“Belfie”, Tren Foto Selfie yang Tak Layak Kamu Tiru!

Masih berani coba belfie?

Rizqi Y • May 3, 2017

Ingin jadi traveler hits boleh, tapi dengan cara yang baik pastinya. 

Setiap orang -termasuk Kamu- pasti pengen punya foto perjalanan yang unik. Dan nggak salah juga kalau misalkan banyak orang yang cari ide kreatif biar fotonya kelihatan lebih cantik dan beda dari yang lain. Sayangnya nih, nggak semua ide kreatif itu sebetulnya “bagus” dan layak ditiru.

Kayak tradisi swafoto nyeleneh yang lagi marak banget di sosial media. Istilah kerennya “belfie”, yaitu pengambilan foto yang menunjukkan bagian pantat dengan background destinasi wisata. Emang tradisi belfie ini belum sampai ke Indonesia. Pengennya sih jangan ya, secara kan ini nggak sopan banget. Dan bahkan bertentangan sama tradisi ketimuran yang dianut Indonesia.

Tradisi belfie ini sendiri sebetulnya memang baru marak di negara barat

tradisi belfie

Aksi belfeo yang dilakukan di beberapa destinasi wisata. Sumber foto

Berfoto dengan memamerkan pantat di destinasi wisata memang baru marak terjadi di negara barat. Melansir dari Detik.com, beberapa wisatawan yang kerap melakukan aksi nyeleneh ini berasal dari Inggris, Perancis, dan Brasil. 

Tapi di era yang serba sosial media ini, bukan jadi hal yang nggak mungkin kalau tren kayak gini bisa cepat sampai di Indonesia dan langsung ditiru mentah-mentah. Parahnya lagi buat para kaum milenial yang begitu menjunjung sosial media sebagai tolak ukur kesuksesan mereka meraih gelar anak muda hits.

Persebaran tren di sosial media memang bisa sangat cepat. Belum lama misalnya demam “om telolet om” yang tadinya cuma ada di Indonesia entah gimana jadi tersebar ke negara barat, bahkan para artis tenar pun ikut meramaikannya. Atau contoh kasus lain tren PPAP (Pen Pineapple Apple Pen) dan Mannequin Challenge yang juga tiba-tiba meledak di kaum sosmed Indonesia.

 Traveler cerdas harusnya sih jangan sampai meniru tren kekinian yang sedang marak ini

tradisi belfie

Jangan sekali-kali meniru gaya foto belfie ini ya gais. Sumber foto

Salah satu akun instagram yang khusus mengunggah foto-foto traveling dengan gaya belfie ini adalah Cheeky Exploits. Mayoritas foto yang diupload memang foto traveling di berbagai destinasi wisata, seperti pantai, danau, gunung, air terjun, perkotaan, hingga di taman-taman. 

Akan jadi catatan penting buat para traveler Indonesia supaya nggak meniru tren ini. Ya, meskipun Kamu sedang ada di luar negeri yang notabene tren kayak gini nggak jadi masalah. Selain emang bisa bikin citra traveler jelek, ini juga bertentangan sama tradisi yang dianut Indonesia. Di barat mungkin tren semcam ini sah-sah aja. Tapi ketika tren belfie di bawa ke timur, kayak Indonesia misalnya tentu bakal jadi cerita yang beda.

Budaya timur cenderung lebih sopan dan menghormati. Mungkin kalau Kamu berfoto belfie di destinasi Indonesia, Kamu bakal dibully karena itu bisa jadi dianggap sebuah penghinaan. Bisa penghinaan bagi destinasi wisata yang Kamu datangi atau juga penghinaan bagi golongan tertentu. 

Menjadi traveler dan pengguna sosial media yang bijak, itu baru hits!

tradisi belfie

Foto kayak gini bagus dan sopan, Kamu pilih foto gini apa belfie? Foto oleh Muhammads’ amien

Suka jalan-jalan dan suka posting foto perjalanan di sosial media itu sah dan nggak salah. Apalagi kalau dari foto perjalananmu justru bisa menginspirasi orang lain untuk bisa jalan-jalan juga. Nah, akan lebih bijak kalau selama menggunakan sosial media ini, Kamu saring betul foto yang ingin Kamu unggah.

Misalnya nih, untuk foto perjalanan yang sekiranya kurang sopan kayak tren foto belfie ini, harusnya nggak perlu diunggah di sosial media. Malah kalau bisa jangan pernah ditiru untuk dilakukan. Atau juga foto-foto yang mengandung unsur pronografi dankekerasan, ada baiknya juga untuk nggak diunggah.

Karena setiap foto perjalanan yang Kamu unggah akan dilihat oleh orang lain, maka mengunggah foto yang mendidik danmenginspirasi itu jadi poin penting. Jadilah “tren” dengan cara yang baik dan sopan. Tanpa harus membawa-bawa tradisi yang kurang cocok dan nggak pas di Indonesia. Tapi jadilah “tren” positif yang mendidik dan layak ditiru oleh anak muda.

Begitu juga anak muda para kaum milenial yang selalu ingin jadi anak hits. Foto hits adalah foto yang bisa jadi tren, dan itu bernilai positif. Apa gunanya juga kan kalau foto Kamu jadi ramai di sosmed tapi dibully, kan nggak keren tuh! Jadi lebih baik jangan pernah tiru tren belfie ini ya gais.

***

Nggak semua yang menjadi tren itu keren dan baik buat ditiru. Kamu harus jadi traveler milenial dan pengguna sosial media yang bijak. Pastikan untuk nggak meniru hal-hal yang nggak baik dan nggak ada nilai mendidiknya. Soal belfie ini, paling nggak Kamu tahu soal ini sebagai pengetahuan aja. Jangan sampai ditiru, apalagi sampai diunggah di sosmed. Pokoknya jangan!

Baca juga:


Tinggalkan Komentar

Komentar