Sidebar

Kumpulan Foto yang Buktikan Bahwa Bantul Salah Satu Daerah Paling Instagramable di Indonesia

Kumpulan Foto yang Buktikan Bahwa Bantul Salah Satu Daerah Paling Instagramable di Indonesia

Daerah Istimewa Yogyakarta tak hanya Kota Jogja saja. Ini kumpulan foto yang buktikan banyak spot foto di Bantul yang cocok diunggah ke sosial media.

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Abi

Jika mendengar kata Jogja, apa yang terpikir olehmu? Malioboro? Pantai Gunung Kidul? Itu destinasi-destinasi yang sudah sangat mainstream di Jogja. Sepertinya Kamu harus main-main ke Bantul agar lebih mengenal bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta tak hanya ada Kota Jogja saja. Banyak wisata dan spot foto di Bantul yang bisa Kamu eksplor untuk Kamu pamerkan kepada teman-temanmu.

Di Bantul terdapat banyak destinasi alam yang bisa Kamu eksplor agar tidak terpaku dan bosan hanya dengan Jogja saja. Meski berupa sebuah Kabupaten, Bantul tak kalah dengan Jogja yang menawarkan keindahan-keindahan alam dan pantainya.

Kalau tidak percaya, ini adalah kumpulan spot foto terbaik di Bantul yang bisa Kamu pamerkan ke sosial media jika Kamu berkunjung ke sana,

Melihat tebing yang dikelilingi pohon hijau di Jurang Tembelan Kanigoro

Spot foto hits di jurang tembelan kanigoro. Sumber foto.

Tempat pertama di Bantul yang menjadi spot instagramable adalah Jurang Tembelan Kanigoro yang merupakan wisata alam baru di Bantul.

Ala Titanic. Foto oleh @awangnahardi.

Di Jurang Tembelan Kanigoro, pengunjung bisa menemukan spot unik yang menjadi favorit yaitu spot berupa ujung kapal yang berada di ujung jurang. Pengunjung dapat berfoto cantik ala film Titanic di spot tersebut. Selain itu, di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati sunrise atau matahari terbit.

Untuk dapat benar-benar menikmati pemandangan di tempat ini, sebaiknya datanglah saat subuh karena selain bisa melihat indahnya sunrise, juga belum ramai pengunjung. Pasalnya, saat mulai siang pengunjung ramai berdatangan ke lokasi ini bahkan untuk mengambil foto di spot favorit harus bergantian.

Serasa berfoto di atas awan di Bukit Panguk Kediwung

Foto di atas awan? Bisaaa. Foto oleh iwanamaco.

Bukit Panguk Kediwung merupakan lokasi wisata baru di daerah Mangunan. Untuk mencapai tempat ini pengunjung bisa menempuh 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan dengan mengikuti petunjuk jalan menuju bukit panguk kediwung.

Ada spot perahu juga. Foto oleh tiaraanggunp22.

Berfoto di spot instagramable ini bagaikan foto di atas negeri awan. Kumpulan awan ini atas terlibat ketika subuh sebelum matahari tenggelam. Namun, setelah awan dan kabut hilang, pengunjung akan dapat melihat bukit-bukit hijau dan sungai yang berada di bawahnya, cocok untuk yang gemar foto landscape. Kalau kamu di sana pada malam hari dan berencana untuk menginap, siapkan mantel yang hangat karena udara pagi hari di daerah ini cukup dingin.

Menikmati lanskap Bantul sambil meminum kopi buatan sendiri di Watu Lumbung

Menikmati hangatnya kopi di atas bukit. Foto oleh eiinafiati.

Kawasan Wisata Watu Lumbung memang belum santer terdengar di kalangan wisatawan muda. Namun, Watu Lumbung ini menawarkan wisata alam yang berbeda dari kebanyakan wisata alam yang ada. Kawasan Watu Lumbung ini merupakan kawasan wisata yang terdiri dari beberapa warung makanan maupun minuman.

Berada di ketinggian, Watu Lumbung menjadi destinasi favorit untuk para fotografer karena mampu menghasilkan foto yang bagus. Kamu dapat melihat sunset dan sunrise dari sini. Di sana Kamu tak akan melihat kemewahan dari interior yang ditawarkan. Yang akan Kamu lihat adalah kesederhanaan karena semua furnitur yang digunakan terbuat dari bambu dan kayu saja. 

Ke sini bersama sang kekasih merupakan ide yang bagus. Foto oleh yulyiyung.

Jika Kamu kebetulan berkunjung di hari Jum’at, tinggallah lebih lama untuk bisa menikmati sajian musik akustik yang biasa digelar di tempat ini. Suara petikan gitar yang memecah kesunyian di Bukit Watu Lumbung membuat suasana malam berubah melankolis, hingga membuat setiap orang tak ingin beranjak pulang. Tak heran jika beberapa dari mereka memutuskan untuk bermalam di tempat ini. Kawasan ini juga menyediakan cottage, area camping ground serta tenda yang bisa disewa. Bahkan tak jarang sekolah atau kampus memanfaatkan kawasan wisata ini untuk acara-acara berkemah atau semacamnya.

Menikmati sunset dari kerangka sebuah pintu di Pintu Langit Dahromo

Menikmati pemandangan pepohonan hijau. Foto oleh tbtdw.

Daerah Dlingo Bantul saat ini memang banyak lokasi-lokasi wisata baru salah satunya adalah Pintu Langit Dahromo. Spot utama dan favorit di tempat ini adalah kerangka pintu yang bagian tertinggi seolah-olah merupakan pintu untuk menuju ke langit. Selain itu juga ada spot frame rumah selain spot kerangka pintu.

Sunset di sana? Jangan ditanya! Foto oleh nic.11.

Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati indahnya sunset. Berfoto di spot kerangka pintu dengan pemandangan sunset yang indah akan membuat fotomu sangat keren dan instagramable.

Malam hari juga tidak kalah menarik. Foto oleh kang_alul.

Berfoto di malam hari juga tak kalah menarik. Menawarkan gemerlapan lampu-lampu kota bisa menjadi salah satu ide untuk berfotomu jika berkunjung ke sana. Jangan lupa juga untuk mengunggahnya ke akun-akun sosial mediamu.

Bermain ayunan pinggir tebing di Puncak Becici

Pemandangan pepohonan hijau yang tak ada habisnya. Foto oleh ana.azura.

Tak jauh berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, hutan pinus yang dikenal dengan nama Hutan Sudimoro atau Becici Asri ini merupakan hutan lindung yang dikelola oleh RPH Mangunan. 

Puncak becici merupakan tempat apik untuk mengabadikan momen matahari tenggelam atau sunset, karena berada di tebing yang agak menjorok dan menghadap ke barat, sehingga pemandangan Kota Yogyakarta sampai gunung merapi terlihat dengan jelas dari Puncak Becici ini.

Bermain ayunan di pinggir tebing. Foto oleh nur.mustaqim.

Di sana Kamu juga dapat merasakan keseruan mainstream khas perbukitan pinus, yaitu bermain hammock di antara pohon-pohon pinus. Namun selain itu, Kamu juga dapat merasakan sensasi dan keseruan bermain ayunan di tepi jurang. Ayunan ini aman jadi Kamu tak perlu khawatir akan ter-‘jengkang’ ke belakang. Santai dan nikmatilah udara yang ada di sana.

Menikmati secangkir teh di atas Bukit Mojo Gumelem

Spot foto bunga matahari ada di sana. Foto oleh louisasasaa.

Bukit Mojo Gumelem merupakan lokasi wisata yang menjadi spot instagramable yang kekinian yang berada di daerah wisata Mangunan Jogja, tidak jauh dari kebun buah mangunan, jurang tembelan kanigoro dan bukit panguk kediwung. Lokasi ini dapat diakses dari Kota Jogja kurang lebih sejauh 60 menit perjalanan atau jarak tempuh sekitar 30 kilo meter.

Di bukit mojo gumelem ini terdapat spot layaknya sarang burung elang, spot bunga matahari raksasa, spot papan kayu berbentuk hati raksasa, sepeda ontel, gardu pandang dan tugu tulisan ‘Mojo’.

Candid ala-ala sembari minum teh. Foto oleh risqyahong.

Selain itu Kamu juga bisa berfoto dengan pose candid ala-ala sembari meminum teh panas ataupun kopi. Karena di Bukit Mojo ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam bebas sambil nongkrong di warung- warung yang menyediakan makanan dan minuman. Selain itu, tempat ini sudah di lengkapi dengan fasilitas tempat parkir dan toilet bagi pengunjung.

Berjalan di lorong yang terbuat dari pohon cemara di Pantai Goa Cemara

Pohon cemara yang rindang menambah kesejukan udara di sana. Foto oleh adhiiwicaksonoo.

Pantai Goa Cemara merupakan pantai yang terletak di Bantul. Pantai ini dikenal karena pemandangannya yang indah. Disebut Pantai Goa Cemara karena di pantai ini terdapat sebuah spot di mana sekumpulan pohon cemaranya terlihat mirip goa. Di kawasan Pantai Goa Cemara terdapat penjual makanan dan minuman sehingga pengunjung tidak perlu merasa cemas jika lapar dan haus.

Karena pantai ini masih baru, di sini wisatawan tidak bisa menemukan penginapan tapi jika ingin mencari homestay, di sini ada warga yang rumahnya bisa dijadikan homestay.

Berfoto di taman bunga matahari. Foto oleh ariesieass.

Selain itu, di sini juga terdapat taman bunga matahari dan spot menarik lainnya sehingga banyak digunakan untuk mengabadikan momen oleh pengunjung yang datang.

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih bagus lebih baik datang ke area Pantai Goa Cemara ini pada musim hujan atau pada bulan September hinga Juli karena saat panas dedaunan pohon cemara di sini berguguran.

Menikmati deras dan sejuknya air terjun di Jurang Pulosari

Bersantai menikmati air yang mengalir. Foto oleh onyone96.

Salah satu air terjun yang sedang populer di Bantul, Jogja  adalah Air Terjun Jurang Pulosari. Selain lokasinya tak jauh dari Kota air terjun ini memiliki kolam alami yang berwarna hijau. Dari nama tempatnya sendiri sudah bisa diketahui letak air terjun ini terdapat di bawah jurang, tapi tak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah membuat jalan setapak untuk pengunjung sehingga dapat mencapai lokasi dengan mudah.

Jurang pulosari Bantul berada diantara dua perbukitan yang masih asri dan belum dieksploitasi secara maksimal. Dikawasan ini keadaan masih sangat sejuk udaranya karena belum tercemar oleh asap kendaraan. Bisa sedang musim hujan wisata ini memiliki  volume air dapat mengalir secara maksimal dan pada saat ini juga pemandangan atau keasliannya dapat terlihat dengan jelas.

Bersantai di atas hammock juga merupakan ide yang bagus. Foto oleh penyot23.

Dikawasan ini para pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan menantang diantaranya panjat tebing (climbing) dan turun tebing (repling) untuk area ini biasanya berada disebelah barat air terjun atau tepatnya berada diperbukitan. Karena kawasan ini dengan perkampungan penduduk, sehingga banyak penduduk yang akan membantu mengarahkan bagaimana keadaan tempat wisata. 

Namun jika Kamu malas atau lelah untuk melakukan kegiatan tersebut, Kamu juga dapat bersantai dengan memasang hammock diantara pohon. Menikmati derasnya air yang mengalir sambil bersantai di hammock merupakan sebuah ide yang menarik. Mintalah temanmu untuk mengambil fotomu ketika berayun di hammock.

SHARE :




Rekomendasi