7 Video Timelapse di Gunung yang Akan Membuatmu Takjub

Ingin dokumentasi pendakianmu makin keren? Coba bikin video deh! Video timelapse di gunung ini bisa Kamu jadikan referensi lho.

Rizqi Y • March 16, 2017

Mendaki gunung selalu menjadi primadona bagi pencinta kegiatan ekstrim. Tak memandang waktu, faktanya setelah berpuluh-puluh tahun pun animo pendakian tak pernah surut, bahkan terus meningkat.

Revolusi dunia pendakian juga terus terjadi, mulai dari kostum mendaki, peralatan, teknik mendaki hingga teknik dokumentasi. Dilihat dari segi dokumentasi, dulu mungkin orang hanya mengambil foto untuk disimpan menjadi kenangan, namun seiring berjalan waktu hal ini juga berubah.

Nah, saat ini salah satu teknik dokumentasi yang sedang digandrungi adalah pengambilan video timelapse. Kamu pasti sudah nggak asing lagi kan dengan jenis video ini? Video timelapse  merupakan teknik pengambilan video dengan menggunakan interval waktu. Selama interval waktu ini, kamera akan mengambil beberapa frame foto dalam satu momentum dan satu sudut pandang.

Hasil karya video timelapse di gunung-gunung Indonesia juga sudah banyak dan keren-keren lho. Nggak percaya? Coba cek video ini.

1. Mendekap lembutnya awan Rinjani bersama secangkir kopi

Rinjani tampak lebih hangat dan lembut dalam video timelapse ini. Lebih hangat ditemani secangkir kopi dan senyuman sang gebetan. Seolah waktu berjalan begitu cepat, tapi Kamu tak pernah ingin beranjak dari keindahan Rinjani.

2. Menggapai tingginya langit Sumatera

Kerinci tampak begitu gagah dengan sambutan mentari paginya. Kamu yakin nggak pengen mendaki Kerinci? Melihat video timelapse ini saja pasti sudah membuatmu bisa merasakan betapa indahnya Kerinci.

3. Menyingkap sendunya Oro-oro Ombo, Kalimati dan puncak para dewa Mahameru

Semeru yang terkenal sebagai puncak tertinggi di tanah Jawa dan juga persinggahan para dewa tampak lebih dramatis dalam video timelapse ini. Paduan awan, matahari, rangkaian bintang, bulan, dan kehidupan Semeru membuat video ini makin apik. Kamu harus mencoba membuat video timelapse saat ke Semeru dan ungkap misteri keindahannya dari sudut yang berbeda.

4. Menyusuri jejak-jejak ganas sang Merapi

Menyusuri jejak keganasan Merapi selalu menyimpan ketakutan tersendiri. Perjalanan hingga ke Pasar Bubrah akan membuatmu tahu betapa Merapi masih sangat ganas sampai sekarang. Tapi perlu Kamu tahu, untuk mendaki Merapi Kamu tak diijinkan naik hingga ke puncak. Cukup sampai di Pasar Bubrah saja karena cukup berbahaya gais.

5. Menyambut senyum hangat matahari pagi Gunung Agung Bali

Matahari pagi selalu punya magnet tersendiri untuk penikmatnya. Saya selalu jatuh cinta pada matahari pagi karena punya kehangatan yang hanya bisa dinikmati darinya. Sama seperti matahari pagi di Gunung Agung dalam video timelapse ini. Perlahan muncul dan menebar kehangatan bagi semesta. Menguapkan setiap tetes embun sisa dingin semalam.

6. Mengintip Sumbing dari rimbunnya Sindoro

Sumbing dan Sindoro hidup berdampingan dengan damai dan selalu menjadi dua gunung bersaudara yang menjadi primadona pencinta gunung di Jawa Tengah. Dua gunung ini selalu menjadi tantangan tersendiri karena kerap didaki sekaligus, ditambah lagi Gunung Slamet dan menjadi Triple S.

7. Menyapa hiruk pikuk kota dari ketinggian

Ungaran akan memberimu pemandangan kota Semarang, Salatiga, dan Ambawara. Gunung ini tak terlalu sulit untuk didaki, jadi cobalah untuk mendaki di sini. Buat juga video timelapsemu agar pendakianmu ke Gunung Ungaran lebih berkesan.

Bonus video timelapse milkyway di Bromo yang akan membuatmu kagum

***

Creativity is a wild mind & disciplined eye

-Dorothy Parker-

Gimana, Kamu tertarik untuk membuat video timelapse seperti kumpulan video di atas? Membuat video ini tidak terlalu sulit. Kamu hanya butuh beberapa perangkat seperti kamera, tripod, dan juga aplikasi jika menggunakan hp. aplikasi yang bisa Kamu install di hp-mu untuk membuat video timelapse diantaranya Microsoft Hyperlapse Mobile, Lapse It • Time Lapse Camera, Time Lapse, Time Lapse Video Recorder dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk video keren lainnya, baca juga: