Istilah Dunia Backpacking yang Perlu Dipahami Backpacker Pemula

Itchy feet [n] merupakan sebuah idiom yang diartikan sebagai suatu perasaan tak sabar ingin segera traveling ke dunia luar.

Echi • October 4, 2016

Pernah membaca istilah dormitory? Kalau kamu sering mencari penginapan di aplikasi booking hotel, istilah dormitory pasti sudah tidak asing lagi. Secara harfiah, dormitory diartikan sebagai kamar besar yang terdiri dari banyak tempat tidur. Biasanya istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan asrama sekolah.

Tapi, dalam dunia backpacker, dormitory berarti kamar besar yang diisi banyak tempat tidur tanpa fasilitas kamar mandi pribadi di dalamnya. Terkadang, kamu bisa menemukan kutu busuk di atas kasur. Lihatlah gambar berikut, beginilah wujud dormitory room

istilah backpacker

Bunk bed yang tertata rapi. Foto berasal dari abey court

Selain dormitory, ada beberapa istilah lain yang sebaiknya dipahami seorang backpacker.

Sevel a.k.a 7 eleven [n]

Surganya para backpacker. Semua hal yang kamu butuhkan ada di sana.

Border run [n]

Berarti melakukan perjalanan keluar dari negara yang kamu kunjungi untuk mendapatkan visa agar bisa tinggal lebih lama. Biasanya waktu untuk melakukannya relatif lebih singkat.

Sebagai contoh, misalnya waktu visa kunjunganmu di Korea Selatan sudah habis, padahal kamu ingin lebih lama stay di sana. Nah, saat itulah kamu bisa melakukan “border run”. Kunjungi negara terdekat di Korea Selatan dalam waktu singkat. Fungsinya hanya untuk mendapatkan stempel izin masuk ke negara lain saja. Setelahnya, kamu bisa masuk kembali ke Korea Selatan dengan perpanjangan waktu yang diberikan petugas imigrasi.

Baca: Istilah-istilah Dalam Dunia Backpacking yang Harus Anda Pahami

English Breakfast [n]

Sarapan khas warga Inggris yang menghidangkan banyak kalori. Terdiri dari orak-arik telur, bacon, sosis, ditambah kopi atau teh.

Haggling [v]

Tawar menawar untuk mendapatkan harga yang murah. Sebagai seorang backpacker sejati, kamu harus pandai haggling biaya sehari-hari.

Baca: 20 Istilah di Dunia Penerbangan yang Harus Anda Pahami

Itchy feet [n]

Sebuah idiom yang diartikan sebagai suatu perasaan tak sabar ingin segera traveling ke dunia luar.

Overnight train / bus [n]

Perjalanan menggunakan kereta api atau bus selama satu hari penuh. Biasanya berangkat pada malam hari, kemudian tiba di pagi hari. Overnight train / bus berarti juga bisa hemat biaya penginapan.

Baca: Cara Pengucapan yang Benar Beberapa Istilah Dalam Traveling

Party hostel [n]

Hostel yang tidak pernah sepi kegiatan. Penghuninya berusia 18 – 40 tahun. Selalu menikmati hingar bingar dunia malam, musik, ragam permaianan. Hostel ini kurang cocok bagi kamu yang kurang suka kehidupan malam dan berisik.

Scams [n]

Artinya tindakan penipuan untuk mendapatkan uang lebih. Hampir setiap traveler pasti pernah mengalaminya. Bahkan, membayar biaya becak yang terlalu mahal pun bisa dimasukan dalam kategori scam.

Baca: 31 Istilah yang Harus Diketahui Biar Kamu Nggak Bingung Waktu Naik Pesawat

Tout [v]

Kamu sering menjumpai aktifitas ini disepanjang jalan. Bahkan di tempat tak terduga sekali pun. Orang-orang akan berdiri menawarkan barang dagangannya. Terkadang tindakannya sedikit memaksa, sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman.

***

Pelajarilah istilah-istilah backpacker di atas dan terapkan dalam karirmu sebagai backpacker. Memang tidak keluar di ujian nasional, tapi sangat kamu butuhkan saat backpacking khususnya ke luar negeri.


Tinggalkan Komentar

Komentar