sumsel, Lubuk Linggau, Muaraenim, Singkawang, atau Sambas.

Bahkan ada juga anggota yang saat ini lagi di luar negeri kayak di Jepang, Korea, China, Hongkong, Jerman, Rusia, dan Saudi. Masih mikir buat gabung?

Meski nggak ada senioritas, sebagai anggota DCI Kamu juga harus paham aturan yang berlaku di komunitas ini. Misalnya Kamu nggak boleh memposting sesuatu yang berbau jualan atau marketing, SARA ataupun politik. Ini supaya grup DCI tetap kondusif dan bersih. Jadi makin enak buat sharing ilmu dan pengalaman. 

Untuk tahu aturan lengkap anggota DCI, Kamu bisa cek di sini ya gais!

Ada banyak kegiatan yang bisa Kamu ikuti selama gabung di komunitas DCI, salah satunya workshop tentang sinematografi

DSLR Cinematography Indonesia

Salah satu kegitana workshop DCI. Sumber foto

Biasanya nih yang namanya komunitas nggak jauh-jauh dari kopdar. Tapi beda hal sama komunitas DCI ini. Karena anggotanya tersebar di seluruh Indonesia, yang notabene punya tradisi dan budaya yang beda jadi susah kalau mau bikin kodar. 

“Kopdar itu akan susah sekali dilaksanakan, karena membernya tersebar kan. Dan masing-masing daerah atau kota, itu beda2 budayanya. Jogja itu dulu setiap bulan ngumpul dengan judul acara NGOPI atau Ngobrolin Pilm. Bogor suka ngumpul, Makassar juga kadang ngumpul,” ujar Om Benny.

Sebagai gantinya, DCI sering bikin workshop tentang sinematrografi. Di beberapa kota bahkan ada temen-temen DCI yang siap berbagi ilmu. Kayak Om Fitrah di Surabaya, Om Ario Faisal di Bogor, atau Om Sutiknyo Goenrock yang hobi traveling dan bikin video YouTube. 

Enaknya lagi kalau Kamu mau jalan-jalan ke luar daerah atau luar negeri, anggota DCI siap banget lho buat bantuin Kamu

“Kalo misalnya ada anak dari Jakarta mau ke Papua Manokwari atau Aceh misalnya, tinggal bilang aja. terus nanti saya terusin ke anak-anak yang ada di sana. Mereka akan dengan senang hati membantu,” tutur Om Benny siang itu pada Tim Phinemo. 

Udah bisa dapet banyak ilmu, banyak kenalan, Kamu juga bakal dibantu kalau lagi jalan-jalan. Seru banget kan? Berasa jadi punya saudara di mana-mana deh jadinya!

***

Gabung di salah satu komunitas emang punya banyak keuntungan. Kalau di DCI sendiri, Kamu bisa mengembangkan kemampuanmu bikin video. Siapa tahu nih Kamu bisa jadi travel vloger kece. ditambah lagi dapat banyak kenalan, kali aja dari sekian banyak anggota ada yang nyantol jadi jodohmu. Hehe…

 

Baca juga: