Ratu Boko

Berada di ketinggian 196 m, Ratu Boko merupakan sebuah candi yang konon katanya diambil dari nama ayah Loro Jonggrang, Raja Bangau.


ratu boko

Situs Ratu Boko. Sumber foto.

Sebuah situs purbakala yang merupakan kompleks dari beberapa sisa bangunan yang tidak terpakai yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan kompleks Candi Prambanan. Situs Rau Boko terletak di sebuah bukit dengan ketinggian mencapai 196 mdpl. Tentunya memberikan suasana yang sejuk dan dingin, berbeda dengan di pusat kota Yogyakarta yang sudah mulai menjadi panas.

Pemilihan nama Ratu Bokok juga mempunyai alasan tersendiri. Ratu Boko berasal dari legenda masyarakat setempat yang artinya adalah Raja Bangau, yang merupakan ayah dari Loro Jonggrang. Loro Jonggrang-pun juga menjadi nama candi utama di kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat, Loro Jonggrang.

Di sana Kamu dapat berfoto dengan latar candi Ratu Boko dan Gunung Merapi yang tentunya sangat indah bila dilihat dari atas dan dari kejauhan. Di kawasan Ratu Boko juga terdapat dua buah goa yang konon ceritanya digunakan sebagai tempat bermeditasi. Jika Kamu ke sana pada sore hari, Kamu juga dapat menyaksikan matahari terbenam dari halaman candi, indah bukan?

Lokasi

Candi Ratu Boko ini berada di Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. 

Untuk menuju ke sana sangatlah mudah. Arahkan saja kendaraanmu menuju Candi Prambanan, ketika sudah mendekati Candi Prambanan, belok dan ambil ke arah Pasar Piyungan, setelah itu kurang lebih 5 menit Kamu akan melihat tanda parkir kendaraan Ratu Boko.


Lihat Juga di Sekitar Ratu Boko






Galaxy Waterpark

sindo edu park

Sindu Edu Park

Upside Down World Jogja. Sumber Kotajogja.com

Upside Down Jogja





Rekomendasi Hotel di Yogyakarta






Data tidak tersedia.