9 Kumpulan Kuliner Solo yang Harus Kamu Coba Saat Dolan Ke Solo

Waw es krimnya menggoda. Sumber

Saat liburan ke Solo, mungkin Kamu bingung mau ngapain di sana. Ada gunung tapi nggak suka trekking, mau ke pantai nggak ada, mau mengunjungi tempat bersejarah nggak tertarik.

Udah deh nggak perlu bingung. Masih banyak yang bisa Kamu eksplore saat berada di Solo. Kamu bisa menggemuk bersama dengan mencicipi kuliner Solo yang lezat.

Mampir ke Solo cuma makan doang? Nggak rugi kok, malah Kamu akan ketagihan.

Dijamin deh, sekali datang ke Solo dan menikmati kuliner Solo Kamu nggak akan segan mampir ke Solo lagi hanya buat makan saja. Ini lho, kuliner khas Solo yang wajib Kamu coba saat datang ke Solo!

1. Menikmati Sate Buntel, makanan khas Solo yang cocok untuk bernostalgia

Duh nikmatnya Sate Butel. Sumber

Saat dolan ke Solo, Kamu sebaiknya mengajak ke dua orang tua Kamu untuk menikmati Sate Buntel. Kuliner ini sudah aja sejak jaman dulu lho gais. Kali aja ke dua orang tua Kamu mersakan nostalgia semasa mudanya. Sate Buntel ini dibuat dari daging kambing cincang berbumbu yang dilapisi dengan lemak tipis dan dibakar.

Biar makin ciamik, Kamu bisa menikmati Sate Buntel yang paling populer di Solo, yaitu Sate Buntel Tambak Segaran. Kamu cukup merapat ke Jl. Tambak Segaran No. 39, Solo.

2. Biar makin gemuk Kamu bisa mencoba kesegaran susu Segar Shi Jack

Duh segarnya. Sumber

Warung susu ini sudah ada sejak tahun 1986 lho. Selain Kamu bisa menikmati susu murni, sekarang Kamu pun bisa mencoba susu beraneka ragam rasa dan varian seperti sukamandi (Susu Coklat Manis Dingin), Superboy (Susu Perah Boyolali) dan masih banyak yang unik lho!

Warung ini memang nggak pernah sepi pengunjung. Nah, sambil ngantri Kamu juga bisa melihat atraksi para peracik susu yang sering meleparkan gelasnya ke udara seraya beratraksi gitu. Kamu bisa menemukan susu Shi Jack ini di Jl. Kapten Mulyadi, Lojiwetan, Solo.

3. Nasi Liwet Wongso Lemu bisa menggugah selera sambil bernostalgia lho

Nasi Liwet Solo. Sumber

Nasi liwet memang salah satu kuliner yang terkenal di Solo. Katanya kuliner ini sudah ada sejak tahun 1950-an lho. Yah tentunya Kamu semua pada belum lahir kan? Nasi liwet ini menyajikan sayur labu siam dengan rasa manis pedas, suwiran ayam, telur, dan areh. Kamu juga bisa menambahkan ati ampela kalau suka. 

Uniknya, Kamu bisa menikmati pula suara emas sinden yang membawakan tembang Jawa lho. Biar nggak penasaran, Kamu bisa datang ke Jl. Teuku Umar (depan gedung Balai Muhammadiyah Solo) Keprabon, Solo.

4. Menikmati gudeg ceker dengan bubur, Kamu bisa datang ke Gudeg Ceker Margoyudan 

buburnya bikin pengen. Sumber

Makan gudeg pakai bubur apa nikmatnya? Wah, jangan salah! Ini nikmat banget lho gais. Coba Kamu datang ke warung legendaris di Solo ini. Rasa gudegnya manis bercampur gurih. Ceker yang jadi andalan pun lembut.

Warung gudeg ini buka tengah malam, tapi Kamu nggak akan kecewa begadang demi gudeg yang disajikan dengan bubur lemu (bubur yang dimasak dengan santan) ini. 

Warung gudeg ceker ini bisa Kamu jumpai di Jl. Margoyudan (Depan SMA Negeri I) Solo.

5. Cobain dong soto khas Solo, pasti beda dengan soto lainnya

Soto legendaris di Solo. Sumber

Soto Triwindu adalah salah satu soto legendaris di Solo. Dari jaman dulu sampai sekarang rasa soto ini nggak pernah berubah. Penjaja pertama soto daging ini adalah Hj. Yososumarto pada tahun 1939. Konon awalnya usaha dimulai dengan pikulan tapi sekarang sudah diteruskan oleh cucunya. Warung Soto Triwindu ini ada di Jalan Teuku Umar 43, Keprabon, Solo.

6. Timlo Sastro salah satu kuliner khas Solo yang wajib dicoba kelezatannya

Seger ya rasanya. Sumber

Timlo adalah salah satu kuliner khas Solo yang harus Kamu coba gais. Timlo ini terdiri dari sup bening yang kompit dengan isian daging ayam, ati ampel, sosis solo, kentang dan telur pindang. Kamu bisa menyantap menu ini saat sarapan gais. Jangan lupa nasi dan kerupuk kulitnya.

Warung timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang sudah ada sejak 1952 lho. Lokasinya ada di belakang pasar Gede Timur, Jl. Pasar Gede Timur 1-2 Balong, Solo. Buka pada jam 06.00 sampai 15.00.

7. Solo rupanya juga punya warung es Krim Legendaris lho, Es Krim Tentrem

Waw es krimnya menggoda. Sumber

Kalau di Malang ada toko Oen. Di Solo Kamu bisa mampir di Es Krim Tentrem yang sudah populer sejak 1952. Kamu bisa mencoba beragam varian rasa klasik seperti Tutti Frutti dan Banana Split. Selain itu juga rasa rasa Robin Rose, Country Look, Pink Panther dan Rainbow yang bisa Kamu nikmati juga. Warung Es Krim Tentem ini bedada di Jl. Urip Sumoharjo No. 97, Solo. Mampir yuk!

8. Serabi notosuman bisa jadi oleh-oleh sanak saudara di rumah

Wah ini gak boleh ketinggalan. Sumber

Datang ke Solo, kali ini nggak afdol kalau nggak mampir buat beli Serabi Notosuman. Kudapan ini sudah ada di Solo sejak tahun 1923 lho. Wah, sudah lama banget ya ternyata.

Serabi Notosuman sampai saat ini masih jadi makanan favorit saat datang ke Solo. Banyak sekali varian rasa yang bisa Kamu nikmati dan tentunya bikin kangen. 

Serabi Notosuman bisa Kamu temukan di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Solo. Yuk borong beli yang banyak buat oleh-oleh.

9. Nggak kelewatan cobain Tengkleng Mbah Sadhi yang legendaris di Solo biar makin greget

Mantab Jaya! Sumber

Tengkleng Mbah Sadhi yang ada di Cengklik 03/20 Nusukan, Banjarsari, Solo juga salah satu kuliner khas Solo yang legendaris. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1964 lalu. Ciri khas tengkleng Mbah Sadhi ini menggunakan kepala Kambing dan tulang belulang dan dimasak dengan cara tradisional. Nah, Kamu harus coba nih gais!

***

Gimana? 9 tempat makan legendaris di Solo itu bikin Kamu ngiler dan pengen segera mencicipinya kan? Udah datang langsung aja biar nggak makin penasaran, mumpung libur lebaran Kamu masih tersisa!

Baca juga artikel menarik lainnya di sini!

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar