7 Kuliner Serang dengan Cita Rasa Pedas

Enak, lezat, dan pedas. Untuk Kamu yang suka olahan ayam wajib datang untuk mencicipi kuliner ini. Foto oleh

Liburan tidak selalu harus menjelajahi sebuah destinasi dan menikmati pemandangan indahnya. Kadang kita juga harus liburan dengan bersantai sambil menikmati kuliner daerah yang memanjakan lidah.

Jika berencana ke Serang atau kebetulan berada di Serang, cobalah 7 kuliner Serang berikut ini. Dijamin liburan di Serang akan makin sempurna.

1. Ayam Bakar Bekakak

kuliner serang

Enak, lezat, dan pedas. Untuk yang suka olahan ayam wajib datang untuk mencicipi kuliner Serang ini. Foto oleh stanzazone

Ayam bakar ini memiliki rasa pedas asam, tidak seperti ayam bakar kebanyakan yang berbumbu manis kecap. Ayamnya pun empuk sehingga mudah sekali untuk menyantapnya.

Kuliner Serang ini biasanya disajikan dengan nasi panas-panas dan sambal berwarna merah pedas. Beberapa rumah makan yang memiliki menu ini adalah RM Damai di Cimuncang. Anda bisa ke sini untuk mencicipi ayam bakar khas Serang ini saat liburan.

2. Sate Bandeng

kuliner serang

Kuliner ini menjadi ikonik Serang. Anda harus mencobanya saat ke Serang! Foto oleh bayushiep

Sate Bandeng merupakan kuliner Serang yang sering menjadi pilihan oleh-oleh yang hits. Kios-kios di gerbang tol Serang Timur sering menjajakan kuliner ini untuk menjadi buah tanga.

Sate Bandeng sendiri merupakan hidangan yang cukup unik karena meskipun disajikan layaknya bandeng utuh namun sate bandeng tidak memiliki tulang sama sekali karena telah melewati pembersihan tulang dan daging dari kulitnya dan diisi lagi dengan campuran daging bandeng, tepung, dang telur. Sehingga dagingnya halus dan sangat enak dinikmati dengan sambal dan nasi panas.

Sate Bandeng ini biasanya ditusuk dengan bambu dan diasapi sebelum digoreng ataupun dikukus.

Jika ingin menikmatinya secara langsung dengan nasi panas, Anda bisa mampir ke kedai Sate Bandeng Ibu Aliyah di Jalan Semaun Bakri, RT. 01 / RW. 01, Lopang Gede, Kecamatan Serang, Lopang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten.

3. Nasi Sumsum

kuliner khas banten

Nasi Sumsum biasa disajikan dengan sate usus, ampela ati, atau kerupuk merah. Sumber

Serang terkenal dengan Nasi Sumsum nya yang rasanya gurih dan lezat. Seperti namanya, kuliner Serang ini terdiri dari campuran nasi dan sumsum tulang kerbau yang telah dibumbui. Cara mencampurnya cukup unik yaitu dengan cara menggorengnya. Setelah digoreng, campuran nasi dan sumsum ini langsung dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas pemanggang.

Cita rasa yang dihasilkan dari proses memasak Nasi Sumsum ini sangat lezat, gurih, dan nikmat. Jika tak ingin ketinggalan mencicipi kuliner ini saat ke Serang, Anda bisa datang ke kedai Nasi Sumsum di Jalan Purbaya, Pasar Lama, Bendungan, Serang. Di sini terkenal dengan Nasi Sumsum yang lezat.

4. Sambel burog

Kuliner serang

Sambal ini terbuat dari bahan melinjo dan irisan bawang merah, putih, serta cabai. Rasanya unik dan cocok jadi lauk makan siang. Sumber foto

Menu lain yang tak boleh terlewatkan saat ke Serang adalah sambal burog. Kuliner Serang ini semacam sayur yang bahan utamanya adalah kulit melinjo atau kulit tangkil yang berwarna merah.

Kulit melinjo ini diiris tipis-tips dan dimasak dengan santan lalu diberi asam jawa, cabai merah, bawang merah, serta daun salam.

Penampakan sambal ini mirip dengan sambal dengan irisan cabai kasar karena warna kulit melinjo yang berwarna merah.

Cita rasanya pedas asam karena menggunakan asam jawa dalam adonannya. Biasanya warga setempat menikmati kuliner ini menggunakan ketupat dan kuah opor. 

5. Angeun lada

kuliner serang

Enak, lezat dan pedas. Cobalah. Foto oleh kitaina.id

Angeun lada adalah sayur rebung dengan bambu berkuah dan aromanya mirip dengan bau walang sangit (dalam bahasa Indonesia: belalang). 

Anguen Lada berasal dari kata ‘angeun’ yang berarti sayur dan ‘lada’. Tidak heran jika kuliner Serang ini memiliki ciri khas kuah yang banyak. Selain kuah, sayur ini juga dilengkapi dengan daging kerbau atau sapi, tidak pupa saun walang khas masakan Banten juga dimasukkan dalam hidangan ini.

Hidangan ini biasanya disajikan saat lebaran atau saat berkumpul dengan keluarga. Tapi wisatawan juga bisa menikmatinya juga saat hari biasa di kawasan Serang bagian Selatan, Pandeglang, atau pun Lebak. Atau di Warung Makan Doa Nini Aki di Jalan Raya Petir Serang, 15 kilometer dari Alun-alun Kota Serang.

6. Rabeg

kuliner serang

Rabeg rasanya lezat, gurih, dan pedas. Foto oleh rambo.banten

Rabeg merupakan semacam semur yang memakai daging kambing dan bumbunya agak pedas. Selain daging, ada juga beberapa rabeg yang isinya jeroan kambing. 

Bumbu yang digunakan sangat beragam seperti lada, kayu manis, lengkuas, jahe, dan penyedap alami sehingga menciptakan rasa manis sekaligus pedas gurih

Karena terbuat dari bahan dasar daging kambing, maka wisatawan harus hati-hati dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi terlebih lagi traveler yang mengidap penyakit kolesterol. Wajib membatasi diri meskipun rasanya memang membuat lidah ingin nambah lagi.

Beberapa warung makan yang jual masakan ini di antaranya adalah Kedai Rabeg Khas Serang H. Naswi di jalan Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Serang.

Ke Serang bingung menginap di mana? Ini rekomendasi penginapan nyaman selama di Serang.

7. Godog uyah asem dan empal daging

kuliner serang

Pedas, gurih, asam, manis. Sumber foto

Nama kuliner Serang ini memang sedikit panjang, tapi rasanya tidak bisa diremehkan karena selain rasanya asam seperti sayur asam kuliner ini juga memiliki rasa pedas gurih.

Kuliner Serang ini sendiri semacam gulai bersi daging sapi, babat, atau usus tapi memiliki kuah yang rasanya asam asin pedas.

Biasanya warga setempat menikmati kuliner ini dengan nasi uduk dan emping. Jika penasaran dengan kuliner ini, silakan datang ke Jalan Magersari atau pedagang kaki lima di Pasar Lama Serang.

Dapatkan ulasan menarik tentang BANTEN dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar