Selamat, Pantai Watu Dodol Jadi yang Terbersih di Asia Tenggara

Selamat datang di pantai terbersih, Pantai Watu Dodol. Sumber foto

Meski banyak orang Indonesia yang masih suka buang sampah sembarangan di tempat wisata, nyatanya gelar pantai terbersih di Asia Tenggara jatuh di tangan salah satu pantai di Indonesia, Pantai Watu Dodol.

pantai watu dodol

Selamat datang di pantai terbersih, Pantai Watu Dodol. Sumber foto

Pantai yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, itu menjadi salah satu titik penilaian dalam ajang ASEAN Tourism Standard Award 2018 yang digelar di Chiang Mai, Thailand, pada 22-26 Januari lalu. Pantai Grand Watu Dodol mengantarkan Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City.

Baca juga: Kebun cokelat Glenmore menjadi yang terbaik dunia

Gelar tersebut diperoleh setelah Pantai Grand Watu Dodol melalui proses penilaian yang ketat berdasarkan 108 kriteria. Dari 108 kriteria yang dinilai itu, Banyuwangi yang diwakili Grand Watu Dodol mendapatkan nilai hingga 87,04 persen.

Yang menjadi dasar penilaian tak hanya dilihat dari kebersihan saja tapi semua komponen yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Tak perlu bingung mencari toilet, karena di sini pun telah disediakan toilet umum yang bersih. Lalu, saat ingin istirahat, di Pantai Watu Dodol pun sediakan gazebo yang nyaman untuk duduk atau pun berfoto selfie.

Kalaupun lapar, ada banyak tempat makan atau pun penjual yang jajakan makanan. Area parkirnya juga luas.

Selain itu, di sekitar Pantai Watu Dodol pun terdapat banyak cafe dan juga hotel yang bisa dijadikan pilihan saat liburan ke sana. Lokasinya pun cukup strategis karena tak jauh dari Pelabuhan Ketapang.

Baca juga: daftar wisata Banyuwangi paling favorit sepanjang 2017

Yang tak kalah seru, setiap moment tertentu, Pantai Watu Dodol rutin menggelar event baik tingkat lokal maupun nasional. Tak heran, pantai ini tak pernah sepi kunjungan wisatawan.

Soal biaya, Pantai Watu Dodol pun berikan harga terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket masuk ke kawasan ini hanya sebesar Rp5.000 pada hari Senin sampai Sabtu. Sedangkan saat hari Minggu, harga tiket masuknya sebesar Rp 7.000.

Dapatkan ulasan menarik tentang Banyuwangi dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar