9 Berkah Ramadhan yang Bikin Backpacking-mu Makin Hemat!

Jadi, sudah siap nenteng ransel saat puasa?

Rizqi Y • June 2, 2017

Ramadhan, datang dengan membawa seribu berkah dan pergi dengan membawa sejuta rasa susah

Ramadhan selalu datang dengan sejuta berkah untuk semua orang, termasuk juga buat para backapcker. Hah, kok bisa? Ya bisalah, tanpa disadari banyak banget berkah di bulan ramadhan yang bisa bikin para backpacker menghemat budget mereka buat jalan-jalan.

Misalnya nih,

#1 Banyak diskon penginapan selama bulan ramadhan, jadi bisa menghemat budget buat perjalanan

berkah ramadhan untuk backpacker

Ada banyak diskon hotel saat bulan puasa. Sumber foto

Biasanya para backpacker harus menghemat uang sedemikian sampai harus milih penginapan yang super murah. Nah berhubung ramadhan datang, banyak banget nih hotel dan penginapan yang kasih diskon khusus selama bulan puasa ini.

Perang diskon antar hotel juga menggurkan banget, bahkan ada juga yang menambahkan beberapa fasilitas tambahan, seperti gratis makan buka, takjil atau sahur. Ada juga yang kasih fasilitas antar jemput di bandara selama bulan puasa. Enak kan?

#2 Hotel nggak cuma kasih diskon buat sewa kamar, tapi juga kasih paket buka puasa dengan harga yang miring banget dan Kamu udah bisa makan sepuasnya

berkah ramadhan untuk backpacker

Ada juga promo All You Can Eat. Sumber foto

Udah nggak heran kalau selama bulan puasa banyak banget hotel yang perang harga buat kasih paket buka puasa murah meriah. Dan dengan harga murah ini Kamu udah bisa makan apa aja sepuasnya, istilah kerennya sih All You Can Eat. Jadi nggak pusing-pusing cari makan murah di luar hotel. 

#3 Banyak masjid yang kasih takjil gratis buat siapapun, jadi Kamu nggak perlu beli makanan buat batalin puasa

berkah ramadhan untuk backpacker

Banyak masjid yang kasih takjil gratis buat para pejalan. Sumber foto

Banyak banget masjid yang kasih takjil gratis buat siapapun yang datang ke masjid tersebut. Jenis takjil yang disajikan juga bermacam, biasanya sih makanan manis kayak kolak, es buah atau puding. Kan lumayan banget tuh, backpacking selagi lebaran bisa hemat biaya buat beli cemilan. 

#4 Nggak jarang kok ada juga masjid yang menyediakan makanan berat, mulai dari nasi lengkap dengan lauk-pauknya

berkah ramadhan untuk backpacker

Nggak jarang ada juga masjid yang kasih makan berat. Sumber foto

Karena ramadhan identik dengan berbagi dan sedekah, maka banyak juga nih jamaah masjid yang menyediakan makanan berat untuk para musafir atau juga jemaah masjid yang datang. Misalnya di Masjid Agung Al-Falah Jambi, setiap harinya disedikana takjil dan juga makan berat untuk para jamaah. Atau juga Masjid Istiqlal yang tiap harinya nggak kurang dari 3.000 porsi makanan disediakan.

Tuh, ternyata bulan puasa juga membawa berkah buat para backpacker kan? Jadi bisa hemat budget buat makan.

#5 Ada juga promo diskon tiket dari berbagai aplikasi pesan tiket online, jadi biaya buat jalan-jalan juga makin irit

berkah ramadhan untuk backpacker

Sampai tiket pesawat pun ada diskonnya lho. Sumber foto

Beberapa aplikasi pesan tiket online juga kasih diskon lho gais! Lumayan banget buat Kamu yang pengen jalan-jalan di bulan puasa. Diskon khusus menyambut bulan suci ramadhan ini bisa dinikmati siapa aja kok, nggak terbatas apakah Kamu merayakan ramadhan atau nggak.

#6 Banyak supermarket dan minimarket yang juga nggak mau kalah dengan bagi-bagi diskon, belanja logistik buat backpacker-an jadi makin hemat deh

berkah ramadhan untuk backpacker

Belanja logitsik dan keperluan perjalanan jadi makin hemat. Sumber foto

Coba deh Kamu perhatiin, setiap kali ramadhan datang, tiap supermarket dan minimarket pasti langsung kasih banyak diskon. Mulai dari diskon untuk bahan makanan, baju sampai berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Cocok banget nih buat Kamu yang mau belanja logistik buat keperluan backpacking-mu. Walaupun diskon nggak seberapa tapi kalau belanjanya banyak tetep aja kerasa. Mau banyak sedikit, disyukuri aja gais biar ditambah lagi diskonnya. Hehe.. 

#7 Kendaraan umum berbasis online juga sering kasih diskon atau bagi-bagi voucher selama ramadhan, backpacking jadi makin asyik dan irit pastinya

berkah ramadhan untuk backpacker

Transposrtasi online sering juga nih aksih promo pas puasa. Sumber foto

Beruntunglah Kamu kalau sedang jalan-jalan di kota besar. Karena biasanya di sini banyak kendaraan berbasis online yang jug akasih banyak diskon. Kadang mereka juga kasih voucher cuma-cuma. Misalnya voucher sekian rupiah yang bisa digunakan untuk pesan layanan mereka. Kan lumayan banget, jalan-jalan di kota jadi nggak capek dan lebh hemat biaya pastinya. 

#8 Backpacking ke kawasan desa atau kampung justru bikin jalan-jalanmu makin irit, tahu alasannya kenapa?

berkah ramadhan untuk backpacker

Backpacking ke kampung bakal lebih hemat lagi. Sumber foto

Karena orang-orang di desa cenderung senang menjamu tamu yang sedang berpuasa. Mereka akan dengan senang hati berbagi makanan dan minuman yang mereka punya. Bagi orang-orang desa, hal kayak gini dianggap sebagai bentuk sedekah paling gampang dan bermanfaat buat sesama. 

Jadi masih ragu untuk jalan-jalan ke perkampungan selama bulan puasa?

#9 Bulan puasa sendiri berkah luar biasa, Kamu nggak perlu makan dan minum di siang hari. Jadi, jelas kan kalau perjalanan Kamu bakal super hemat! Hehe…

berkah ramadhan untuk backpacker

Intinya, harus tetap puasa meski sedang backpacking, biar makin berkah. Sumber foto

Ini klise, tapi emang bener. Coba bayangin, kalau Kamu pergi jalan-jalan di bulan biasa paling nggak harus sarapan makan siang dan makan malam. Belum lagi nih harus beli banyak cemilan buat di jalan, atau paling nggak beli makanan yang Kamu pengen selama di perjalanan. 

Dengan puasa, kita diajari untuk menahan nafsu makan dan minum di siang hari. Kan jadi lebih hemat tuh gais, kalau buka bisa ikut di masjid. Duh, enak banget kan? Hehe…

Makanya, berpuasalah dan jalan-jalanlah. Biar makin terasa berkahnya. 

***

Nah, itu tadi beberapa berkah ramadhan yang nggak disadari bisa bikin budget backpacking makin hemat. Selain keuntungan ini, ada banyak manfaat yang bakal Kamu dapat saat jalan-jalan di bulan puasa. Misalnya, Kamu bisa kenal lebih dekat dengan budaya islam yang ada di destinasi tujuanmu. Kamu juga bisa menambah banyak saudara dengan shalat bersama dengan umat muslim lokal. 

Pokoknya, ramadhan itu selalu penuh dengan berkah!

Baca juga: