Traveling Saat Musim Hujan? Kenapa Tidak?

photo from travel.detik.com

Hujan, fenomena alam yang sangat saya suka dan tunggu-tunggu kehadirannya. Namun, bagi sebagian traveler, hujan menjadi momok yang menakutkan karena dianggap dapat merusak planning perjalanan, tidak tanggung-tanggung, bahkan beberapa teman saya membataklan perjalanan hanya karena hujan. “guy’s kita undur minggu depan aja deh, cuaca gak bersahabat nih”, inilah kalimat yang saya dengar ketika kami hendak mengunjungi Pulau Seribu beberapa hari lalu.

Sebagai sebuah fenomena alam dan karunia dari Tuhan memang tidak ada yang salah dengan kehadiran hujan, tinggal bagaimanakah cara kita untuk tetap jadi traveler ketika musim penghujan tiba.

Bulan Januari dianggap sebagai puncaknya musim hujan, maka setidaknya kita harus memutar sedikit otak dan membuat trik untuk menyiasatinya. Traveler tidak harus bepergian secara outdoor bukan? Kita bisa menjajal tempat wisata indoor, anggaplah ini suasana baru bagi kalian yang sudah terbiasa bepergian antar propinsi, pulau, bahkan negara.

Beberapa tempat ini mungkin bisa menjadi pilihan alternatif travelingmu ketika musim penghujan tiba;

1. Mengenal Satwa Laut di Sea World

Sea-World-Indonesia

photo from beritakabar.com

Menikmati suasana surga bawah laut tidak harus ke Bunaken atau Raja Ampat kan jika cuaca sedang tidak memungkinkan. Kamu dapat menikmati taman biota laut ini tanpa harus basah dan kedinginan, kamu hanya perlu masuk ke dalam ruangan dan masuk ke dalam terowongan dengan lantai berjalan otomatis, maka berbagai satwa laut akan berenang-renang mengelilingimu.

Bagian yang menjadi favorit saya ketika berkunjung kesini adalah, saya dapat menyentuh ikan hiu yang terkenal ganas di aquarium khusus. Staf pengawas mengatakan bahwa selama jari-jari kita tidak terluka dan berdarah, maka kita aman untuk menyentuhnya.

Tak hanya ikan, sea world juga menyediakan sebuah studio teater yang menayangkan berbagai informasi mengenai kehidupan alam bawah laut untuk menambah pengetahuan kita.

2. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

iptek-tmii

photo from intaneryska.blogspot.com

Berkunjung kemari rasanya seperti nostalgia ketika saya study tour saat sekolah dasar. Bukan berarti lokasi ini hanya diperuntukan bagi pelajar saja. Kita orang dewasapun dapat berkunjung ke sini untuk belajar dan mengetahui berbagai peragaan alat-alat lengkap dengan prinsip kerjanya.

Alat peraga yang disediakan dibuat dengan bentuk yang sesederhana dan familiar di kehidupan sehari-hari, saking asiknya bermain dengan alat-alat tersebut, saya hampir tidak sadar bahwa saya sedang mempelajari ilmu fisika, kimia, dan biologi. Misalnya ketika saya memegang sebuah bola dan rambut saya berdiri ketika menyentuhnya, disitu saya mempelajari tentang hubungan aliran listrik dengan tubuh.

3. Pacu Adrenalin di Rumah Hantu Trans Studio, Bandung

rumah-hantu

photo from travel.detik.com

Apabila kamu seorang traveler yang hobi memacu adrenalin, sepertinya lokasi ini cocok untuk kamu. Hujan deras sekalipun bukan menjadi halangan, karena kamu masih tetap bisa menikmati berbagai wahana menantang yang ada di sini. Selain menantang adrenalin, terdapat salah satu wahana yang dapat menguji mental. Saya akhirnya mencoba menjajal wahana rumah hantu. Meski saya tahu hantu-hantu tersebut adalah skenario belaka, tapi cukup untuk membuat saya kaget.

4. Bersantai di Pemandian Air Panas

pemandian-air-panas-bandung

photo from bandung.panduanwisata.id

Siapa bilang traveler tidak butuh bermalasan? Bermalasan dalam konteks ini bukan berarti kami pasif dan tidak produktif, tapi memanfaatkan waktu sejenak untuk bersantai, meregangkan otot, dan merelaksasi tubuh, terlebih saat udara dingin akibat musim hujan.

Berendam air panas adalah me time terbaik untuk memanjakan tubuh sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari dan melakukan traveling outdoor kembali. Beberapa tempat pemandian air panas umum yang saya ketahui dan bisa kamu temui di antaranya adalah Ciater Bandung, Batu Raden Jawa Tengah, dan Cangar di Malang.

5. Mempelajari Sejarah lewat Museum

museum-indonesia

photo from https://www.flickr.com/photos/kjb727

Siapa bilang traveling itu soal petualangan ke suatu tempat saja? Traveling juga tentang bagaimana kita mengetahui, mempelajari, dan memahami sebuah warisan sejarah, tradisi dan budaya. Ini saatnya kamu letakkan ranselmu, berhenti melangkah jauh dan saatnya membuka pikiran sejauh mungkin. Mumpung musim hujan, saatnya kita belajar bersama untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Saya yakin hampir setiap kota memiliki museum kebanggaannya masing-masing, jadi bergegaslah datang ke museum terdekat.

Itulah tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi ketika musim penghujan tiba, tidak harus membatalkan rencana bukan? Sedikit berbelok dari jalur, maka kita masih bisa menikmati hidup karena traveling tak hanya mengutamakan destinasi yang kita tuju, tapi bagaimana kita menikmati proses perjalanan menuju kesana.

Baca juga artikel : 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Backpacker Ketika Berkunjung ke Jakarta

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Prameswari Mahendrati

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar