Sidebar

Kapan Waktu yang Paling Tepat Untuk Booking Tiket Pesawat? Ini Jawabannya!

Ini dia tips booking tiket pesawat agar mendapat harga lebih murah!

SHARE :

Ditulis Oleh: Desti Artanti

Bagi kamu yang terlampau sibuk dan hanya punya waktu beberpa hari untuk cuti dalam setahun, apa yang harus cepat kamu lakukan untuk mempersiapkan liburamu?

Foto diambil dari sini.

Selain teman perjalanan, destinasi, atau waktu perjalanan, satu hal yang juga harus segera kamu selesaikan adalah memesan tiket perjalanan! Jika kamu hendak melakukan perjalanan, sebaiknya kamu bisa menentukan jadwal keberangkatan maupun kepulangan, untuk menghemat pengeluaran untuk tiket pesawat.

54 Hari Sebelum Keberangkatan

Walau masih banyak diperdebatkan, tidak ada salahnya kamu juga memperhatikan hal ini, agar kita setidaknya bisa menghemat biaya perjalanan. Kebanyakan traveler masih menyepelekan hal ini, terbukti dari seringnya booking tiket dadakan yang menyebabkan budget untuk tiket pesawat membengkak.

Sebuah study dari Cheapair.com yang telah melakukan riset pada tahun 2015 dengan menganalisis harga tiket pesawat dari 320 hari sebelum jadwal keberangkatan, hingga satu hari sebelumnya, dan menentukan kapankah saat yang paling tepat untuk booking tiket pesawat. Hasilnya, di hari ke 54 sebelum keberangkatan adalah saat yang paling tepat untuk segera booking tiket pesawat!

Akan tetapi, 54 hari ini tentu tergantung kemana rute perjalananmu. Dalam risetnya tersebut juga dijelaskan bahwa tidak selalu di hari ke 54, bisa juga hari ke-53, 52, 45, atau 60 hari sebelum jadwal keberangkatan, karena angka 54 ini merupakan angka rata-rata dari sejumlah air fares yang menjadi bahan penelitian.

Dalam penjelasannya, disebutkan pula bahwa kebiasaan booking tiket mendekati hari keberangkatan (2 atau 3 hari misalnya), untuk mendapatkan harga tiket termurah, adalah hal kaprah yang kebanyakan dilakukan traveller. Jika kamu tidak dapat booking tiket pada waktu-waktu yanpaling tepat, setidaknya kamu dapat melakukan booking 112- 21 hari sebelum keberangkatan untuk kemungkinan mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih rendah.

Selain melakukan booking tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, ada beberapa hal yang dapat juga kamu lakukan untuk mendapat tiket dengan harga lebih miring.

Pilih Penerbangan Malam atau Subuh

Pada jam-jam ini umumnya harga tiket pesawat lebih murah dibandingkan dengan penerbangan siang hari. Kamu harus rajin-rajin menjelajah situs booking tiket pesawat untuk membandingkan harga-harga yang ditawarkan.

Terbang Melalui Rute Alternatif

Cara ini sudah menjadi rahasia umum, karena seringkali penerbangan dengan rute langsung ke tempat tujuan, harga tiket yang ditawarkan menjadi lebih mahal, dibanding kita memilih rute transit atau rute alternatif. Dengan penerbangan seperti ini memang akan lebih memakan waktu, karena pesawat harus transit atau kita harus menyambbung perjalanan dengan pesawat lain atau transportasi lain. Dengan jeli memilah-milah rute perjalanan terbaik, tentu tidak ada salahnya mencoba trik ini untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah.

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Booking Last Minutes? Begini Triknya Supaya Tetap Dapat Akomodasi dan Harga Oke

Yuk Berburu Tiket Promo di Garuda Online Travel Fair 3-9 Agustus Ini

Sekarang Anda Cukup Gunakan Facebook Messenger Untuk Susun Rencana Liburan

'Easy Reschedule', Fitur Baru Traveloka Untuk Mudahkan Anda Ganti Jadwal Penerbangan

FALLBACK
The END