Sidebar

Wahai Bule, Kamu Harus Lakukan Ini Agar Kami Menyukaimu

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

photo from https://farnaztravel.wordpress.com/

Saat bepergian ke negeri kami, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan agar kamu tak kaget ketika berada disini. Di rumah kami banyak hal yang sedikit berbeda dari tempat asalmu. Tolong sempatkan waktumu barang sebentar untuk membaca tulisan kami.

1. “Negerimu sangat Indah!”

Pujilah seperti  itu, meski sudah sering kami dengar tetap saja akan membuat kami senang. Hutan kami yang hijau, birunya laut, sawah membentang, megahnya pegunungan kami luar biasa indah. Kami sangat menyukai ketika panorama negeri kami dipuja-puja olehmu. Kami merasa senang jika kamu terbengong-bengong seolah kamu berada didunia lain saat berada disini.Ya,meskipun kami kurang bisa menjaga harta negeri kami ini.

2. Puji Kemampuan Bahasa Inggris Kami

Akan sangat menyenangkan bagi kami ketika kamu bertanya arah dan setelah selesai kami menjelaskan kamu memuji kemampuan bahasa inggris kami. Sebagian besar dari kami mempelajari bahasa inggris sejak pendidikan dasar, tentu menjadi penghargaan tersendiri jika hasil belajar kami diapresiasi olehmu. Mungkin bahasa inggris kami belepotan, kamu mungkin cukup sulit memahaminya, tapi berpura-puralah kamu sangat memahami setiap perkataan kami.

3. Komentari Apapun Tentang Negeri Kami yang Kamu Dengar Diluar Sana

Kami suka mengobrol saat berkumpul. Minum kopi dan beberapa cemilan sambil membahas berbagai hal bersama teman sangat menyenangkan bagi kami. Kami menyukai ketika kamu membuka pembicaraan dengan “ saya dengar bahwa di Indonesia..”. Kami dengan senang hati akan menjelaskan sedetail mungkin padamu. Kami senang negeri kami dikenal diluar sana. Kami senang jika kamu mengenal Indonesia sebagai negara, bukan bagian dari Bali.

4. “Negerimu Luar Biasa Kaya, Semuanya Ada Disini”

Pujianmu benar, kami memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Kami punya sumber minyak dan gas alam melimpah, kami memiliki hasil hutan yang bisa kami jadikan komiditi di luar sana, kami memiliki sumber rempah-rempah penghasil makanan lezat yang termasyhur sejak dulu kala, bahkan konon kabarnya tambang logam mulia terbesar di dunia ada dinegeri kami, luar biasa bukan? Kami sangat senang kamu memuji kekayaan sumber daya alam negeri kami. Bahkan kamu ikut membantu kami mengolahnya, kami sangat senang.

5. Cobalah Berbicara Bahasa Kami Meskipun Hanya Sedikit

Saat kamu berada di rumah kami tentu kami senang jika kita bisa mengobrol dengan bahasa ibu kami. Kami menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari bahasa inggris, jika kamu meluangkan waktumu sebentar untuk mempelajari bahasa kami barang beberapa kata tentu kami gembira,meski mungkin kamu cukup kesulitan mengucapkan beberapa kata dari bahasa kami. Mempelajari bahasa kami merupakan tanda bahwa kamu menghargai kami.

6. Berfotolah Bersama Kami

Dirimu kami anggap seperti selebritis saat berada dirumah kami. Oleh karena itu, jangan menolak jika kami ajak untuk berfoto bersama. Hal tersebut bisa kami pamerkan pada teman-teman kami di sosial media, meskipun membutuhkan perjuangan yang lumayan bagi untuk mengunggahnya ke internet karena kecepatan jaringan internet disini tidak sehebat tempatmu. Kami akan lebih senang jika kita bisa bertukar mata uang. Memiliki beberapa lembar uang dari negerimu di dompet kami merupakan hal membanggakan bagi kami.

7. Pelajari Budaya Tradisional Kami

Kami memiliki beragam budaya tradisional, dari ujung barat hingga timur. Tari-tarian tradisional kami kerap kali menjuarai kompetisi internasional. Tarian dan nyanyian yang indah itu diwariskan turun temurun nenek moyang kami. Kami merasa sangat dihargai jika kamu ikut mempelajarinya. Ya mungkin kamu agak ragu untuk ikut mempelajari budaya tradisional kami karena kami sendiri nampak kurang peduli pada budaya tradisional kami. Bahkan pada awalnya kamu mengira itu budaya negara tetangga kami. Percayalah, itu semua kekayaan budaya negeri kami.

8. Jangan Marah Jika Kami Banyak Bertanya

Seperti yang sudah kami ceritakan, kami suka mengobrol apa saja dengan siapa saja. Bahkan untuk hal-hal yang mungkin kamu anggap privasi. Bersabarlah menghadapi pertanyaan kami. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “ kamu darimana?” “Mau kemana?” “ Ada urusan apa?” atau mungkin ketika di pesawat atau kereta api setelah berwisata,pertanyaan “ beli oleh-oleh apa?” “untuk siapa?” akan akrab kamu temui jika berada dirumah kami. Kami paham mungkin itu merupakan privasi di tempat asalmu. Percayalah kami bukan berniat tidak sopan dan mencampuri urusanmu, kami hanya ingin mengobrol, meski hanya sekedar basa-basi.

9. Jangan Marah Jika Kami Terlambat

Kami punya banyak urusan sehingga mungkin saja kami datang 1 atau 2 jam dari waktu yang telah kita janjikan. Tenang, jangan emosi,di rumah kami ini merupakan salah satu kebiasaan yang wajar, jadi biasakanlah dengan hal ini. Jika kami berkata “mari bertemu pukul 10.00” coba datanglah pukul 10.30 atau 11.00 sehingga kamu tidak akan terlalu lama menunggu.

Begitulah, semoga tulisan ini bisa membantumu ketika berada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak yang harus kamu perhatikan, namun kami rasa 9 hal itu sudah cukup. Kami menulisnya dalam bahasa Indonesia tentu karena kami yakin kamu telah mempelajari bahasa kami sebelumnya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Omah Ucok Yogyakarta, Akomodasi Murah untuk Kaum Backpacker

Tragedi Ledakan Lebanon, Negara Non-Muslim Terbesar di Timur Tengah

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

Grand Tjokro Yogyakarta Hotel, Penginpan Mewah dengan Harga Murah

Sejarah Labuan Bajo, Tanah Lahir dari Ras Manusia Ikan Asli Nusantara

Rumah Paling Berhantu di Irandia Dijual Rp 42,3 Miliar, Berminat?

FALLBACK
The END