13 Destinasi di Sidoarjo yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran!

Serunya naik kapal. Sumber

Liburan ke kampung halaman sembari berwisata ke Sidoarjo, Seru!

Saat mudik ke Sidoarjo, Kamu bisa sekalian mampir mengunjungi destinasi wisata yang ada di sana. Banyak sekali destinasi wisata favorit yang selalu menjadi daya tarik wisatawan. Kamu bisa sekalian mengajak keluarga berwisata ke sana saat libur lebaran nanti.

Mau tahu destinasi unggulan apa aja yang menjadi destinasi favorit wisatawan? Simak di sini ya!

1. Menikmati teduhnya hutan bakau di Pulau Sarinah dan Tlocor

indahnya pulau Sarinah. Sumber

Pulau Tlocor ini terletak di Kampung Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Uniknya pulau ini terbentuk oleh sedimentasi Lumpur Lapindo lho. Suasana yang ada di sana sangat teduh karena banyak ditumbuhi tanaman bakau. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengitari pulau itu.

2. Pulau Kepetingan adalah destinasi di Sidoarjo yang belum banyak orang tahu

Serunya naik kapal. Sumber

Di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran Kamu bisa mengunjungi Pantai Kepetingan. Untuk mencapai pulau tersebut Kamu harus menggunakan jalur laut. Destinasi ini masih sepi pengunjung karena belum banyak orang tahu tempat indah ini. Saat Kamu berkunjung ke sana Kamu bisa merasakan suasana alam yang sejuk dan teduh seperti hutan yang ada di Kalimantan gitu.  

3. Destinasi bencana alam Lumpur Lapindo bisa jadi pilihan destinasi wisata di Sidoarjo

Banyak patung dari lumpur. Sumber

Destinasi bencana alam ini rupanya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Padahal dulunya kawasan ini adalah kawasan industri dan pemukiman 3 kecamatan. Namun sekarang yang terlihat adalah hamparan padang lumpur dengan titik semburan di bagian tengah. Di sana Kamu  juga bisa melihat beberapa patung raksasa terbuat dari lumpur juga lho.

4. Berwisata sambil berlajar sejarah dan budaya di Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Museum mpu tantular. Sumber

Di Jalan Raya Buduran, Kamu bisa mampir di Museum Mpu Tantular. Museum ini menyimpan beragam peninggalan sejarah lho. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk liburan ke sana sembari mengajarkan mereka tentang sejarah dan budaya. 

5. Berkunjung ke Candi Pari salah satu peninggalan kerajaan Majapahit 

Candi Pari Sumber

Candi yang terbuat dari Batu Bata berbentuk segi empat ini berada di Desa Pari, Kecamatan Porong Sidoarjo. Candi ini adalah candi peninggalan kerajaan Majapahit. Terutama pada saat kepemimpinan dari Hayam Wuruk. Suasana religi agama Hindu bisa Kamu rasakan saat memasuki area Candi Pari itu. 

6. Mancing bersama keluarga di Delta Fishing akan jadi pengalaman seru lho

delta fishing. Sumber

Area pemancingan Delta Fishing ada di desa Prasung, Kecamatan Buduran. Kamu bisa mengajak keluarga buat mancing bareng di sana. Selain itu Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain flying fox, sepeda air dan masih banyak lagi permainan di area outbondnya. Setelah itu menyantap hasil pancingan pun akan jadi momen istimewa kan?

7. Belajar membatik dan beli oleh-oleh di Kampung Batik Jetis juga bisa jadi alternatif saat libur lebaran nanti

Kampung batik. Sumber

Kamu bisa menuju ke Jalan  Diponegoro, jika ingin datang ke Kampung Batik Jetis. Di sana Kamu bisa melihat langsung kok proses pembuatan Batik Jetis. Selain itu Kamu pun bisa membawa pulang oleh-oleh batik lho. Seru Kan? 

8. Berbelanja tas dari pusat produksi tas Tanggulangin juga menjadi daya tarik wisatawan yang datang

Tas tanggulangin. Sumber

Sentra tas Tanggulangin adalah surganya para wanita yang ingin berbelanja tas. Beraneka ragam macam dan bentuk tas diproduksi di sana. Kamu pun bisa berbelanja dengan puas di sana. Namun sekarang kawasan ini nggak seluas dulu karena sebagian perkampungannya tenggelam akibat lumpur Lapindo. Oh ya, tas yang diproduksi nggak hanya di jual di dalam negeri saja lho, tapi juga ke luar negeri.

9. Memborong sepatu di Kampung Sepatu Krian Sidoarjo juga bisa Kamu lakukan

Kampung Sepatu Krian. Sumber

Layaknya di Cibaduyut, di Sidoarjo juga ada kampung pembuatan sepatu. Kamu bisa memilih sepatu atau sandal yang sesuai degan Kamu di sana. Soal harga pun nggak perlu dipikirkan, karena sangat terjangkau dengan kualitas yang bagus. Kampung ini terletak di kelurahan Masangan. Rasanya sayang banget melewatkan belanja ke sana.

10. Jalan-jalan malam di Monumen Sidoarjo sambil melihat keramaian kota

Alun-Alun Sidoarjo. Sumber

Monumen Sidoarjo ini bisa Kamu temukan di Alun-Alun Sidoarjo. Kawasan ini selalu ramai saat menjelang malam hari. Banyak sekali para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sana. Uniknya di area Alun-Alun, Kamu bisa melihat beberapa bangunan tua yang sekarang difungsikan sebagai kantor pemerintahan Sidoarjo.

11. Berenang di Sun City Waterpark bisa jadi momen seru saat libur lebaran di Sidoarjo

Sun City Sidoarjo. Sumber

Arena permainan dan kolam renang ini bisa jadi ajang liburan seru lho. Kamu bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga untuk berenang dan mencoba beragam wahana di Sun City Waterpark ini. Menariknya Kamu bisa mencoba arena waterboom dan dragon sliding. Sun City Waterpark ini terletak di Jl. Pahlawan Sidoarjo.

12. Berwisata edukasi bersama anak-anak sembari mengasingkan diri dari pusat keramaian di Wisata Alas Prambon

Serunya! Sumber

Tempat wisata edukatif ini bisa Kamu jumpai di Wisata Alas Prambon. Kamu bisa menghabiskan masa libur lebaran Kamu dengan bermain di arena permainan outbond. Kawasan ini sangat tenang karena jauh dari keramaian, cocok banget buat tempat menyepi.

Ada juga wisata edukasi buat anak-anak lho seperti bermain peternakan, perikanan dan bercocok tanam. Wisata alas Prambon ini ada di Dusun Ngingas Desa Simpang RT.14 RW.03 Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo.

13. Nongkrong bareng teman lama dan pacar dong ke Pazkul Kahuripan Nirwana

Romantis suasannya. Sumber

Nah, kalau di sini Kamu bisa nongkrong cantik. Pazkul ini adalah kawasan tempat nongkrong yang berisikan anak-anak muda. Tempat kuliner ini dihiasi oleh beraneka ragam warna lampu yang pas untuk nongkrong santai saat malam hari.

Konsep yang ditawarkan adalah Go Green maka Kamu akan melihat beragam tanaman di sekitar area tersebut. Kamu bisa datang langsung ke Raya Kavling 6 Sidoarjo, Jl. Kahuripan No.4, Kec. Sidoarjo untuk nongkrong bersama pacar atau keluarga.

***

Tigabelas destinasi Sidoarjo di atas bisa Kamu jadikan referensi liburanmu buat menghabiskan masa libur lebaran saat mudik ke Sidoarjo.

Baca artikel menarik lainnya ya!

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran