Wisata Alam ke Tempat Persinggahan Migrasi Burung Asia Selatan di Suaka Margasatwa Kerumutan

Suaka Margasatwa Karumutan menjadi tempat persinggahan migrasi burung Asia Selatan (Instagram/@ohadcarmon).

Suaka Margasatwa Kerumutan secara administratif terletak diantara tiga kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Kabupaten Palawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir. Berdiri sejak 1979, suaka alam ini menempati lahan seluas 120.000 Hektar dan menjadi habitat bagi Harimau Sumatera, Hariamau Dahan, Beruang Madu, Enggang, Kuntul, dan beberpa spesies hewan lainnya.

Ada sedikit yang berbeda di Suaka Margasatwa Kerumutan akhir-akhir ini. Tampak bertengger gerombolan burung yang berasal dari wilayah luar Indonesia. Sudah sedari lama kawasan Suaka Margasatwa Kerumutan dikenal sebagai tempat persinggahan burung Asia Selatan, sehingga saat waktu-waktu tertentu akan ramai dikunjungi segerombolan burung-burung imigran nan cantik.

Biasanya burung-burung imigran Asia Selatan datang ke Suaka Margasatwa Kerumutan untuk melakukan perkawinan dan bertelur, sehingga kawasan ini dikenal dengan Important Bird Area (IBA) dan Endangered Bird Area (EBA). Beberapa spesies burung yang melakukan migrasi biasanya adalah burung pemangsa, burung pantai, dan burung paserin.

Migrasi merupakan naluri alami yang dimiliki oleh beberapa spesies burung untuk bertahan hidup. Migrasi dilakukan untuk mencari tempat yang lebih sesuai dan mendukung kelangsungan hidupnya saat tempat asal sedang berada dalam kondisi yang ekstrem, misalnya musim dingin. Burung yang melakukan migrasi bisa melewati jalur yang sangat panjang melalui beberapa negara di wilayah utara atau selatan Bumi.

Jalur migrasi burung biasanya adalah jalur tetap, dan Indonesia selalu menjadi wilayah penting bagi jalur migrasi ini karena memiliki kondisi alam yang paling sesuai. Ketersediaan makanan di hutan yang masih melimpah dan kondisi hutan yang sesuai untuk berkembangbiak menjadi alasan utama.

Saat burung-burung migrasi telah sampi di Suaka Margasatwa Kerumutan, suasana hutan akan menjadi sangat ramai oleh kicauan burung-burung ini. Pemandangan langit kawasan ini seolah menjadi sangat sibuk oleh lalu lalang burung-burung yang sedang mencari makananan di seantero hutan. Setidaknya sekali dalam setahun, burung-burung melakukan migrasi. Pemandangan yang cukup langka dan sayang jika harus dilewatkan.

Mengamati keindahan alam dan isinya memang selalu menyenangkan. Keindahan alam serta hijau pepohonan selalu berhasil membuat pikiran menjadi rileks dan sejenak terlupa akan padatnya rutinitas sehari-hari. Phinemo Marketplace memiliki penawaran menarik paket wisata alam yang terbatas dengan agent tour profesional dan terpercaya. Langsung saja cek ke link berikut sebelum kehabisan >> Paket Wisata Alam Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang wisata alam dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar