Perbedaan Antara Hotel dan Resort, Kamu Sudah Tahu?

Perbedaan hotel dan resorts (Instagram/@desirehotels).

Dalam dunia pariwisata, akomodasi merupakan elemen penting yang mendukung kemajuan perkembangan pariwisata suatu daerah. Terdapat berbagai jenis akomodasi di dunia mulai dari homestay, villa, hotel, hingga resort. Setiap jenis akomodasi memiliki target pasarnya masing-masing. Hotel biasanya diperuntukkan untuk kalangan menegah ke atas, sedangkan resort untuk kalangan elit.

Secara sekilas hotel dan resort sangat mirip, sehingga tak jarang masih banyak dari kita yang salah menyebut antara hotel dan resort. Oleh karena itu dalam artikel ini akan diuraikan perbedaan hotel dan resort secara terperinci dan detail.

Hotel

(Instagram/@tourism.in.qatar)

Hotel merupakan akomodasi yang menyediakan penginapan nyaman dan mewah untuk orang-orang yang sedang perjalanan jauh dalam waktu singkat. Hotel terbagi atas kelas-kelas dari yang sangat sederhana hingga sangat mewah. Lokasi hotel biasanya dibangun dekat dengan daerah wisata, bandara, stasiun, dan pusat kota.

Dalam pengertian luas hotel masih dikotak-kotakkan dalam beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

  1. Bed and Breakfast Hotel – Hotel yang menyediakan fasilitas tempat tidur dan sarapan saja.
  2. Budget Hotel – Menargetkan pangsa pasar kelas menengah seperti business traveler, pelancong hemat, turis berkeluarga, dan pekerja yang sedang perjalanan dinas yang hanya membutuhkan kamar bersih dengan pelayanan baik dan sarapan cukup. Desain arsitektur Budget Hotel cenderung minimalis dan plain.
  3. Boutique Hotel – Jika diberi peringkat, Boutique Hotel berada diatas Budget Hotel dengan kamar yang lebih luas. Terkadang Boutique Hotel setara dengan hotel bintang empat namun harga lebih terjangkau.

Resort

(Instagram/@hotel_best)

Resort dibangun bukan sekedar untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan saat melakukan perjalanan wisata semata. Jauh dari itu, resort bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih yang memanjakan setiap pengunjungnya. Sebuah resort setidaknya harus memiliki fasilitas berupa spa dan kolam renang luas. Terkadang dilengkapi juga dengan fasilitas lain seperti yoga, jacuzzi, bahkan kolam renang pribadi dalam kamar. Resort dibangun berada dekat dengan alam seperti area pedesaan, pesisir pantai, dan hutan sehingga sangat asri dan sejuk.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar