9 Ayunan Ekstrem yang Ada di Indonesia, Kamu Wajib Coba!

Ngeri sih, tapi bikin penasaran!

Rizqi Y • June 21, 2017

Buat dirimu makin berani, tantang adrenalinmu di sini!

Makin hari pilihan wisata makin beragam. Karena minat masyarakat yang ingin cari spot foto unik makin tambah, jadi muncullah ide-ide baru dari pengelola destinasi. Salah satunya adalah spot foto berupa ayunan ekstrim di tepi jurang. 

Meski ekstrem tapi nyatanya peminatnya nggak pernah sepi lho. Berikut adalah beberapa contoh destinasi ayunan ekstrim yang ada di Indonesia yang harus masuk dalam list to do Kamu. 

#1 “Sky Swing” di Lodge Maribaya Bandung, berayun di antara hijaunya hutan pinus

destinasi ayunan ekstrim

Fotogenik banget kan ayunan ini. Sumber foto

Bandung emang nggak pernah kehabisan spot fotogenik buat para pencinta selfie. Di Lodge Maribaya ini Kamu bisa menjajal sensasi berayun di atas jurang yang berlatar hijaunya hutan pinus. 

Foto yang bakal Kamu hasilkan nggak kalah cantik sama pemandangan aslinya. Di Lodge Maribaya ini juga ada wahana rumah pohon yang nggak kalah fotogenik dengan sky swing. Sayangnya kalau pas hari libur Kamu kudu super sabar karena antriannya bener-bener mengerikan.

#2 Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo yang cantik dan tampak segar dengan perbukitan hijaunya

destinasi ayunan ekstrim

Asyiknya ayunan di antara hijaunya perbukitan. Sumber foto

Ayunan langit Watu Jaran ini jadi salah satu spot fotogenik yang mendebarkan di Kulon progo. Soalnya nih ayunan ini berayun di atas ketinggian 800 mdpl. Ayunan yang berayun di atas jurang ini terpasang di tiang pancang setinggi 10 meter. 

Meski berada di atas jurang tapi ayunan ini aman gais, soalnya dikelola oleh tim yang udah dibekali pengetahuan dari Tim SAR Yogyakarta. Foto-foto di atas jurang berlatar hijaunya perbukitan Kulon Progo pun makin seru.

#3 Merasakan ayunan di atas Danau Buyan dan Tamblingan Bali, segar di mata cantik di kamera

destinasi ayunan ekstrim

Kamu berani menjajal ayunan ini? Sumber foto

Danau Buyan dan Tamblingan sering juga disebut danau kambar, soalnya letaknya yang berdampingan. Kedua danau ini terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. selalu sukses bikin Kamu negrasain suasana sejuk dan menenangkan. Apalagi udah ada wahana ayunan ekstrim yang dipasang di atas danau ini.

Selain menjajal ayunan yang menyeramkan dan fotogenik ini, Kamu juga bisa camping ceria di sini.

#4 Menjajal sensasi menegangkan “swing extreme” di Bukit Cekong Enrekang 

destinasi ayunan ekstrim

Ayunan ini cuma buat Kamu yang punya nyali. Sumber foto

Bukit Cekong merupakan kawasan perbukitan di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan arena motor crossnya. Tapi nggak cuma itu aja, karena di bukit ini ada juga wahanan ayunan ekstrim yang bisa Kamu jajal. 

Di ayunan ini Kamu bisa merasakan sensasi berayun dan menggantung sambil memamandang hamparan alam dari ketinggian Bukit Cekong. Nggak ketinggalan foto-foto juga dong ya buat mempercantik feeds instagranmu. 

#5 Pengen tahu gimana rasanya dilempar ke langit dengan ketapel raksasa? Kamu bisa coba ayunan ketapel di Buttu Macca

destinasi ayunan ekstrim

Ngerasain sensasi dilempar pake ketapel. Sumber foto

Disebut ayunan ketapel karena emang bentuknya yang mirip banget sama ketapel. Wahana ayunan ini dikelola oleh anak-anak muda Laskar Bambapuang dan masih berada di kawasan Enrekang juga. Ayunan ketapel ini nggak kalah menegangkan dari ayunan ekstrim di Bukit Cekong lho!

Saat  berayun di Buttu Macca Kamu bakal ngelihat indahnya pemandangan gunung Buttu Kabobong atau Gunung Nona yang hijau dan asri yang ada di Sulawesi Selatan. 

#6  Menikmati hijaunya alam dan sejuknya Kota Batu dari ayunan Coban Rais Malang

destinasi ayunan ekstrim

waw, ayunannya di tas hutan pinus persis. Sumber foto

Coban Rais sendiri sebetulnya adalah kawasan air terjun yang uda cukup terkenal di kalangan traveler. Tapi demi mengundang makin banyak pencinta foto selfie, jadi dibikin deh ayunan ekstrim yang ada di tepian jurang di atas hutan oinus ini.

Dari ayunan ini Kamu bisa menikmati hijaunya hutan pinus dan perbukitan di sepanjang mata memandang. Pokonya Kamu bakal males pulang kalau udah duduk di ayunan ini. 

#7 Selfie di antara dua tebing curam cuma dengan alat bantu hammock, kayak gimana ya rasanya?

destinasi ayunan ekstrim

Hayo siapa yang berani selfie di sini? Sumber foto

Di salah satu sudut Padalarang terdapat tebing yang cukup ekstrim tapi sering dijadikan spot selfie, Tebing Masigit. Tebing ini punya salah satu spot yang emang cantik banget buat dijadikan tempat hunting foto. 

Hampir mirip dengan wahana ayunan ekstrim sebelumnya. Tapi di Tebing Masigit ini ayunannya terbuat dari hammock yang diikatkan di antara diua tebing curam. Tinggi ayunan hammock ini sekitar 100 meter, jadi buatyang takut ketinggian lumayan serem juga. Kamu berani nyoba nggak nih?

#8 Menantang adrenalin di ayunan angkasa Kalibaya Park Brebes

destinasi ayunan ekstrim

Di Brebes juga ada lho. Sumber foto

Kawasan Lio Rimba Raya atau lebih dikenal dengan nama Kalibaya Park merupakan salah satu destinasi wisata Brebes yang baru di Desa Pasir Panjang. Dari kawasan Kalibaya Park in iKamu bisa menikmati segarnya alam pegunungan dan juga alam yang hijau.

Makin seru dan menantang saat Kamu menikmati indahnya pemandangan ini dari ayunan angkasa. Tentunya sambil foto-foto biar tetep eksis ya. Buat Kamu yang punya nyali besar wajib banget buat nyobain wahana ayunan angkasa ini. Dijamin ketagihan!

#9 Meski sedikit berbeda dari ayunan yang lainnya, tapi sensasi main slingshot ini nggak kalah menegangkan 

destinasi ayunan ekstrim

Harus nunggu sampai berhenti sendiri kalau mau turun nih. Sumber foto

Slingshot  Kuta masuk dalam satu destinasi wisata ekstrim yang ada di Bali. Slingshot ini merupakan permainan di mana Kamu harus duduk  dan diikat dalam sebuah rangka bola yang terpasang di menara setinggi 35 meter. Rangka bola ini diikat di dua utas kawat baja dan tali elastis, dan untuk menjalankan ayunan slingshot ini Kamu akan lontarkan seperti ketapel ke angkasa. 

Kecepatan lemparan ayunan ini sangat tinggi lho gais, cocok buat Kamu pencinta wahana ekstrim. Kamu bisa menyudahi permainan ini hanya dengan menunggu kecepatan ayunannya mereda, jadi meski Kamu udah ketakutan tetep harus nunggu sampai ayunan ini berhenti dengan sendirinya. Serem tapi asyik kan?

***

Dari 9 ayunan ekstrim ini mana aja nih yang udah pernah Kamu cobain? Belum ada? Duh, mending buruan cobain deh dari pada penasaran gimana sensasinya main ayunana di spot ekstrim ini. Nggak usah takut, soalnya ayunan ini punya standar keamanan yang udah terpercaya. Ada alat pengamannya juga kok, jadi nggak berbahaya. 

Baca juga: