Waspadai 9 Jalur Mudik yang Rawan Kecelakaan Ini

Agar cepat sampai di tempat tujuan, kadang banyak pemudik yang terburu-buru dan ngebut di jalanan. Padahal, ada jalur mudik yang rawan kecelakaan.

Ditulis Oleh Echi

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, ribuan orang Indonesia mempersiapkan diri untuk packing dan melakukan perjalanan ke berbagai daerah untuk mudik.
Agar cepat sampai di tempat tujuan, kadang banyak pemudik yang terburu-buru dan ngebut di jalanan. Padahal, tidak semua jalan aman untuk ngebut. Setidaknya ada 9 jalur yang harus diwaspadai agar perjalanan mudik aman sampai tujuan.

Baca juga: Quiz, uang THR mending ditabung buat traveling atau buat modal nikah?

1. Bagi Anda yang mau mudik melewati Kabupaten Batang, wajib berhati-hati dengan jalur Alas Roban

Jalur Mudik Paling Rawan Kecelakaan

Jalur Alas Roban. Sumber foto

Alas Roban, jalanan yang di sepanjang jalan dipenuhi hutan ini memang meneduhkan. Siapa sangka, meski indah, namun Anda jangan sampai terlena, karena di sini jalanan berkelok dan curam. Bahkan, di jalur ini pun kerap terjadi kecelakaan.

Tak hanya jalanan yang rawan kecelakan, jalur ini pun dikenal rawan begal.

2. Tol Cipularang, jalur yang lintasannya wajib diwaspadai

Jalur Mudik Paling Rawan Kecelakaan

Jalur yang bikin merinding nih gaes! Sumber foto

Tol penghubung Purwakarta dan Bandung ini memang cukup populer. Jalan tol Cipularang memiliki lintasan yang banyak kelokan (beda dari lintasan tol lain). Jika Anda tak berhati-hati, bisa saja Anda celaka. Usahakan fokus biar perjalanan. Kalau lelah, menepilah istirahat.

3. Tanjakan Emen, Subang

Jalur Mudik Paling Rawan Kecelakaan

Tanjakan Emen. Sumber foto

Bagi Anda yang berencana mudik atau melakukan perjalanan ke Subang, sebaiknya waspada saat melewati Desa Cicenang karena di sana terdapat tanjakan mematikan, Tanjakan Emen namanya.

Tanjakan ini terkenal curam dan sering terjadi kecelakaan. Selain di tanjakan Emen, Anda patut waspada di Patolbesi, Pusakanagara, Sukamandi.

4. Kelok terindah sekaligus berbahaya di Sumatera Barat

Jalur Mudik Paling Rawan Kecelakaan

Kelok 44 Sumatera Barat. Sumber foto

Jika Anda berencana ke Kabupaten Agam untuk mudik atau sekadar jalan-jalan, hati-hatilah saat melewati kelok 44.

Dinamakan kelok 44 karena jalur ini memiliki 44 belokan. Tikungannya sendiri sangat tajam dan curam sehingga sering terjadi kecelakaan. Jalur di sini dibuat berkelok karena perbukitannya cukup tinggi.

Sepanjang jalur Anda akan menikmati pemandangan indah danau, sawah indah, dan pancuran air bertingkat di deretan Bukit Barisan. Keindahan ini biasanya bikin banyak orang merasa terkecoh, sehingga bikin kecelakaan.

5. Jalan Tarahan, jalur rawan kecelakaan di Provinsi Lampung

jalur mengerikan di indonesia

Hati-hati ya gaes! Sumber foto

Jalur ini sering terjadi kecelakaan karena jalanan menurun dan curam. Selain itu banyak pengendara mengaku mengalami kecelakaan di sini karena cahaya terang yang menyilaukan dari jalur berlawanan. Mereka kaget sehingga banting stir sehingga jatuh ke arah jurang di sisi jalan.

6. Jalur maut Nagrek

jalur menyeramkan

Jalur Nagrek. Sumber foto

Jalur ini sering banget diwarnai kecelakaan. Jalur ini cukup ekstrem dengan belokannya yang tajam. Saat mendekati hari lebaran, biasanya dipadati oleh para pemudik yang akan ke Tasikmalaya, Garut atau Ciamis. Hampir bisa diterka bahwa jalanan ini selalu macet saat mudik.

7. Turunan Gombel Semarang

jalur mudik paling rawan kecelakaan

Anda harus fit pas lewat sini! Sumber foto

Apabila Anda berencana menuju Kota Semarang dari arah selatan (Ungaran, Salatiga, Magelang, dan Jogja), Anda akan melewati turunan Gombel.

Turunan Gombel memiliki topografi yang berbukit dan tergolong curam. Biasanya jalanan ini akan ramai saat musim lebaran. Namun, kabar baiknya, jalanan ini sudah selesai dibangun, jadi nyaman dengan kontur yang rata.

8. Jalur Pantura, jalanan penuh khilaf yang perlu diwaspadai

jalur mengerikan di indonesia

Jalur Pantura Brebes. Sumber foto

Jalur pantura identik dengan kendaraan yang dikendarai dengan sangat kencang dan jalur yang lurus. Beberapa kecelakaan di jalur ini diakibatkan karena sopir mengantuk dan kadang tak sengaja menabrak kendaraan lain yang menyeberang.

Baca juga: Rute Jalan Berkelok Terindah di Indonesia

9. Tanjakan Kethekan, jalan berkelok Magelang-Ambarawa

jalur mematikan di indonesia

Ini jalur Ambarawa-Magelang dari atas rel. Sumber foto

Tanjakan ini memiliki beberapa kelok yang curam dan tajam. Jalur yang sempit ini pun kerap memakan korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang JALAN, tulisan lain Echi

Kontes menulis berhadiah voucher hotel dari Phinemo. Ikuti sekarang

Tag :



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post