Kampung Sampireun, Pelarian Jitu dari Hiruk Pikuk Jakarta

Kabur dari Jakarta tak perlu jauh-jauh, cukup ke Kampung Sampireun di Garut Jawa Barat dengan nuansa kampung khas Sunda yang indah dan tenang.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Hari libur panjang akan segera tiba! Kesempatan bagus untuk yang ingin melarikan diri sejenak, kabur dari padatnya rutinitas kerja. Khususnya untuk yang kesehariannya hidup di ibukota Jakarta, kepenatan pada suasana macet, polusi dan keramaian pasti mendukung untuk segera kabur dan melakukan liburan singkat.

kampung sampireun

Suasana Kampung Sampireun. Foto oleh @hiroshisusilo.life

Sebetulnya tak perlu jauh-jauh dari Jakarta jika ingin berlibur sejenak menghabiskan long weekend. Untuk mencari tempat pelarian yang tenang, memiliki pemandangan indah, banyak aktivitas yang bisa dilakukan, wisatawan cukup liburan ke Garut Jawa Barat. Tepatnya di Kampung Sampireun, salah satu kampung dengan nuansa khas Sunda dan memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Baca juga: Fakta Suku Baduy yang harus dipahami jika akan berkunjung ke Perkampungan Baduy!

kampung sampireun

Penginapan di area hutan pinus dan dekat danau. Foto oleh @rezma07

Kampung Sampireun memang didesain unik dengan nuansa khas Sunda, bahkan lengkap dengan bangunan bungalow panggung tatar Sunda parahayang. Di kampung ini terdapat 22 bungalow dan 20 villa garden. Wisatawan bisa menentukan sendiri, tipe penginapan seperti apa yang diinginkan. Kampung Sampireun ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berlibur besama keluarga, atau bersama pasangan untuk menikmati suasana Sunda yang romantis. 

kampung sampireun

Naik perahu di Kampung Sampireun, Foto oleh @fajrider

Masing-masing bungalow dilengkapi dengan perahu yang bisa digunakan oleh para tamu untuk berkeliling danau. Wisatawan bisa mendayung perahu pelan-pelan sambil menikmati keindahan alam perkampungan Sunda sambil bermain air dan melihat ribuan ikanmas yang sedang berenang bebas di danau. Saat malam datang, alunan musik kecapi akan memanjakan para tamu. Sambil menikmati udara dingin, seteguk kehangatan wedang sekuteng dijamin akan membuat waktu liburan yang singkat tetap berkualitas. 

kampung sampireun

Anak-anak sedang bermain dakon. Foto oleh @sofyanrf

Untuk yang mengajak anak-anak tak perlu khawatir. terdapat kolam renang dan area bermain yang akan membuat mereka betah. Apalagi area bermainnya berada di lokai yang teduh, yaitu di bawah peohonan yang rimbun. Jadi meski bermain hingga siang hari anak-anak tak akan kepanasan. Disediakan juga pakan ikan untuk tamu, sehingga wisatawan yang datang bisa mendengarkan musik sambil memberi makan ikan yang ada di danau. Atau ingin mengenalkan mainan tradisional pada anak? Di sini disediakan juga aneka permainan tradisional, seperti dakon. 

Baca juga: Ternyata ini kebiasaan orang Sunda yang membuat para wisatawan betah tinggal di tanah Sunda!

Kampung Sampireun menyediakan berbagai jenis paket untuk tamu. Seperti misalnya paket outing sekolah atau perusahaan, gathering keluarga atau kantor, wedding atau prewedding, bahkan paket honeymoon pun ada. Salah satu fasilitas dalam pkaet honeymoon yang bisa dibilang cukup istimewa dan romantis adalah candle light dinner  di atas sampan atau perahu. 

kampung sampireun

Menu nasi bakar di Kampung Sampireiun. Foto oleh pergidulu.com

Meski berjuluk kampung khas Sunda, namun makanan di Kampung Smapireun ini juga tak melulu makanan Sunda saja. Ada berbagai pilihan menu makanan Indonesia lain, bahkan western food pun tersedia di sini. Salah satu makanan khas Sunda yang sangat terkenal di sini adalah nasi bakar khas Sampireun dan sotonya. Cita rasa khas Sunda begitu kental dan rasanya pun selalu memuaskan para tamu. 

Yang membuat makan makin sedap adalah, resti di kampung ini dikelilingi oleh hutan pinus dan peohonan rimbun. Suara gemericik air di setiap sudut resto juga membuat tamu merasa lebih tenang dan santai. Resto di Kampung Sampireun juga terbuka untuk umum, jadi tak perlu menginap jika memang hanya ingin mampir makan di sini. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang SUNDA, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post