Cara Memilih Jasa Opentrip Pendakian yang Terpercaya

Karena salah memilih jasa opentrip pendakian, sama aja kayak Kamu lagi setor nama ke Malaikat Izrail!

Rizqi Y • May 15, 2017

Nggak lama sejak film 5 cm meluncur, gunung mendadak jadi lahan bermain baru. Bukan cuma buat anak muda aja nih, tapi juga mereka-mereka yang udah berumur. Dari situ, mulailah gunung ramai dan banyak jasa opentrip pendakian dibuka. 

Ngomong-ngomong soal jasa opentrip pendakian, ternyata nggak semuanya itu bagus dan berkualitas lho. Nah sekali salah pilih jasa opentrip, bisa jadi Kamu justru lagi setor nama ke Malaikat Izrail. Huh, ngeri banget kan? Makanya pastikan Kamu perhatikan hal-hal ini supaya bisa milih jasa opentrip yang nggak abal-abal.

Jasa opentrip yang terpercaya itu punya kriteria kayak  gimana sih?

cara memilih jasa opentrip pendakian

Perhatikan apakah opentrip yang Kamu pilih terpercaya atau abal-abal. Sumber foto

1. Track record-nya bagus yang pasti

Yang ini jelas dong ya, kalau dilihat dari review trip sebelumnya aja udah nggak bagus, bisa dipastikan nih jasa opentrip itu juga nggak bagus. Jadi ya ada baiknya Kamu hindari opentrip yang kayak gini. 

2. Pemandu pendakian bukan sembarang orang, tapi emang yang udah pengalaman

Pemandu itu punya peran penting banget selama proses pendakian. Kalau si pemandu udah ahli dalam pendakian, dia juga pasti bisa diandalkan saat mendampingi peserta opentrip.

Pemandu yang berpengalaman biasanya udah sering naik gunung dan punya jam terbang tinggi.  Dia juga udah terbiasa bawa rombongan, dan bisa jadi pemimpin juga selama pendakian. 

3. Selalu kasih harga yang logis, nggak terlalu mahal ataupun terlalu murah

Opentrip juga sebuah usaha yang dilakukan seseorang untuk bisa mendapat keuntungan dari penjualan jasa. Jadi mereka juga pasti bakal patok harga tertentu buat para pendaki. 

Opentrip yang terlalu mahal patut dicurigai tuh, jangan-jangan mereka cuma mau ambil keuntungan yang nggak wajar dari peserta. Apalagi kalau fasilitas yang didapat nggak sepadan. Tapi kalau harga yang dipatok terlalu murah juga bahaya. Jangan-jangan mereka cuma penipu yang mengambil keuntungan dari kelalaian calon peserta opentrip. 

4. Punya kantor atau paling nggak basecamp tetap

Kalau ada penyedia jasa opentrip yang ketika ditanya di mana basecamp atau kantornya tapi ternyata nggak punya, berhati-hatilah! Meski yang dijual cuma jasa opentrip pendakian, harusnya mereka punya basecamp tetap untuk bisa dicek langsung oleh para calon pendaki.  

5. Berani kasih asuransi ke peserta opentrip

Penyedia jasa opentrip yang terpercaya pasti bakal kasih Kamu asuransi. Ini supaya Kamu tetap terlindungi kalau sewaktu-waktu ada musibah saat di pendakian. Artinya mereka tanggung jawab, nggak lepas tangan gitu aja kalau ada apa-apa sama Kamu. 

Yang mau naik ke Fatuleu mungkin bisa tonton dulu, Video Mengerikan Pemandu Cilik Gunung Fatuleu, NTT yang Gemparkan Media Sosial

Nah, kalau sudah tahu kriteria jasa opentrip yang terpercaya, apa yang harus Kamu lakukan?

cara memilih jasa opentrip pendakian

Lakukan cek dan ricek sebelum Kamu memilih jasa opentrip. Sumber foto

Meski pihak jasa opentrip udah kasih tahu Kamu kalau mereka punya kriteria di atas, tapi Kamu nggak boleh gitu aja percaya gengs! Tetap lakukan hal-hal ini:

1. Cek dan ricek lagi review opentrip yang Kamu pilih

Cari tahu info sebanyak-banyaknya soal jasa opentrip dengan melihat review di sosial media, website atau blog mereka. Tanyakan juga pada teman-temanmu yang mungkin udah pernah pake jasa opentrip tersebut. 

Kalau dari semua review yang Kamu cek hasilnnya bagus, baru deh Kamu boleh percaya dengan opentrip itu. 

2. Bertanyalah tentang kualifikasi pemandu yang akan mendampingi kelompokmu

Nggak ada salahnya Kamu tanya-tanya nih soal pemandu Kamu. Apa dia udah sering naik gunung, terutama dalam rombongan. Tanya juga rekam jejak dia selama jadi pemandu, apa pernah ada catatan buruk. Atau kalau ada mintalah sertifikat si pemandu, biar Kamu lebih yakin.

Yang pasti, pemandu yang berkualitas bisa mengoordinir semua peserta dengan baik. 

3. Mengecek harga dari satu opentrip ke opentrip yang lain

Karena harga menentukan apakah jasa opentrip yang Kamu pilih bagus atau nggak, makanya Kamu perlu banget mengecek dan membandingkan harga. Makin banyak perbandingan, justru makin bagus. 

Kamu jadi tahu, rate harga mana yang tergolong normal dan abnormal.

4. Ketahui fasilitas apa yang harusnya Kamu dapatkan dari jasa opentrip

Dari jumlah uang yang akan Kamu bayarkan, cari tahu fasilitas apa saja yang bakal Kamu dapat. Apakah sudah termasuk tiket masuk area pendakian, biaya makan, logistik alat dan asuransi.

Catat ya gais, pastikan selalu buat Kamu milih jasa opentrip yang ada asuransinya!

5. Datanglah langsung ke kantor atau basecamp opentrip

Jangan percaya gitu aja sama jasa opentrip. Gebetan aja sering bohong, apalagi jasa opentrip. Mintalah alamat dan cek langsung ke kantor mereka. Cari tahu apakah opentrip yang Kamu pilih ini abal-abal atau memang bagian dari usaha resmi yang berijin. 

6. Buat surat perjanjian ketika sudah deal memilih jasa opentrip

Meski pihak penyedia jasa opentrip sudah bersedia memberikan asuransi dan pelayanan selama pendakian, nggak ada salahnya untuk buat surat perjanjian hitam di atas putih. Artinya perjanjian tertulis antara dua pihak yang ditandatangani di atas materai. 

Buat kesepakatan yang nggak merugikan dan bisa menguntungkan kedua belah pihak. Ini juga menjaga supaya pemandu nantinya nggak bertindak semaunya. 

***

Ikut dalam jasa opentrip pendakian nggak selamanya aman dan menyenangkan. Apalagi kalau dari awal Kamu udah salah milih opentrip, duh bsia-bisa Kamu malah bahaya. Efek paling buruknya, Kamu bisa aja lagi setor nama ke Malaikat Izrail. Kamu nggak mau kan meninggal di gunung? Makanya perhatikan hal di atas dengan benar. Jangan sampai salah memilih yang akhirnya cuma menyesal. 

Sekadar menambah wawasan nggak masalah kan? Coba deh cari tahu Gimana Cara Jasa Raharja Melindungi Perjalanan Kamu , siap tahu ini penting buat Kamu suatu hari.