Sidebar

Berkunjung ke Pekan Batik Pekalongan, Cara Asyik Habiskan Akhir Pekan di Pekalongan

Jika sedang berada di Pekalongan, Kamu harus hadiri Pekan Batik Pekalongan pada 4-8 Oktober 2017. Sebuah bentuk perayaan hari Batik Nasional.

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Abi

Batik raksasa yang dipamerkan di PBP 2017. Foto oleh koil.hyde.

Pekan Batik Pekalongan (PBP) 2017 kembali hadir meriahkan perayaan Hari Batik Nasional 2017 pada Rabu (4/10) hingga 8 Oktober mendatang. Pameran tahunan yang dimulai pada tahun 2007 ini, dipusatkan di Kawasan Budaya Jetayu dan dimeriahkan dengan berbagai event yang menarik, salah satunya adalah kreasi desain busana batik raksasa.

Rangkaian acara

Pembukaan PBP dilakukan oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM, Agus Muharram. Mengutip dari Detik, Agus mengharapkan dengan adanya hari batik pada 2 Oktober lalu, Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun TNI-Polri dapat ikut berperan dalam mendongkrak pendapatan negara dengan ikut membeli batik. Agus juga menyampaikan bahwa perajin batik harus lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Jangan mengandalkan pameran besar saja, tapi mungkin juga melalui pasar online.

Selain batik raksasa, terdapat banyak kegiatan lain yang tak kalah seru. Terdapat pameran batik nasional, festival kampung wisata kuliner, jalan sehat kampung batik, pagelaran seni budaya dan pentas bersama hingga lomba kreasi batik tulis dan cap raksasa. Dan yang paling penting serta menjadi ciri khas pagelaran tahunan ini adalah arak-arakan batik.

Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih mengatakan, kegiatan ini mempunyai harapan mampu mengangkat dan memperkenalkan secara luas kepada masyarakat Indonesia tentang kepariwisataan di Kota Pekalongan. Sekaligus meningkatkan pemasaran batik, meningkatkan kunjungan wisatawan dengan memperkenalkan destinasi pariwisata, memperkenalkan kuliner dan seni budaya Indonesia di Kota Pekalongan.

“Untuk pameran batik nasional, akan berisi pameran Wisata Pekan Batik Nusantara dan Pameran Rumah Kreatif Batik Pekalongan,” terang Sri.

Sri Ruminingsih juga mengatakan bahwa sudah terdapat 130 stand yang mengikuti Pekan Batik Pekalongan, 40 di antaranya memamerkan rumah kreatif batik. Para peserta berasal dari berbagai daerah, ada yang asli dari Pekalongan, ada juga yang berasal dari daerah-daerah lain di Jawa Tengah, bahkan ada juga yang berasal dari provinsi lain.

Untuk arak-arakan batik, akan dilaksanakan pada Sabtu (7/10) dan diikuti oleh 104 peserta. Peserta yang terdaftar akan mengikuti 6 kategori yang akan dilombakan dengan total hadiah mencapai Rp 31 juta.

Di PBP juga terdapat demo membatik dan talkshow bersama netizen, Jetayu Drone Festival, Buketan Batik Selfie contest dan kemudian dirangkai dengan Festival Jamu Jawa Tengah yang akan diikuti oleh 35 Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Tengah.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Bolu Batik Kukus, Oleh-oleh Baru dari Kota Batik Pekalongan

Bolu Batik Kukus, Kuliner Unik yang Bermotif dan Khas Indonesia

Sejarah Batik Tulis Lasem, yang Sudah di Kenal Sejak Abad 13

6 Alasan Kenapa Belajar Membatik Saat Traveling di Jogja

Terbaru, Museum Batik Akulturasi Tiga Negeri di Lasem

Mengenal Kumpulan Potret Warna Warni Betawi di Hari Batik Nasional

FALLBACK
The END