Catat! Begini Cara Membuat Itinerary Perjalanan

Echi • October 6, 2016

Mengapa kamu perlu membuat itinerary? Itinerary akan membuat perjalananmu memiliki tujuan, rencana anggaran, dan daftar kegiatan yang jelas. Kamu hanya perlu melakukan kegiatan sesuai dengan itinerary yang telah kamu buat. Lalu, bagaimanakah cara membuat itinerary yang baik dalam perjalananmu? Simak tips di bawah ini.

1. Tentukan destinasi kota, pulau, atau negara yang akan kamu tuju

membuat itinerary

Manakah tujuan destinasimu selanjutnya? Foto berasal dari mashable.com

Nah, setelah menentukan kota, pulau, atau negara yang kamu tuju, pilihlah destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Kemudian tentukan berapa lama kamu akan singgah di sana. Bisa tiga hari, seminggu, atau sebulan.

2. Lalu, perbanyaklah membaca travel web atau travel blog yang berkaitan dengan destinasi tujuanmu

membuat itinerary

Buku itu jendela pengetahuan. Foto berasal dari sini

Tidak cukup hanya satu atau dua travel blog yang kamu singgahi. Semakin banyak info yang kamu dapat akan lebih baik. Oya, jangan lupa eksplor Phinemo.com ya.

Dari travel web dan travel blog tersebut, kamu bisa menyaring destinasi mana yang akhirnya kamu pilih. Susunlah daftar tempat yang kamu tuju lengkap dengan bagaimana cara menuju ke sana. Jangan lupa tulis jam buka atau tutupnya.

3. Setelah itu, carilah tempat penginapan yang sesuai dengan budgetmu. Bandingkan dengan berbagai aplikasi pemesanan online

Perkara memilih penginapan bukanlah hal yang mudah. Carilah penginapan yang berlokasi strategis. Misalnya berada di pusat kota dan dekat dengan stasiun atau bandara.

Kalau ingin lebih hemat, pilih penginapan yang menyediakan sarapan dengan biaya yang murah. Bandingkan harga dengan berbagai aplikasi pemesanan online. Biasanya, setiap aplikasi booking online menawarkan harga yang berbeda.

4. Tentukan ingin makan apa dan di mana. Jangan lewatkan cicipi makanan khas setempat

membuat itinerary

Pilih hotel yang nyaman. Foto berasal dari cosmos-hotel-paris.com

Perhatikan ketersediaan warung makan di sekitar penginapan. Jangan sampai kamu kelaparan. Yang tidak boleh dilewatkan, carilah beberapa tempat kuliner khas destinasi tujuanmu.

5. Perhatikan juga transportasi yang akan digunakan selama di sana. Naik transportasi umumkah atau sewa?

membuat itinerary

Sewa motor bisa menghemat biaya transportasi. Foto berasal dari sini

Kamu juga harus mempertimbangkan transportasi yang akan kamu gunakan selama traveling. Apakah kamu harus naik pesawat, bus, kapal, kereta, ojek, atau sewa motor. Disinilah pentingnya mencari banyak info seputar destinasi tujuanmu.

Jika harus naik transportasi public, perkirakan jadwal keberangkatan. Tidak semua kendaraan umum beroperasi setiap waktu.

6. Jika materi sudah lengkap, buatlah jadwal perjalanan. Sesuaikan dengan kekuatan fisikmu juga ya!

membuat itinerary

Kamu bisa gunakan template ini untuk membuat itinerary. Foto berasal dari sini

Catatlah semua hal yang akan kamu lakukan dalam bentuk soft file dan hard file. Tuliskan pula estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Simpanlah catatan soft file mu dalam google drive atau email. Hard file bisa kamu simpan pada tempat yang mudah di jangkau. Dengan demikian kamu tidak akan kebingungan ketika salah satu catatnmu tidak bisa dibuka.

7. Hitunglah total budget yang kamu butuhkan

membuat itinerary

Bung.. nabung.. nabung buat traveling. Foto berasal dari sini.

Dari beberapa poin di atas, kamu sudah bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu butuhkan untuk perjalanan kali ini. Yang harus di-garis bawahi, sesuaikan pengeluaran dengan standar hidup di destinasi tersebut. Misalnya untuk masalah makan, harga satu porsi mie ayam di Makasar tentu tidak sama dengan harga mie ayam di Semarang. Bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal.

***

Sisihkan beberapa rupiah sebagai budget cadangan. Siapa tahu kamu membutuhkannya saat datang hal-hal tak terduga. Jadi, misalnya, hari pertama akan menginap di mana, naik apa, pergi ke mana, makan di mana, berapa estimasi waktunya, dan berapa budget yang dikeluarkan. Semoga tips ini bermanfaat.


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait