Daripada Jajan Saat Naik Kereta Api Jarak Jauh, Mending Kamu Bawa 8 Bekal Makanan Ini

Echi • June 21, 2016

Lebih memilih naik kereta api atau naik bus ekonomi? Kalau saya lebih suka naik kereta api. Apalagi saat menempuh perjalanan panjang berjam-jam, kereta api lebih nyaman. Tanpa macet, tanpa polusi udara, dan bebas pengamen. Selain itu, akurasi waktu yang tepat membuat perjalanan sesuai jadwal.

Meski menempuh perjalanan panjang, kita tidak perlu merisaukan keadaan perut. PT KAI telah menyediakan RESKA (Restoran Kereta Api) di mana kita bisa memesan makanan saat di tengah-tengah perjalanan. Menu yang ditawarkan pun variatif. Nasi goreng, nasi rames, telor mata sapi, pop mie, dan bermacam minuman dengan harga yang cukup mahal.

Tapi, jika kamu ingin mencicipi nasi goreng alas RESKA, kamu harus menyiapkan uang sebesar 20.000 hingga 25.000 rupiah. Pop mie yang biasanya kamu beli seharga 6000 rupiah per cup, RESKA menjual satu cup pop mie seharga 10.000. Tidak ada pilihan lain dan tidak ada saingan. Itulah mengapa RESKA berani menjual harga makanan yang cukup mahal.

Nah, daripada memboroskan uang, lebih baik kamu menghemat biaya pengeluaran dengan membawa bekal makanan dari rumah, seperti ini:

 

1. Biskuit dan krakers jadi pilihan yang tepat sebagai bekal makanan

bekal makanan

Kress.. kresss.. kress.. enak nih. Foto berasal dari sini

Bentuknya yang mungil dan bukan tipe makanan “berat” memang pas jika dibawa sebagai bekal perjalanan. Meski kecil, lumayan bisa mengganjal perut.

Buat kamu yang mempunyai sakit maag, sebaiknya membawa makanan kecil dan ringan ini. Menurut ahli kesehatan, mengunyah biskuit secara terus menerus bisa menghindarkan kita dari asam lambung yang berlebih. Kamu tidak ingin liburanmu terganggu karena maag kamu kambuh bukan?

 

2. Mengganti nasi dengan makan roti, kalau suka bawa selai juga

bekal makana

Cuma gambar roti, jangan dibayangkan bagaimana rasanya, Foto berasal dari sini

Bisa dibilang, roti menjadi bekal pengganti nasi yang paling tepat. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa menjadi pilihan banyak orang. Kandungan karbohidrat dalam roti bisa diubah menjadi sumber energi.

Kabar baiknya, roti mempunyai serat yang lebih tinggi daripada nasi. Kandungan gula pada roti pun lebih rendah. Bisa dibilang, nutrisi lengkap yang terkandung di dalam roti merupakan pengganti asupan terbaik setelah makan malam. Maka dari itu, roti dianggap paling pas sebagai menu sarapan.

 

3. Buah-buahan seperti apel, pir, pisang menyehatkan dan mengenyangkan

bekal makanan

cobaan apalagi ini, siang-siang lihat foto buah seger-seger. Foto berasal dari sini

Buah-buahan bisa menjadi alternatif bekal makanan. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Pisang merupakan pilihan yang tepat untuk kegiatan traveling yang membutuhkan stamina tinggi. Kandungan kalium di dalamnya merupakan sumber stamina bagi tubuh.

Jika kamu tidak suka pisang, coba beralihlah dengan apel. Kandungan antioksidan dalam apel bisa membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh. Kamu akan tetap sehat dan bugar meski sedang melakuka perjalanan yang panjang.

 

4. Beli nasi bungkus di sekitar stasiun, pilih menu yang nggak mudah basi

bekal makanan

Nikmatnya nasi putih sambal teri. Foto berasal dari sini

Sepertinya agak susah bagi kita untuk meninggalkan nasi. Bahkan ada yang bilang belum benar-benar makan jika belum makan nasi.

Maka dari itu, banyak penumpang kereta api yang membawa nasi sebagai bekal perjalanan. Kamu bisa membungkus dari rumah atau membelinya di warung dekat stasiun sebelum keberangkatan. Simpan nasi ke dalam kotak makan agar lebih praktis membawanya. Pilih menu yang tidak cepat basi, misalnya nasi ayam goreng atau nasi telor dadar dan sambal.

 

5. Bawa mie cup instan sendiri aja, air panasnya minta di RESKA

bekal makanan

lihat fotonya doang udah bikin perut bunyi krucuk krucuk.. duh sabaar, inget puasa. Foto berasal dari sini

Daripada membeli pop mie di RESKA, lebih baik membawa sendiri. Bawalah pop mie atau mie instan cup lainnya. Minta air panas di bagian restorasi kereta api. Lebih repot memang, tapi cara ini bisa menghemat biaya perjalanan.

 

6. Minuman kaya serat seperti bisa menjadi pilihan

bekal makanan

Foto berasal dari sini

Pilihan bekal lain untuk menghemat biaya adalah minuman kaya serat seperti ene*g*n. Jika kamu memang berniat membawa minuman ini, kamu harus membawa gelas saat traveling. Mintalah air panas pada bagian restorasi untuk menyeduhnya. Praktis dan cukup menunda lapar.

 

7. Kandungan protein dan serat dalam kacang-kacangan baik dikonsumsi saat traveling

bekal makanan

Kamu suka kacang yang mana? Foto berasal dari sini

Kacang-kacangan merupakan cemilan yang baik bagi tubuh saat traveling. Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, atau kacang kulit mengandung banyak protein dan tinggi serat. Cemilan ringan dan awet untuk dimakan ini bisa memenuhi kebutuhan protein dan lemak dalam tubuh. Tidak perlu kolesterol naik, karena lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak nabati yang baik bagi kesehatan.

 

8. Jagalah keseimbangan asupan cairan tubuh dengan minum air mineral

bekal makanan

Air mineral baik untuk tubuh saat kamu traveling. Foto berasal dari sini

Dari semua alterfnatif bekal makanan di atas, belum lengkap jika kamu tidak membawa air mineral. Meski terkesan sederhana, namun manfaat air mineral sangat baik bagi tubuh. Kekurangan asupan air mineral bisa menyebabkan dehidrasi. Membawa air mineral dalam tumbler lebih hemat daripada membeli air mineral kemasan.

***

Simpan bekal makanan dalam box makanan agar tersimpan dengan rapi. Pilih makanan yang praktis, rapi, dan tidak mudah basi sebaiknya menjadi faktor utama yang harus diperhatikan untuk menu bekal makanan.


Bingung membuat judul untuk tulisan di blogmu? Tonton ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait