Potret Kali Item, Sungai Bening yang Dulunya Hitam?

Kali Item. Foto/Rifqi

Kali Item beberapa hari ini banyak diperbincangkan publik sebab sebuah foto diunggah di media sosial oleh anak bernama Rifqi Fatullah. Dalam unggahan tersebut Rifki terlihat anak-anak sedang berenang di sana dan tampak air kali Item yang kehijauan, padahal diketahui Kali Item memiliki warna yang hitam, baunya pun busuk.

“Itu saya foto karena nggak ada sampah. Kalau yang dulu-dulu, banyak sampah di situ. Saya heran kenapa kali itu bersih banget,” ujar Rifqi

kali item

Foto oleh Firqi.

Namun unggahan foto Rifqi pada Maret 2017 tersebut mendapatkan banyak komentar netizen. Ada yang bilang foto tersebut adalah editan.

“Ngeditnya jgn nampak x mas. Sampai pohon nya ikut kehijau an” tulis Zie Hasibuan dalam foto unggahan Rifqi

“Hoak jernih dari mana nya itu orang gw tiap hari lewat situh malah sekarang di pakein jaring supaya tidak bau karna kali nya deketan ama wisma atlet sigim.klo gx tau jangan so tau” ujar Baron Jeprut

Lalu bagaimanakah kondisi sebenarnya Kali Item Kemayoran Jakarta?

kali item

Potret kali ini saat diunggah oleh Rifqi

Ternyata, di lapangan masyarakat setempat tidak membenarkan kali item memiliki warna air yang kehijauan. Dilansir dari Detik, Iwan (42) warga yang tinggal di sekitar Kali Item sejak 1998 mengaku bahwa sungai itu hanya berwarna bening ketika banjir atau jika ada bungan air dari Danau Sunter.

“Ya itu beningnya pas musim banjir. Kalau sekarang udah nggak bisa bening lagi,” ujar Iwan.

Sementara itu, Iwan tidak percaya foto itu diambil pada 2017 yang diunggah oleh Rifqi. Menurutnya, belakangan waktu warna air yang melintas di kali hampir selalu berwarna hitam.

Para netizen media sosial juga mengaku bahwa Kali Item sebenarnya masih berwarna hitam. Baunya pun busuk. Bahkan banyak video dan foto memepertontonkan bahwa kali ini kini diselimuti oleh jaring agar bau busuk tidak menyengat ke luar karena lokasinya dekat dengan Wisma Atlet Asian Games.

Baru skrg ini liat ‘Kali’ disarungin….pake jaring transparan…semoga baunya ga tembus ??? #kaliitem

A post shared by Ariel Avadianto (@hendraavadianto) on

Kini Kali Item tidak berbau, Anies menjamin

kali item

Kondisi kali ini sekarang. Foto/liputan6

Untuk menghilangkan bau busuk kali berwarna hitam itu, pemerintah setempat telah menaburkan serbuk peghilang bau bernama DeoGone sebanyak 500 kg. Serbuk itu mengadung mikrob yang dapat menghilangkan bau busuk dari limbah cair. Namun diperkirakan butuh 700 ton DeoGone.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun memastikan Kali Item di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah tidak bau.

“Yang masih bau di medsos, kalau di sana (Kali Item) sudah nggak bau,” kata Anies dilansir dari sumber yang sama.

Dapatkan ulasan menarik tentang Jakarta dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran