9 Film Petualangan Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton Bersama Teman Perjalanan

Inilah film-film perjalanan terbaik yang tak pernah lekang oleh zaman

Ditulis Oleh Umu Umaedah

1. The Incredible Journey (1961)

Bisakah hewan bersahabat baik dengan manusia?

Itulah yang terjadi di film The Incredible Journey. Ketika 2 ekor anjing dan 1 ekor kucing harus ditinggal pergi oleh tuannya untuk tinggal di Inggris selama 9 bulan. Tuannya tidak mungkin membawa mereka: anjing Labrador, kucing Siam, dan anjing Bull Terrier. Terpaksa, sang tuan harus menitipkan mereka pada sahabat baiknya.

Di bulan ke-8, ketiga hewan ini memutuskan untuk pergi dari rumah pengasuhnya demi mencari sang tuan. Inilah kisah tentang petualangan besar hewan-hewan tersebut.

Lihat rekomendasi seru lainnya dengan klik di sini!

2. Lawrence of Arabia (1962)

Kisah dari tanah berpasir. Tentang seorang bernama Lawrence yang berhasil menyatukan bangsa Arab yang saat itu tengah terpecah belah. Usaha keras Lawrence berhasil menguasai kota ‘Aqabah’. Dengan dikuasainya kota tersebut, terbukalah jalan bagi pasukan Inggris untuk masuk dalam jantung pertahanan Kesultanan Turki. Film ini menceritakan jazirah Arab, kehidupan yang masih sering berselisih paham karena sumur air, dan juga gaya hidup mereka yang nomaden.

 

3. Walkabout (1971)

Ini film yang menceritakan kisah remaja perempuan dan adik laki-lakinya. Saat piknik, ayah mereka dengan sengaja menembaki mereka. Keduanya berhasil meloloskan diri dan melakukan pelarian ke padang savana yang luas. Ditengah pelariannya, mereka bertemu dengan seorang pemuda Suku Aborigin. Walaupun terbatas masalah komunikasi, nyatanya mereka bisa berteman baik bahkan berburu makanan bersama.

 

4. Indiana Jones an The Raiders of The Lost Ark (1981)

Kisah petualangan Indiana Jones ini akan membuat gregetan saat kita menontonnya. Indiana Jones adalah seorang arkeolog bergelar Doktor. Ia berusaha menyelamatkan art (tabut) dari pihak tentara Nazi. Tabut adalah benda yang sangat istimewa. Barang siapa yang berhasil memilikinya, ia akan bisa berkamuflase dan tidak terlihat. Tabut tersebut sangat diinginkan oleh pihak Nazi untuk mengusai dunia? Petualangan Indiana Jones mencari artefak-artefak kuno hingga ke hutan-hutan belantara. Seperti apa keseruan ceritanya? 

5. Stand by Me (1986)

Petualangan anak berusia sekitar 12 tahun untuk mencari jenazah Ray Browner yang hilang. Ray Bowner adalah pahlawan yang terkenal di instan di Castle Rock. Niat awalnya, mereka ingin menjadi orang terkenal dengan berhasil menemukan mayat tersebut. Namun, perjalanan tersebut tidak semudah yang mereka bayangkan. Pernahkah sewaktu kecil dulu, terpikir untuk melakukan suatu petualangan besar? Seperti itulah yang ada di pikiran empat bocah pemberani tersebut.

Baca rekomendasi 10 film bertema pendakian yang cocok untuk mengisi akhir pekanmu dengan klik di sini.

6. Forrest Gump (1994)

Film ini sering menjadi film pembuka di kampus atau sekolah dengan tujuan untuk mengkampanyekan isu-isu sosial. Ini kisah tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang memiliki keterbelakangan mental dengan IQ 75. Dengan cerita alur mundur, film ini akan bercerita masa kecilnya yang sering menjadi olok-olok temannya. Namun tidak dengan gadis kecil bernama Geany. Ia gadis baik hati dan sering menghabiskan waktu bersama Gump. Setelah dewasa dan berpisah, Gump selalu berusaha untuk menemukan Geany. Petualangan Gump yang telah melewati banyak kejadian, mulai dari peristiwa bersejarah dari perang Vietnam sampai bertemu dengan Elvis, John Lennon, dan bahkan Presiden AS.

Akankah ia bertemu dengan gadis yang dicintainya tersebut?

 

7. The Fellowship of the Ring (2001)

Perpaduan antara petualangan dan fantasi yang akan membuat orang diam kaku ditempat duduknya. Kisah tentang Hobbit bernama Frodo Baggins yang ditugaskan untuk membawa cincin sakti ke dalam kawah Gunung Doom untuk dihancurkan. Cincin sakti itu milik Sauron, pengusa kegelapan yang kembali bangkit setelah tidur ribuan tahun dan ia berambisi ingin merebut kembali cincinnya tersebut. Jika cincin tersebut sampai jatuh ke tangan Sauron, maka Middle Earth akan jatuh ke tangannya dan akan dinaungi kegelapan. Berhasilkah Frodo menghandurkan cincin tersebut?

 

8. The Road (2009)

Cerita tentang seorang Ayah bersama anaknya ketika menyusuri kota yang telah luluh lantak akibat perang dan bencana alam. Di tengah kondisi seperti itu, mereka harus bertahan hidup bagaimana pun caranya. Menahan lapar, menghadapi bahaya dari pejarah, dan dari manusia kanibal adalah kenyataan yang berat. Mereka menyurusi kota dan masuk ke rumah-rumah yang tak berpenghuni untuk mencari apa saja yang bisa dimakan. Berlindung di kolong jembatan dan pipa air, mereka lakukan. Dalam perjalanan tersebut ia hanya membawa sepucuk pistol dengan 2 peluru aktif. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

 

9. The Way Back (2010)

Manusia akan melakukan apa saja untuk memperoleh kebebasannya, bahkan sesuatu hal yang nampaknya mustahil

Film ini menceritakan kisah para tahanan yang berasal dari Amerika, Italia, Perancis, dan lain-lain. Kondisi tahanan sungguh tidak manusiawi. Bersama beberapa tahanan Janusz si tokoh utama merencanakan sebuah pelarian. Para buronan ini mencari kebebasan dan mereka harus berhadapan dengan ganasnya alam Siberia dan para tentara yang mengejar mereka. Janusz bersama 7 orang temannya berhasil menembus segala rintangan termasuk badai salju dan suhu di bawah nol derajat celcius. Dengan status mereka sebagai seorang kriminal tentu tidak mudah melewatinya. Apa mereka berhasil melarikan diri dari kejaran tentara dan berhasil menaklukkan alam?

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang FILM TRAVELING, tulisan lain Umu Umaedah

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post