Inspirasi Menikmati Liburan dengan Wisata ke Pulau Weh, Aceh

pulau weh di sabang, aceh. sumber foto

Wisata ke Pulau Weh di Sabang, Aceh, tentu saja menjadi dambaan para traveler masa kini. Kamu bisa mendapati lanskap alam yang luar biasa menakjubkannya di ujung barat Indonesia.

Bagi Kamu yang hendak bertandang ke sana, beberapa panduan berikut ini bisa jadi inspirasi Kamu agar lebih asyik dan tak terlupakan ketika melakukan wisata ke Pulau Weh.

1. Wisata ke Pulau Weh dengan backpacking

wisata ke Pulau Weh

pulau weh di sabang, aceh. sumber foto

Ketika Kamu memilih melakukan libur wisata ke Pulau Weh, maka akan ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan. Bagi Kamu yang gemar backpacking ketika bepergian, maka Pulau Weh di Aceh ini adalah satu spot yang pantas masuk dalam bucket list. 

Area bermalam di sini telah populer bagi para backpacker. Kebanyakan tamu asing yang datang adalah para backpacker. Namun jangan khawatir, di sini juga disediakan resor bagi Kamu yang hendal bermalam di penginapan.

Frededies Santai Sumur Tiga adalah salah satu tempat penginapan favorit di Pulau Weh. Bersisian langsung dengan pantai, Freddies menawaran ketenangan untuk sekadar berjemur, bersantai sembari membaca buku di pantainya yang ditutupi pasir putih yang bersih.

Baca Juga: Kumpulan Foto Instagramable Danau Lut Tawar yang Istimewa

2. Snorkeling dan Diving

wisata ke Pulau Weh

pesona kekayaan alam bawah laut (Flickr/Azri Zaki Omar)

Bagi pecinta wahana olahraga air, maka Kamu tak akan pernah menyesal liburan wisata ke Pulau Weh. Pasalnya, di sini adalah surganya aktivitas snorkeling dan diving.

Ada Gapang dan lboih yang menjadi tempat favorit untuk melakukan baik snorkeling maupun diving. Namun Kamu membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan darat dari Pelabuhan Balohan, Sabang, menuju Iboih.

Sesampainya di sana dan menjajal aneka wahana olahraga air yang ada, Kamu akan disuguhkan oleh kekayaan alam bawah laut yang tiada nian duanya.

Ini adalah waktu yang tepat bagi Kamu untuk mengeksplor tiap sudut lboih yang menakjubkan. Puaskan diri Kamu dengan berenang di beberapa titik yang menjadi favorit Kamu.

3. Pesona Pulau Rubiah

wisata ke Pulau Weh

pulau weh di sabang, aceh. sumber foto

Tepat di seberang Pantai Iboih, hanya berjarak 5 menit, terdapat Pulau Rubiah yang juga menawarkan kenikmatan indahnya alam bawah laut. Hanya dalam waktu satu jam snorkeling, minimal ada 20 jenis ikan koral yang bisa ditemui, di antaranya masih jarang ditemui di tempat lain.

Selain menikmati pesona alam, Kamu juga bisa membentuk relasi dan lingkaran pertemanan yang lebih beragam dengan wisatawan lain yang sama-sama menyewa perahu untuk menuju ke tempat tujuan.

Hal lain yang bisa Kamu lakukan saat wisata ke Pulau Weh adalah menyewa pemandu dan sekaligus juru foto. Di sana telah banyak yang menyediakan jasa tersebut, sehingga Kamu tak perlu repot untuk mengabadikan momen Kamu selama berada di sana.

Pemandu wisata di sana akan dengan senang hati menunjukkan lokasi pemandangan terumbu karang yang indah dan didatangi beragam jenis ikan. Sang juru foto juga bisa mengabadikan gambar Kamu ketika Kamu ingin berpose di bawah laut.

Namun tak perlu khawatir bila Kamu belum memiliki underwater camera. Sebab di sana juga disediakan persewaan kamera lengkap dengan pelindungnya di tempat penyewaan perlengkapan alat snorkeling dan menyelam.

4. Menyantap kelezatan masakan setempat

wisata ke Pulau Weh

kopi dan lemang khas Aceh. sumber foto.

Baca Juga: Pantai Momong Aceh, Spot Terbaik Melihat Indahnya Samudera Hindia

Liburan wisata ke Pulau Weh tak lengkap rasanya bila tak menjajal masakan khas kawasan tersebut. Tak perlu mencari jauh-jauh, sebab di sepanjang pantai telah banyak warung makan yang menyajikan menu makanan lokal khas masyarakat Aceh.

Jangan hanya menyantap hidangan masakannya saja, sebab satu lagi yang perlu Kamu jajal adalah kopi hitam khas Aceh yang begitu populer hingga ke penjuru negeri.

Setelah puas wisata ke Pulau Weh dengan snorkeling, diving dan menyantap kuliner khas, kini waktunya Kamu untuk menikmati senja dan matahari terbenam di Tugu Nol Kilometer.

Hanya berjarak 8 kilometer dari Iboih, lokasi ini sejatinya merupakan penanda geografis ujung paling barat wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pemandangan menuju laut lepas ini pun mengantar turunnya matahari di balik ufuk, menjadi suguhan apik melepas hari di Pulau Weh.

Dapatkan ulasan menarik tentang aceh dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar