5 Cara Liburan Seru di Bogor

Jenuh dengan rutinitas? Bogor bisa jadi tempat yang tepat untuk melepas penat. Kami berikan rekomendasinya, cara liburan seru di Bogor.

Ditulis Oleh Shabara Wicaksono

Bogor memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari destinasi romantis hingga destinasi keluarga.

Bagi kamu yang berencana untuk liburan ke Bogor dalam waktu dekat ini, kami berikan rekomendasi destinasi. Selain memiliki berbagai keseruan, destinasi ini cocok untuk membangun quality time bersama keluarga maupun teman-teman:

1. Melihat langsung proses pembuatan gong di Gong Factory

liburan seru di bogor

Foto diambil dari akun IG @mysetiawan

Gong Factory merupakan tempat pembuatan gong dan alat musik gamelan yang telah ada sejak 370 tahun yang lalu.

Tempatnya tergolong kecil dan minim cahaya. Jangan berharap juga menemukan tempat berfoto di sini. Tapi pengunjung di sini bisa belajar sejarah dan budaya, melihat langsung pembuatan gong dari dekat. Menyaksikan bagaimana para pekerja membolak-balik, memanaskan lempeng logam, mengendalikan alat penghembus angin, menempa besi yang nantinya akan dibentuk jadi gong dan dikirimkan kepada para pemesan.

Pemilik Gong Factory sekarang ini, Sukarna (91), merupakan generasi keenam sejak pertama kali berdiri. Pengetahuan cara pembuatan gong telah diwariskan sejak generasi pertama.

gong factory

Foto diambil dari akun IG @fidelhadiyanto

Pengunjung biasanya datang pada hari Sabtu sekitar siang hari untuk melihat pembuatan. Gong Factory beralamat di Jalan Pancasan RT 02 / RW 03, Kampung Pancasan, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Untuk dapat melihat proses pembuatan gong, pengunjug bisa datang antara pukul 08.00 – 15.00 WIB. Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat melihat proses pembuatan gong.

 

2. Pacu Adrenaling dengan Body Rafting di Curug Naga

liburan seru di bogor

Foto dari akun IG @asrisupriyanti_

Kamu termasuk adrenaline junkies? Tergila-gila dengan body rafting? Kalau iya, Kamu perlu sesekali menyempatkan untuk berkunjung ke Curug Naga.

Curug Naga terletak di Desa Citamiang, Megamendung. 

Aktivitas body rafting yang menjadi wisata andalan tempat ini memang sedang digandrungi wisatawan. Wisata air ini memang menantang adrenalin, sebab kamu diharuskan melakukan trekking dari curug ke curug yang cukup deras dan menyegarkan.

Selain keseruan river trekking, pengunjung juga akan diajak melakukan jungle trekking di tengah kawasan Gunung Paseban yang masih asri. 

liburan seru di bogor

Foto dari akun IG @nedysyahtana28

Jika ingin ke sana, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Satu rombongan terdiri dari minimal 10 orang. Di sini rombongan akan didampingi oleh pemandu wisata untuk mengarungi derasnya sungai demi mencapai setiap curug.  

Ketika pelampung sudah terpasang di tubuh, helm terpasang di kepala, siap-siap berbasah ria di air yang sedingin es. Berenang membelah riaksungai, serta menjejak bebatuan dalam air yang licin.

Jangan lupa siapkan action cam-mu untuk mengabadikan momen!

 

3. Canopy Trail Ciwalen di Taman Nasional Gede Pangrango

canopy trail ciwalen

Foto diambil dari akun IG @gusverasr

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) terkenal memiliki potensi bentang alam yang menarik. Ada hamparan sanana Suryakencana, Kawah Gunung Gede maupun Puncak Pangrango.

Tak hanya itu, ada juga Canopy Trail Ciwalen, yang berlokasi di Resort PTN Mandalawangi pintu masuk pendakian Cibodas.

Canopy trail ini berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan tiang penyangga berupa 4 pohon Rasamala (Altingia excelsa) dengan diameter rata-rata 1,2 meter. Tinggi jembatan ini dari atas tanah berkisar 45 meter. 

canopy trail ciwalen

Foto diambil dari akun IG @ikhaaa

Canopy Trail ini dibuka pada hari Sabtu dan Minggu, dengan sistem pelayanan terbagi menjadi 4 trip per hari, yaitu pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB dan 15.00 WIB.

Setiap rombongan akan didampingi oleh petugas TNGGP. Tiket perorangnya sebesar Rp. 31.000,-.

 

4. Kerajinan Wayang Golek di Sanggar Tumaritis

wayang golek tumaritis

Wayang golek ini sudah terkenal di kalangan wisatawan asing. Sumber foto

Siapa bilang kerajinan wayang golek itu membosankan dan samasekali tak seru? Bisa jadi itu karena Kamu belum berkunjung ke Sanggar Tumaritis.

Di sanggar ini berderet wayang golek yang dibuat dari kayu Astonia yang punya kualitas bagus.

Pusat kerajinan wayang golek yang berlokasi di kawasan Lebak Kantin RT 02 RW 06, Bogor, ini dikelola oleh Dase Spartacus. Koleksi wayang goleknya bahkan sudah sampai ke luar negeri. Pesanan dari Eropa tak terhitung banyaknya. 

wayang golek

Menarik bukan, sebagai oleh-oleh? Sumber foto

Harga wayang golek di Sanggar Tumaritis berkisar dari Rp350.000,- hingga Rp850.000,- Selain itu, di Sanggar Tumaritis ini, selain kita bisa melihat langsung proses pembuatan wayangnya, kita juga bisa memesan wayang golek sesuai dengan wajah kita. Proses pembuatannya paling lama memakan waktu 2 minggu.

 

5. Main ke JungleLand Adventure Theme Park

Main ke Bogor tapi melewatkan menjajal serunya wahana di Jungleland Adventure Theme Park, Sentul? Kamu pasti menyesal.

Jungleland Adventure Theme Park memiliki total 36 wahana dan dibagi menjadi 5 zona; Zona Mysteria, Zona Carnivalia, Zona Tropicalia, Zona Explora dan Downtown.

Zona Mysteria berisi wahana Mega Drop, Fire Pots, Boat Blaster, dan masih banyak yang lain.

Zona Carnivalia memiliki wahana Air Race (pecandu adrenalin wajib coba ini), Disk O, Rumah Hantu (hanya untuk pemberani), Discovery (wahana ekstrem yang tak boleh dilewatkan) dan wahana menarik lain.

Di Zona Tropicalia, pengunjung bisa menjajal Happy Swing, Happy Train, Texan train dan masih banyak lagi.

Terakhir, di Zona Explora ada wahana terbaru Jungleland: Octopus. Pengunjung akan dibolak-balik diatas kapal oleh seekor gurita raksasa, wajib coba! Selain itu, ada pula animal corner (banyak hewan lucu dan jinak di sini) di Zona Exlora, cocok untuk pencinta binatang. Satu lagi yaitu Safari Dino. Pengunjung akan dibawa ke petualangan kembali ke jutaan tahun lalu, di mana dinosaurus masih menjadi penguasa daratan di bumi.

Sementara Zona Downtown merupakan zona yang berada sebelum pintu masuk ke dalam wahana tempat untuk menikmati berbagai macam kuliner khas Bogor dan menu Eropa yang disediakan oleh resto dan café terbaik yang berada di Jungleland Adventure Theme Park.

liburan seru di bogor

Jungleland cocok dikunjungi bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. Dokumentasi resmi Jungleland

Dengan suguhan show-show spektakuler yang disuguhkan untuk menghibur para pengunjung Jungleland Adventure Theme park seperti : Giogo de Prestigio, Camouflage Act, The Triplets, Irish Dance, Mr Pinter, Zombie N The Genk, Clown Circus, Drama Musical Gadis Binatu dan masih banyak show yang lainnya.

Segala keistimewaan di Jungleland Sentul ini, bisa Kamu dapatkan dengan harga tiket masuk Rp. 165.000 di weekdays dan Rp220.000 di weekend. 

Jika bersama rombongan, pengunjung bisa melakukan reservasi di sini.

Intip juga serunya wahana-wahana di Jungleland Sentul di akun Instagram mereka @jungleland_indo.

*Artikel ini merupakan advertorial yang didukung oleh Jungleland Adventure Theme Park.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BOGOR, tulisan lain Shabara Wicaksono

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post