facebook pixel

9 Transportasi Tradisional Ini Masih Ada Lho di Indonesia!

Bemo ternyata masih beroperasi. Tapi penasaran banget sih sama no 6!


Suka berlibur? Pasti lah ya karena liburan mampu mengurangi beban pikiran setelah pusing bekerja. Untuk berkeliling di tempat liburanmu, kamu perlu alat transportasi kan tentunya ?

Nah sebelum kamu pergi berlibur untuk menenangkan pikiran, kamu harus tahu dulu nih jenis-jenis transportasi tradisional yang ada di masing-masing daerah di Indonesia agar memudahkan mobilitasmu di tempat liburan.

Penasaran apa aja transportasi-trasnportasi tradisional di tempat-tempat liburan di Indonesia ? Cek ke bawah ya guys!

1. Cidomo (Lombok)

cidomo

Cidomo dari Lombok. Sumber foto.

Ada yang pernah denger Cidomo? Kalau orang sekitar Lombok mah nggak asing ya sama kata tersebut. Cidomo adalah alat transportasi darat dari Lombok. Bentuknya adalah gerobak kecil yang ditarik oleh seekor kuda mini. Selain wisatanya yang keren, Lombok juga masih mempertahankan transportasi tradisional juga ya. Wah tambah keren!

2. Andong (Yogyakarta)

andong malioboro

Enaknya keliling Malioboro naik andong.

Kalau kamu liburan di Jogja pasti kamu bakal sering nemuin ini nih. Andong adalah alat transportasi tradisional di Yogyakarta. Biasanya yang rame andong adalah di sekitar jalanan Malioboro. Para supir andong biasanya menggunakannya untuk mengantar pendatang berkeliling Malioboro. Andong ini mirip dengan Cidomo, bedanya hanya terletak pada jumlah ban dari gerobak yang ditarik. Cidomo memiliki 2 bang pada gerobak, sedangkan andong memiliki 4 ban pada gerobaknya.

3. Becak (Semarang)

becak

Seru nggak keliling Semarang naik becak? Pastinya. Sumber foto.

Kalau nama becak pasti kamu nggak asing kan. Yes, sepeda ontel dengan modifikasi di bagian depan untuk mengangkut penumpang sampai saat ini juga masih banyak digunakan di berbagai daerah, salah satunya di Semarang. Keliling Lawang Sewu naik becak dan berhenti tepat di depan pintu masuk Kampung Pelangi menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengguna becak.

4. Bentor (Medan)

bentor medan

Bisa pdkt sama abangnya sekalian nih. Sumber foto.

Kalau yang satu ini alat transportasi khas Medan nih. Bentor, singkatan dari becak dan motor. Ya emang bentuknya seperti becak, tapi supirnya tidak lagi mengayuh sepedanya karena becak ini memakai mesin motor. Gara-gara perkembangan zaman, ternyata transportasi juga mengalami perkembangan ya.

5. Bendi (Bukittinggi)

Bendi yang terparkir di samping pasar. Sumber foto.

Bendi, sebuah transportasi tradisional darat daerah Bukittinggi. Kalau kamu berlibur ke Bukittinggi dengan tujuan melihat jam gadang saja, liburanmu akan terasa kurang jika tidak menjajal naik bendi. Bendi biasanya digunakan untuk mengajak penumpang berkeliling di sekitar jam gadang dan menikmati sejuknya kota Bukittinggi.

6. Bentor (Maluku)

Bentor Maluku penuh variasi. mantap. Sumber foto.

Jika kamu berlibur ke Maluku, pasti kamu menjumpai transportasi tradisional yang satu ini. Emang mirip sih sama bentor dari Medan, tapi ada yang membedakan lho! Kursi supir bentor Maluku ini berada di belakang penumpangnya. Hal tersebut juga membuat supir merasa kesusahan ketika berbelok karena terasa lebih berat. Tapi hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka untuk melestarikan transportasi tradisional ini. Selain itu bentor di Maluku ini penuh dengan modifikasi dan musik lho. Berasa lagi karaokean ini mah.

7. Ontang Anting (Bandung)

ontang anting

Masuk angin nggak yah kira-kira? Sumber foto.

Ontang Anting? Apa tuh? Belum pernah denger sebutan transportasi ini? Wah sama dong! Ontang anting itu adalah sebuah transportasi yang cuma ada di Kawah Putih, Ciwedey. Bentuknya kayak angkutan pada umumnya, namun di sisi kiri bisa dilihat kalau terdapat 3 lubang pintu. Tapi tenang aja guys, dijamin aman kok kalau naik ini. Nah kalau kamu ke Kawah Putih tidak perlu bingung untuk transportasinya karena udah ada si Ontang Anting yang siap mengantarmu sampai tujuan.

8. Bemo (Jakarta)

bemo

Masih keren aja ya bemo ini. Sumber foto.

Mungkin orang-orang yang lahir di tahun 2000-an nggak tahu apa itu bemo. Bemo adalah kendaraan roda tiga yang mampu mengangkut 5-7 orang penumpang aja nih, cukuplah se-geng gitu. Tapi kendaraan ini hanya bisa ditemui di Jakarta aja sayangnya. Dengan kemajuan teknologi dan transportasi di era modern ini, bemo masih belum kalah lho dan masih beroperasi di Jakarta. Mau coba naik kendaraan legend? Langsung aja cari di Jakarta, sob!

9. Perahu Klotok (Banjarmasin)

klotok

Berasa main di Jurassic Park, ya? Sumber foto.

Nah kalau yang satu ini khusus untuk wisata air nih. Namanya Perahu Klotok, cocok buat kamu yang penasaran gimana rasanya berkeliling di hutan kayak film Jurassic Park. Di Banjarmasin, wisata yang menggunakan klotok masih banyak digunakan untuk berkeliling desa melalui jalur air. 

***

Udah pernah naik yang mana aja nih? Atau belum pernah naik semuanya? Langsung aja datangin mereka untuk merasakan sensasinya.

banner experience