9 Hotel Ramah Lingkungan yang Cocok Untuk Orang-orang Istimewa Seperti Kamu

Kamu bakalan baper kalau lihat hotel ramah lingkungan.

Wike Sulistiarmi • May 24, 2017

Pasti seru kalau bosa menginap di depan kamar yang di depannya bisa langsung menyelam ke lautan untuk melihat terumbu karang indah dan ikan-ikan kecil berwarna-warni

Meskipun Indonesia adalah negara berkembang, namun Indonesia memiliki ragam pesona yang luar biasa. Salah satu pesona yang muncul dari Indonesia adalah hotel-hotel yang dibangun menyerupai alam, berwarna hijau, dengan beragam fasilitas yang ramah lingkungan.

Setidaknya ada 9 hotel ramah lingkungan yang bisa Kamu pilih sebagai teman liburanmu saat keliling Indonesia:

1. Nihiwatu Resort, hotel ramah lingkungan yang dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia versi Travel+Leisure

Nihiwatu Resort memang bukanlah hotel biasa, di sinilah Kamu bisa merasakan kenyamanan hakiki menginap di hotel. Kamu bisa tidur di atas kasur dekat pantai, menikmati hidangan lezat sambil melihat hijau dan birunya alam, lalu menyusuri pantai dengan kuda tanpa ada yang mengganggu. Sebagai hotel terbaik di dunia tahun 2016 versi Travel+Leisure, hotel ini benar-benar cocok untuk Kamu yang mencintai ketenangan dan kenyamanan karena hotel ini.

Nihiwatu memiliki vila tiga kamar berbentuk rumah pohon yang terletak di atas tebing dan menghadap ke laut, selain itu ada juga 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi serta pemandangan indah ke Pantai Nihi. Sayangnya, kalau Kamu ingin menginap di sini Kamu harus siapkan uang sekitar Rp8,5 juta per malam untuk One Bedroom Villa.

2. Bagi Kamu yang malas melakukan perjalanan jauh, Kamu bisa ke Karang Aji Beach Villa, Sukabumi

hotel ramah lingkungan

Karang Aji Beach Villa. Sumber foto

Menikmati hotel bernuansa hijau dan ramah lingkungan bukan hanya bisa Kamu lakukan di wilayah Indonesia Timur, Kamu juga bisa menikmatinya di Sukabumi, yaitu di Karang Aji Beach Villa.

Di sini Kamu bisa menikmati alam hijau dan pantai biru. Kamu bisa langsung datang ke Desa Ciwaru, Sukabumi jika ingin menginap di sini. Untuk harga menginap permalamnya sendiri mulai dari Rp 400 ribu.

3. Bajo Komodo Eco Lodge, hotel dekat pantai berterumbu karang indah

hotel ramah lingkungan

Bajo Komodo Eco Lodge. Sumber foto

Kalau Kamu berencana ke Pulau Komodo, coba mampir ke Bajo Komodo Eco Lodge ini. Di sini Kamu bisa langsung menyelam di pantai depan kamarmu untuk melihat terumbu karang indah dan ikan-ikan kecil berwarna-warni. Di sini Kamu juga bisa menikmati suasana taman hijau di area hotel.

Meskipun suasana di hotel ini sangat menyenangkan, namun Kamu hanya bayar mulai dari Rp 600 ribu. Lokasinya berada di Pantai Pede km 3, Labuan Bajo, Flores NTT.

4.  Menikmati kearifan lokal di Alila Villas Uluwatu, Bali

hotel ramah lingkungan

Alila Villas Uluwatu. Sumber foto

Penginapan ini bukanlah penginapan yang biasa. Karena desain hotel ini mendapatkan sertifikasi ESD(Enviromentally Sustainable Design) pertama di Indonesia.

Bahan bangunannyapun didatangkan langsung dari Jawa dan Bali untuk mewujudkan kearifan lokal. Kamu bakalan kagum dengan desai hotel ini dan betah berlama-lama di sini. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan klik di sini

5. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman, Jogja

hotel ramah lingkungan

Greenhost Boutique Hotel. Sumber foto

Hotel ini memang sedang naik daun banget. Karena hotel ini menjadi salah satu setting film AADC2.

Desain dan fasilitasnyapun cocok untuk memanjakan mata, karena di sini Kamu bisa melihat hijaunya hotel yang ditanami dengan beragam tanaman. Di lantai atas terdapat tempat khusus tumbuhan hijau. Liftnyapun terbuat dari kayu.

Letak hotel ini ada di  jalan Prawirotaman II no.629 Brontokusuman, Prawirotaman, Yogyakarta. Coba deh menginap di sini saat Kamu mampir ke Jogja. Suasananya patut banget Kamu coba.

6. Menginap di hotel modern nuansa alam di Nusa Dua Beach Hotel Bali

hotel ramah lingkungan

Nusa Dua Beach Hotel Bali. Sumber foto

Sekilas melihat Nusa Dua Beach Hotel Bali memang sudah bisa ditebak bahwa hotel ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa di tengah fasilitas modern. Mulai dari hijaunya dedaunan hinga putihnya pasir pantai dekat hotel.

Hotel ini cocok untuk Kamu yang sedang bulan madu ataupun liburan dengan keluarga, karena suasananya cocok untuk semua kalangan. Patut di coba nih kalau ke Bali!

7. Menikmati hijaunya alam di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center

hotel ramah lingkungan

Novotel Manado Golf Resort & Convention Center. Sumber foto

Bagi Kamu yang baru-baru ini merencakan perjalanan ke Manado, kami memiliki rekomendasi hotel ramah lingkungan dan nyaman untuk Kamu, yaitu Novotel Manado Golf Resort & Convention Center.

Di sini Kamu bisa merasakan menginap ala pedesaan di perkotaan karena hijaunya hotel ini. Kamu bisa main golf, tenis, arung jeram dan pedal berperahu.

Lokasi hotel ini tak jauh dari pusat kota, mulai dari Manado Town Square, Mega Mall Manado, Museum Bailer Creatif dan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utar. Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa main ke Kuil Ban Hin Kiong. Yang tak kalah penting, Kamu bisa ke bandara internasional Sam Ratulangi dengan menempuh 6 km dari hotel.

8. Merasakan menginap di Novotel Hotel Palembang yang super hijau

hotel ramah lingkungan

Novotel Hotel Palembang. Sumber foto

Taman Novotel Hotel Palembang sangatlah luar biasa, para pengunjung bisa menghirup udara segar lewat balkon kamar dan melihat pemandangan kolam buatan yang biru dari kamar hotel.

Selain pemandangan yang super asri, Kamu juga bisa merasakan fasilitas lain seperti spa, fitness, yoga, maupun Massage, Sauna dan Shiatsu.

Lokasi: Jalan R Sukamto No 8A, Sumatera Selatan, Palembang, Indonesia.

9. Hotel nuansa pedesaan Sunda di Kamojang Green Hotel and Resort

hotel ramah lingkungan

Kamojang Green Hotel and Resort. Sumber foto

Di Garut ada sebuah hotel yang asri dan instagramable yang bisa menjadi pilihanmu saat mencari hotel ramah lingkungan di Jawa Barat.

Nah, di sini hanya ada 49 kamar yang didesain indah layaknya dalam film Anacondas. Fasiliatasnyaun beragam seperti kolam renang luar ruangan, memancing, kolam renang anak, taman, hingga olahraga air yang dirancang untuk bersantai.

Lokasinya cukup dekat dari perkotaan, yaitu hanya sekitar 15 menit. Kamu bisa ke alamat Jl. Raya Kamojang KM 3 Garut Jawa Barat jika ingin merasakan nikmatnya menginap di hotel ini.

 

***

Bagi Kamu yang sudah mulai bosan menginap di hotel biasa, Kamu bisa menginap di hotel ramah lingkungan di atas.

 

Baca juga: