Sidebar

Danau Biru Bintan, Oase Indah di Gurun Pasir Kepulauan Riau

Jauh dari wilayah pesisir Pulau Bintan, tersimpan keindahan tersembunyi dari Danau Biru Bintan yang tidak banyak diketahui.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pulau Bintan merupakan pulau terbesar di wilayah Kepulauan Riau yang membentang dari Selat Malaka hingga Laut Natuna Selatan. Tujuan wisata teratas di Pulau Bintan adalah Bintan Resort, destinasi wisata pantai pasir putih yang sangat indah di bagian utara pulau dengan luas mencapai 23.000 Ha menghadap Laut Natuna Selatan. Jauh dari wilayah pesisir Pulau Bintan, tersimpan keindahan tersembunyi dari Danau Biru Bintan yang tidak banyak diketahui.

Seperti namanya, Danau Biru Bintan memiliki air berwarna kebiruan yang sangat memikat mata. Danau Biru Bintan terletak di tengah-tengah gurun pasir putih yang berlokasi di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Danau Biru Bintan berjarak 45 menit dari Bandara RHF Tanjung Pinang atau Pelabuhan Tanjung Pinang. Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Uban berjarak sekitar 15 menit.

(Instagram/thatsleepywitch)

Awal Mula Terbentuknya Danau Biru Bintan

Dahulu wilayah Danau Biru Bintan merupakan tempat penambangan pasir bauksit yang diekspor ke Singapura. Sekitar tahun 1980-an semua aktivitas penambangan dihentikan. Puluhan tahun terbengkalai menyebabkan pasir-pasir bauksit mengeras seperti karang. Cekungan-cekungan bekas galian lambat laun terisi air hujan dan berubah menjadi danau air tawar berwarna biru.

Karena memiliki panorama alam yang sangat indah dan ramai dikunjungi wisatawan, Danau Biru Bintan mulai dikelola oleh Dinas Pariwisata terkait sebagai salah satu tempat wisata di Pulau Bintan. Setiap harinya wisatawan domestik maupun mancanegara ramai memadati kawasan Danau Biru Bintan di Pulau Bintan. Sebagian besar mereka terpukau oleh keindahan gurun pasir putih dan Danau Biru Bintan.

(Instagram/amazingkepri)

Tiket Masuk Danau Biru Bintan

Masuk ke kawasan wisata Danau Biru Bintan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Wisatawan hanya dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Sedangkan khusus wisatawan mancanegara dikenakan Rp. 10.000,- per orang.

Bagi wisatawan yang gemar berfoto selfie tersedia banyak spot foto instagramable di kawasan wisata Danau Biru Bintan. Mulai dari ayunan, boneka unta, hiasan bambu, hingga arena memanah. Berfoto di spot ini dikenai biaya sebesar Rp. 5.000,- per orang. Terdapat juga perahu bebek dan perahu kano khusus di Danau Biru Bintan dengan tarif sewa Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Pulau Cempedak Resort, Akomodasi Ekslusif Khusus Dewasa di Bintan

Pulau Bawah Resort, Penginapan di Pulau Tersembunyi untuk Orang Tajir

3 Pulau di Indonesia yang Menjadi Tempat Isolasi Pasien Virus Corona

Tempat Snorkeling di Bintan Tercemar Minyak, Potret Buruk Pengelolaan Limbah

5 Pesona Laut Natuna, Surga yang Menjadi Rebutan Indonesia dan China

Kelok 9 Payakumbuh, Konstruksi Jalan Super Megah di Sumatera Barat

FALLBACK
The END