Sidebar

Potensi Wisata Hutan Mangrove Brebes Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Liburan ke Jawa Tengah tak hanya ke Candi Borobudur dan Dieng saja. Coba ke Brebes. Hutan Mangrove Brebes kini jadi favorit wisatawan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Mia Kamila

Kabupaten Brebes memang terkenal dengan telur asin dan bawang merah. Pedagang telur asin banyak banget dijumpai di sepanjang jalan pantura. Tapi rupanya Brebes punya potensi wisata yang menarik lho untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Hutan Mangrove Brebes. 

Pengunjung dapat melihat hamparan laut lepas dan hutan mangrove dari dermaga 2. Foto oleh Mia Kamila/Phinemo.com

Hutan Mangrove Brebes ini berada di Desa wisata Mangrove Sari, Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes. Tepatnya ada di sebelah utara Kabupaten Brebes. Wisata Mangrove ini menjadi salah satu potensi wisata yang ada di Brebes. 

Trekking Hutan Mangrove Brebes merupakan menjadi daya tarik wisatawan

Trek mangrove di atas jembatan papan. Foto oleh Mia Kamila / Phinemo.com

Sesampainya di kawasan wisata Mangrove, pengunjung akan diajak menyusuri hutan mangrove dengan trek buatan. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam berupa tanaman mangrove dan beragam menu seafood yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar wisata mangrove. 

Pengunjung juga dapat sakaligus menikmati beragam olahan seafood di warung lesehan di sekitar hutan Mangrove. Aroma sedap menu makanan akan tercium saat pengunjung masuk ke kawasan hu Uniknya, warung-warung di kawasan wisata Mangrove tidak mematok harga mahal untuk menu yang ditawarkan. 

Kabarnya, pengelola tempat wisata mangrove selalu mengontrol para pedagang di sana agar tidak memberikan harga tinggi kepada pengunjung. Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa nyaman saat berkunjung dan ingin menikmati kuliner di sekitar hutan mangrove.

Sebuah perahu pun telah disediakan untuk menjelajahi hutan mangrove melalui sungai

Perahu kayu yang akan mengantarkan pengunjung ke dermaga 2. Foto oleh Mia Kamila / Phinemo.com

Setelah berjalan selama kurang lebih 10 menit, pengunjung akan sampai ke dermaga satu. Di sana sudah dinanti oleh beberapa perahu mesin yang siap mengantarkan pengunjung untuk mengarungi sungai. 

Pemandangan laut lepas dan tanaman mangrove pun bisa dinikmati. Selain itu beberapa bibit tanaman mangrove pun banyak terlihat di sana. Saat menuju dermaga dua pengunjung akan sedikit terombang-ambing lantaran adanya gelombang-gelombang kecil yang berasal dari laut pantai utara. 

Spot fotogenik di Hutan Mangrove tak boleh terlewatkan

Salah satu jembatan yang instagramable. Foto oleh Mia Kamila / Phinemo.com

Spot fotogenik wisata di Jawa Tengah kini makin marak. Banyak sekali tempat wisata buatan dengan spot fotogenik atau instagramable. Tempat wisata Brebes tak mau kalah rupanya. Hutan mangrove dengan luas kurang lebih 250 ha ini pun terdapat beberapa spot foto instagramable. 

Pengunjung bisa berfoto di beberapa titik spot foto instagramable buatan bahkan bisa berfoto di tengah-tengah rerimbunan tanaman mangrove. Jika pengunjung ingin melakukan foto preweding, wisata mangrove ini bisa menjadi tempat alternatif. 

Pengunjung pun tidak perlu khawatir untuk memikirkan biaya sewa tempat. Pengelola tidak meminta biaya tambahan untuk melakukan preweding. Calon mempelai hanya membayar tiket masuk seperti halnya pengunjung lainnya. Harga tiket untuk masuk ke kawasan hutan mangrove ini adalah Rp. 15.000 di hari biasa dan Rp. 20.000 untuk hari Minggu. 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wisata Mangrove Demak, Mengenal Mangrove Sambil Berfoto Selfie

Mangrove Kulon Progo, Wisata Hits yang Cocok Untuk Foto-foto

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Kota-kota Besar Indonesia

Wisata Hutan Mangrove Mengurangi Dampak Pemanasan Global, Bisakah?

9 Rekomendasi Wisata Ayunan Gantung yang Instagramable

Hutan Mangrove PIK, Destinasi Wisata yang Bikin Bahagia Hidup di Jakarta

FALLBACK
The END