21 Pantai Terbaik Dunia Versi National Geographic

Pantai di Indonesia masuk ke dalam list nggak ya?

Echi • January 23, 2017

National Geographic telah merilis 21 daftar pantai terbaik dunia. Hasilnya cukup mengejutkan. Pantai-pantai yang sudah terkenal kecantikannya tak muncul dalam daftar. Kenapa? Ternyata, National Geographic hanya memilih pantai yang masih asri dan menenangkan.

Mulai dari putihnya pasir pantai dan beningnya air laut Lazy Beach di Kamboja, hingga luasnya gumuk pasir putih Corniche Beach di Prancis. Dari 21 daftar pantai indah ini, ada yang dari Indonesia nggak, ya?

1. Pantai terindah yang pertama adalah Lazy Beach, Koh Rong Island, Kamboja

Pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang bening seperti kristal mampu memikat hati para pecinta pantai. Terlebih, pantai ini pun belum seramai pantai-pantai cantik di Thailand.

2. Pantai tersembunyi yang di kelilingi karang besar melingkar ini terletak di Pulau Marietas, Meksiko

Lihat foto di atas, saking naturalnya, pantai tersembunyi ini hanya dinikmati 6 pengunjung.

3. Shell Beach, Shark Bay, salah satu bagian dari warisan keindahan alam dunia UNESCO

pantai-terindah-dunia-3

Shell Beach, Shark Bay, Australia. Sumber foto

Shell Beach merupakan pantai yang unik karena pantai ini ditutupi oleh cangkang kerang berwarna putih bersih dan tak ternilai berapa jumlahnya.

4. Noordwjik Beach, pantai yang “dijaga” anjing berada di kota Noordwjik Belanda

Ternyata, Noordwjik Beach sudah langganan peroleh penghargaan. Sejak tahun 1987, pantai ini memperoleh penghargaan internasional ‘Blue Flag’ secara berturut-turut sebagai pantai yang bersih, tenang, dan air laut yang jernih.

5. Kemudian ada Reynisfjara Beach, pantai di Islandia yang terkenal dengan batu basal dan pasir berwana hitam

Pasir pantai yang berwarna hitam begitu unik dan menarik. Meski tiap kali berkunjung kaki-kaki telanjang wisatawan harus merasakan “tajam” dan dinginnya ombak, tapi tetap saja pantai ini jadi favorit.

6. Cas Abao Beach yang terkenal dengan pasir putih bersih dan air laut berwarna biru jernih memiliki dunia bawah laut yang sangat cantik

Meski pasir pantai Cas Abao Beach tidak begitu luas, namun keindahan dunia bawah laut Cas Abao Beach tidak diragukan lain. Seperti kehidupan “dunia lain”.

7. Piscinas Beach, pantai pasir merah di Sardinia

Pantai pasir merah Piscinas Beach terlihat lebih menarik dengan pohon zaitun yang tumbuh dikelilingi semak-semak. Terkesan dramatis.

8. Catherdal Beach di Ribadeo

Karang besar yang mirip Altar Cathedral ini terbentuk karena erosi pantai. Bentuknya yang unik jadi daya tarik wisatawan.

9. Anse Source d’Argent Beach, Seychelles

Seychelles terkenal dengan keindahan pantai-pantai dengan batuan granit raksasa yang tinggi dan besar. Anse Source d’Argent Beach, terlihat mirip dengan kebanyakan pantai di Belitung.

10. Aitutaki, Cook Island

Pasir putih dan air laut yang jernih menjadikan pantai ini sebagai destinasi fotografi.

11. Bowman Island, Sanibel Island, Florida, pantai bagi para pemburu kerang

Selain terpilih sebagai pantai tercantik dunia, Bowman Beach pun peroleh penghargaan sebagai destinasi yang ramah lingkungan.

12. Lyme Regis beach di Dorset, UK

Pantai indah dan miliki sejarah kota tepi pantai ini merupakan gabungan pantai berpasir dan dipenuhi banyak batu karang.

13. Cannon Beach, Oregon yang mirip Pantai Pulau Merah Banyuwangi

 

sumber foto

Mirip pantai pulau merah Banyuwangi kan? sumber foto

Yang paling menarik perhatian publik adalah Haystack Rock setinggi 235 kaki. Kalau, di Indonesia mirip pantai Pulau Merah Banyuwangi ya.

14. Carmel Beach di California, pantai terbaik di Amerika

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini dari bermain bola voli, surfing, lokasi pernikahan, hingga tempat yang sangat ramah untuk para anjing.

15. Papakolea Beach, Hawaii

Sudah pernah melihat pantai berwarna pink? Pantai Papakolea ini memiliki pasir berwarna hijau! Keunikannya ini membuat National Geographic memasukan namanya ke dalam 21 pantai terindah dunia.

16. The South Water Caye Reserve, Belize, pantai yang kaya akan terumbu karang laut warna-warni

Apa yang menarik dari The South Water Caye Reserve hingga masuk 21 besar pantai terindah dunia? Ternyata pantai ini menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa menakjubkan, terumbu karang warna-warni, ribuan ikan tropis berwarna cerah (angelfish), ikan blue tang (ikan biru di film Finding Dory), dan penyu laut!

17. Blue Bay, Mauritius memiliki ikan parrot warna-warni yang cantik banget

Ikan parrot berwarna-warni banyak ditemukan di dasar laur Blue Bay. Surga bawah laut inilah yang akhirnya membawa Blue Bay sebagai salah satu pantai terbaik dunia.

18. Sleeping Bear Point dan Sleeping Bear Dunes, gumuk pasir yang membuatmu terpukau

Air lautnya yang jernih jadi sasaran para perenang buat menyelami lautan.

19. Corniche Beach, La Teste De Buch, Prancis punya gumuk pasir yang nggak biasa

20. Brunswick Islands, pantai romantis idaman traveler

Pohon kelapa, ayunan, dan senja yang jingga, romantis sekali. Pantai impian para wisatawan.

21. Pink Beach, Great Santa Cruz Island (Zamboanga City, Minandanao) Filipina

Padahal di Indonesia juga ada Pink Beach, tapi kenapa yang terpilih Pink Beach Filipina ya? Hmmm…  Mungkin Pink Beach di Filipina lebih alami.

***

Sayangnya, nggak satupun pantai di Indonesia yang masuk dalam daftar 21 pantai terbaik dunia versi National Geographic. Padahal, Indonesia punya banyak pantai indah yang masih belum dijamah.

Suka pantai? Artikel-artikel di bawah ini cocok buat Kamu: