Makna Warna Merah yang Mendominasi Restoran Chinese

Dominasi warna merah pada restoran chinese (Flickr/Kevin M)

Pernahkah kamu memperhatikan dekorasi-dekorasi di setiap restoran chinese yang ada di kotamu? Ya, selain lampion hal yang paling menonjol dari restoran chinese adalah pemilihan warna merah pada dekorasi bangunannya. Warna merah mendominasi hampir di setiap sisi restoran. Dari sekian banyak warna yang ada kenapa warna merah dipilih pada restoran chinese? Berikut penjelasannya.

Warna merah dalam bahasa mandarin disebut dengan Hong merupakan warna utama dalam kebudayaan China. Tidak ada alternatif warna lain, hanya warna merah. Merah dalam budaya China memilki makna keteguhan, keberanian, kegembiraan dan kecerahan. Warna ini dipercaya dapat memberikan dorongan yang lebih positif dalam kehidupan masyarakat china.

Merah sangat identik dengan kebudayaan masyarakat china. Berbagai perayaan hari besar, dan pernak-pernik khas china biasanya didominasi warna merah, misalnya pada lampion, angpao, dan klenteng. Saat perayaan hari besar pun seperti imlek, warna merah juga sangat mendominasi mulai dari pakaian hingga kartu ucapan.

Baca juga Pasar Pecinan Semawis.

Berdasarkan sudut pandang psikologis warna merah adalah warna yang sangat mencolok pada mata. Dalam terapi warna, merah digunakan untuk membangkitkan nafsu makan seseorang. Dal tersebut menjadi dasar pemilihan warna merah pada restoran chinese, selain karena faktor kebudayaan juga dari faktor psikologis.

Jika kamu perhatikan lebih jauh lagi, warna merah tak hanya ada pada restoran chinese saja. Beberapa restoran fast food seperti Rocket Chicken menggunakan warna merah pada dekorasi bangunannya. Warna merah juga mendominasi berbagai logo produk makanan seperti Pizza Hut, Burger King, KFC, CFC, Wendy’s, dan masih banyak lagi.

Baca juga alasan tidak ada daging sapi dalam kuliner Kudus.

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran